Search Cars

Berita Utama Otomotif

Beli Pertalite Dibatasi 120 Liter, Bagaimana Aturannya?

Setelah alami kenaikan harga, beli Pertalite dibatasi. Begitupun dengan BBM subsidi jenis solar, bagaimana yah cara daftarnya?

beli pertalite dibatasi

Setelah mengalami kenaikan harga, kini beli Pertalite dibatasi. Begitu juga dengan BBM subsidi jenis solar dibatasi buat kendaraan roda empat.

Jadi buat kalian yang mobilnya masih pakai Pertalite, sekarang kalian cuma dapat jatah Pertalite maksimal 120 liter per hari. Sementara buat mobil diesel yang pakai Solar bersubsidi, maksimal 60 liter per hari untuk mobil pribadi, dan 80 liter per hari buat kendaraan umum.

Seperti dikutip Kompas TV, Corporate Secretary PT Pertamina, Patra Niaga Tirto Ginting bilang bahwa, Pertamina baru ujicoba pembatasan pembelian BBM subsidi yaitu Pertalite dan Solar ini.

Artinya, ujicoba tersebut hanya bersifat sementara dan belum tertuang dalam ketentuan resmi. Kalau untuk Solar sebenarnya sudah lebih dulu ditetapkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Tapi buat kendaraan yang boleh pakai Pertalite, pihak Pertamina masih menunggu revisi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014, tentang penyediaan pendistribusian dan harga jual eceran BBM.

rest area dengan SPBU

Beli Pertalite Dibatasi Sudah Mulai September 2022

Sebelumnya, ujicoba pembatasan pembelian BBM ini sudah dilakukan sejak awal September 2022. Skemanya dengan mencatat empat nomor polisi kendaraan yang mengisi terkait dan Solar.

Pencatatan ini dilakukan hanya untuk kendaraan yang belum terdaftar di MyPertamina, sementara bagi kendaraan yang telah terdaftar hanya perlu menunjukkan barcode saat bertransaksi. Jika melebihi batas pembelian harian, maka secara sistem tidak akan dapat mengisi BBM subsidi lagi.

Baca juga: Dinilai Tidak Tepat Sasaran, Pemerintah Alihkan Subsidi BBM

Skema pembelian BBM subsidi di SPBU Pertamina, sebenarnya cukup sederhana loh. Bagi pengendara mobil yang hendak membeli Pertalite, setiap kendaraan akan dicatat nomor polisinya oleh petugas SPBU setempat.

Nah SEVA mau jelasin, ada 3 cara simple untuk daftar biar dapat kuota BBM bersubsidi.

Namun sebelum itu, buat kalian baiknya siapkan beberapa dokumen persyaratan. Syarat daftar MyPertamina itu siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Foto mobil dan juga dokumen pendukung lainnya.

daftar mypertamina offline

Beli Pertalite Dibatasi, Begini Cara Daftarnya

Berikut langkah-langkah atau cara daftar MyPertamina sebagaimana dikutip dari website resmi MyPertamina:

Cara daftar MyPertamina via website

  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id, atau bisa juga scan kode QR.
  • Pada halaman depan website pendaftaran, kasih centang pada kotak.
  • Lalu diklik Daftar Sekarang.
  • Isi data diri sesuai KTP kaliah yah. Terus upload juga foto KTP dan foto selfie kalian juga yah.
  • Bila sudah terisi dengan benar, klik Selanjutnya.
  • Isi data kontak dan alamat secara lengkap. Bila sudah keisi dengan benar, klik Selanjutnya.
  • Pilih Jenis Subsidi.
  • Pilih Tipe Customer.
  • Di bagian idata kendaraan, upload foto STNK, serta foto kendaraan dan nomor polisi (Nopol). Pastikan foto yang di-upload jelas, dan sesuai contoh yang diberikan.

Masukkan data pengguna kendaraan yang didaftarkan.

  • Data kendaraan, instansi, dan pengguna kendaraan boleh lebih dari satu atau sesuai jumlah kendaraan yang dimiliki.
  • Untuk tipe customer Non-Kendaraan, lengkapi data pada formulir secara benar kemudian upload foto Surat Rekomendasi dan isi kolom data sesuai yang tertera pada surat.
  • Kemudian masukkan nilai kuota sesuai dengan jumlah yang tertera di surat rekomendasi.
  • Kemudian masukkan password untuk melakukan klaim penggunaan subsidi bagi kendaraan yang didaftarkan.
  • Catat dan ingat password yang dimasukkan.
  • Bila telah terisi lengkap dan sesuai, klik Selanjutnya. Beri centang pada kotak persetujuan privasi data, kemudian klik Daftar Pengguna BBM Subsidi Pendaftaran pelanggan BBM subsidi akan melalui proses konfirmasi data dalam tujuh hari kerja.

Bila pendaftaran kalian sudah terkonfirmasi, kalian tidak perlu khawatir beli Petralite dibatasi karena kalian sudah punya kode QR di Aplikasi MyPertamina atau website subsiditepat.mypertamina.id.

daftar mypertamina offline

Cara daftar MyPertamina via aplikasi

Data kalian akan diverifikasi dalam waktu maksimal 7 hari kerja. Apabila data kalian sudah terverifikasi, buka aplikasi MyPertamina, lalu tinggal login deh. Selanjutnya, klik menu “Daftar dan Transaksi”. Klik kotak berwarna merah, untuk kalian download kode QR-nya.

Baca juga: Mahal! Segini Aslinya Harga BBM Bersubsidi di Indonesia

Pertama, kalian download dulu aplikasi MyPertamina di Google Play Store atau App Store. Lalu, daftar akun dengan mengisi nomor HP kalian dan buat PIN yah.

Setelah itu, kalian login ke akun MyPertamina. Klik menu “Daftar dan Transaksi”. Terius, klik kotak bewarna biru. Masukkan NIK dan password kalian. Isi formulir seperti cara yang tadi SEVA jelaskan untuk daftar di situs subsiditepat.mypertamina.id tadi.

Data kalian akan diverifikasi dalam waktu maksimal 7 hari kerja. Apabila data kalian sudah terverifikasi, buka aplikasi MyPertamina, lalu tinggal login deh. Selanjutnya, klik menu “Daftar dan Transaksi”. Klik kotak berwarna merah, untuk kalian download kode QR-nya.

beli pertalite dibatasi

Cara Daftar MyPertamina di SPBU

Daftar MyPertamina untuk beli BBM bersubsidi (Peralite dan Solar) juga bisa kalian lakukan di SPBU terdekat. Nantinya, kalian akan dibantu petugas di SPBU di sana.

Setelah mendaftar kendaraan di MyPertamina melalui SPBU terdekat, kalian akan dapatkan QR Code. Ini bisa kalian gunakan buat beli BBM bersubsidi.

Habis dapat QR Code dari petugas, kalian bisa laminating QR Code itu dan menempelkannya pada kendaraan kalian yah.

aplikasi MyPertamina

Cara Transaksi BBM Bersubsidi

Berikut tata cara bertransaksi bagi konsumen yang kendaraannya sudah terdaftar:

  • Siapin QR code yang sudah diperoleh dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id/ 
  • Tunjukkan QR code kalian kepada operator SPBU, bisa lewat handphone, bisa dicetak juga.
  • Terus buat pembayaran seperti biasa bisa pakai tunai (cash) atau non-tunai seperti kartu kredit, kartu debit, atau LinkAja.

Demikian informasi dari SEVA tentang cara daftar MyPertamina secara online, atau bisa langsung di SPBU Pertamina terdekat. Sebelum mendaftar, pastikan kalian sudah menyiapkan semua dokumen persyaratan yah.

Selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.