Fungsi Peredam Kabin Mobil, Apa Benar Bikin Makin Nyaman?

Fungsi peredam kabin mobil bisa membuat suara menjadi lebih senyap. Apakah benar dengan memasangnya bisa membuat lebih nyaman?

peredam kabin mobil

Peredam kabin mobil bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa bising ketika sedang berkendara. Biasanya, bunyi bising ini ditimbulkan oleh permukaan ban mobil yang tidak rata sehingga ada suara-suara yang cukup mengganggu. 

Penyebab lain mobil menimbulkan bunyi bising adalah karena laju kendaraan yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai lebih dari 50 kilometer per jam. Jika bunyi tersebut sudah sangat mengganggu, sebaiknya langsung periksa bagian luar atau dalam mobil untuk mencari tahu. 

Itulah mengapa diperlukan peredam mobil. Lantas, apa saja fungsinya? 

peredam kabin mobil

Mobil menjadi lebih nyaman 

Penggunaan peredam kabin mobil dapat membuat lebih nyaman ketika sedang dikendarai. Ini karena pengemudi bisa menjadi lebih fokus dalam memerhatikan jalanan di sekitarnya tanpa adanya gangguan dari suara bising dari luar mobil. 

Audio mobil lebih jelas

Keuntungan lainnya dari menggunakan peredam kabin mobil adalah audio bisa lebih jelas dan enak didengar. Hal ini bisa sangat berguna bagi pengendara mobil atau penumpang yang suka mendengarkan musik selama di perjalanan karena lagu yang diputar terdengar lebih jernih. 

Suara ban mobil lebih halus

Terakhir, penggunaan peredam kabin mobil juga bisa membuat suara ban menjadi lebih halus dan tidak terlalu terdengar. 

Baca juga: Kap Mesin Mobil Rusak, Berapa Sih Biaya Perbaikannya?

Dengan dipasang peredam pada lantai mobil, suara gesekan ban dengan aspal atau bebatuan menjadi tidak begitu terdengar sehingga mengemudi bisa menjadi lebih nyaman. 

peredam kabin mobil

Berapa biaya pasang peredam kabin mobil? 

Biaya peredam kabin mobil pada dasarnya tidak jauh berbeda untuk setiap merek kendaraan. Biasanya, harga yang harus dibayarkan dihitung per lembar dengan estimasi harganya Rp 120.000 per lembar. 

Lembaran peredam mobil itu dipasang pada bagian atap, pintu, hingga lantai dasar. Secara lebih detail, 10 lembar untuk bagian atap utuh, sedangkan bagian pintu mobil membutuhkan 12 lembar, serta 12 lembar untuk lantai dasar. 

Baca juga: Imut dan Cocok, Kenapa Kei Car Tidak Dipasarkan di Indonesia?

Dengan jumlah tersebut, harga yang perlu dikeluarkan untuk memasang peredam mobil secara keseluruhan adalah sekitar Rp 4 jutaan. Namun itu juga masih tergantung dengan merek dan ukuran ketebalan peredam yang dipakai. 

Pada umumnya, ketebalan peredam yang dipakai adalah sekitar 2 milimeter atau 3 millimeter. Jenis dan ukuran tebal peredam tersebut cocok untuk dipasang pada bagian plafon, full lantai ujung depan kopling sampai ujung plat lantai belakang. 

hal-hal yang diperhatikan

Hal yang perlu diperhatikan saat pasang peredam kabin mobil

Agar pemasangan peredam kabin mobil bisa lebih efektif, ketahui terlebih dulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum memasangnya: 

Pasang sesuai kebutuhan

Dengan memasangnya sesuai kebutuhan, maka penggunaan peredam mobil akan lebih efektif dan efisien. Jika menggunakanya hanya untuk tambahan aksesoris saja, tentu akan membuang-buang uang saja. 

Hindari memasangnya pada seluruh bagian kendaraan

Jika ingin memasang peredam mobil, pastikan jangan sampai menutupi seluruh bagian mobil. Pemasangan hanya perlu dilakukan pada bagian-bagian mobil yang mengeluarkan suara bising yang mengganggu saja. 

Baca juga: Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Ternyata, dengan memasang peredam mobil bisa membuat perjalananmu semakin nyaman lho! Namun, perlu pertimbangan secara matang ya agar penggunaannya bisa lebih efektif dan efisien!