Dukung Sistem Ganjil-Genap, Pakai Aplikasi Sejalan Yuk!

12 April 2018

Sistem ganjil-genap di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek mulai diterapkan sejak Senin (12/3) untuk mobil pribadi. Tentunya kendaraan berpelat nomor ganjil dilarang melintas di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta. Sistem ganjil-genap berlaku Senin – Jumat mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB.

 

Kebijakan ini diambil mengingat jumlah kendaraan yang melewati tol tersebut sangat membeludak dan tidak sesuai dengan kapasitas jalan, khususnya pada pagi hari. Selain itu, pembangunan proyek infrastruktur nasional juga menjadi salah satu alasan pengadaan sistem ini agar tidak terjadi kemacetan panjang.

 

Proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pada ruas jalan tol Jakarta – Cikampek adalah jalan layang Jakarta – Cikampek II, LRT Jakarta – Bekasi Timur, dan kereta cepat Jakarta – Bandung.

 

Ini merupakan langkah yang diambil oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang didukung oleh pihak Jasa Marga untuk mengurangi kemacetan, serta mengedukasi masyarakat agar beralih ke transportasi umum.

 

Baca: Pilih Mana Berkendara Sendirian atau Barengan?

 

Selain itu, pemerintah akan menerapkan hal serupa di ruas tol Jakarta – Bogor – Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta – Tangerang pada Mei 2018. Uji coba mulai dilakukan pada 14 April 2018. Peraturan itu berlaku untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

 

Untuk ruas tol Jagorawi, ganjil genap akan diterapkan di pintu tol Cibubur. Sedangkan ruas tol Jakarta – Tangerang di pintu tol Kunciran 2 dan pintu tol Bitung 2.

 

Sistem ganjil-genap ini memang dirasa efektif untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di ruas tol. Selain itu, pengendara yang biasanya membawa mobil pribadi untuk berangkat ke tempat tujuannya, dapat beralih menggunakan transportasi massal.

 

Sejalan misalnya, aplikasi yang berbasis social ride sharing atau nebeng ini dapat menjadi alternatif bagi Anda. Anda dapat mencari Kapten Sejalan yang searah dengan tujuan Anda di aplikasi Sejalan, lalu Kapten Sejalan akan menjemput Anda di titik penjemputan sesuai dengan lokasi Anda.

 

Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi ini setiap hari tanpa harus terkena sistem ganjil-genap, berbeda jika Anda menggunakan mobil pribadi. Misalnya, mobil Anda tidak dapat melintas di tol Jakarta – Cikampek, Jakarta – Bogor – Ciawi (jagorawi), dan Jakarta – Tangerang karena berpelat nomor ganjil pada saat aturan genap. Dengan menggunakan aplikasi Sejalan, hal tersebut dapat teratasi dengan mudah.

 

jalan barengSejalan juga akan memberikan voucher bensin senilai Rp 40.000 untuk Kapten Sejalan yang berhasil melakukan satu trip perjalanan. Voucher tersebut berlaku  untuk 100 Kapten/pemilik mobil di trip pertama berpenumpang dan berlaku mulai 12 April 2018.

 

Baca juga: Jalan Bareng Pakai Aplikasi Sejalan dan Dapatkan Hadiah Ini

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera download aplikasi Sejalan untuk memudahkan perjalanan Anda sampai tempat tujuan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda sekaligus mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan yang terjadi di tol Jakarta – Cikampek, Jakarta – Bogor – Ciawi, dan Jakarta – Tangerang jadi perjalanan bisa nyaman dan tidak memakan banyak waktu.

 

Download aplikasi Sejalan:

SHARE