Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bukan Cuma Aksesoris, Ini Fungsi dan Peran Spoiler Mobil

Salah satu aksesoris mobil, yaitu spoiler mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Sebenarnya, apa fungsi dan perannya?

spoiler mobil

Ada banyak aksesoris mobil dengan fungsi yang tentunya berbeda-beda. Salah satunya adalah komponen tambahan pada mobil yaitu spoiler yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. 

Pada umumnya, digunakan pada mobil sedan ataupun yang sudah dimodifikasi. Namun banyak juga yang menganggap bahwa komponen ini hanya sebagai hiasan saja atau mungkin sebagai bagian dari desain mobil itu sendiri. 

Padahal sebenarnya, komponen yang satu ini memiliki tujuan tertentu. Bahkan bisa meningkatkan performa kendaraan. 

Apa itu spoiler mobil?

fitur baru sirion

Buat yang belum tahu apa itu spoiler mobil, ini merupakan salah satu aksesoris mobil yang berpengaruh pada aerodinamika kendaraan. 

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Baru Varian Tertinggi

Spoiler juga bisa meningkatkan berguna untuk meningkatkan downforce atau tekanan bawah pada mobil. Dengan begitu, bisa mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Apa itu spoiler mobil juga bisa digunakan untuk mengubah aliran udara di atas, sekitar maupun di bawah kendaraan. Hal ini berfungsi untuk mengurangi hambatan angin dan menciptakan lebih banyak downforce sehingga lebih banyak cengkeraman pada kecepatan tinggi. 

Fungsi spoiler

spoiler mobil

Fungsi spoiler ternyata tidak hanya membuat tampilan mobil menjadi lebih keren saja. Penggunaan aksesoris mobil ini memiliki tujuan khusus, apa saja fungsinya?

Membuat mobil lebih aerodinamis

Fungsi spoiler yang pertama adalah membuatnya menjadi lebih aerodinamis. Biasanya aksesoris ini digunakan pada mobil-mobil sedan, minibus, dan hatchback untuk menambah kesan sporty pada mobil sport. 

Baca juga: Mengenal Transmisi CVT Mobil dan Kelebihannya

Namun sebenarnya penggunaan komponen ini juga bisa meningkatkan performa mobil, yaitu membuat lebih aerodinamis. Adanya lekukan-lekukan juga bisa membuat mobil menjadi lebih stabil pada saat kecepatan tinggi. 

Meningkatkan kendali mobil

setir kanan

Pada saat mobil berada di jalan tol yang sepi dan lurus, kecepatan mobil akan secara otomatis melaju lebih kencang. Jika tidak memegang setir dengan kuat, ini bisa menyebabkan mobil oleng dan seolah-olah melayang.

Kondisi seperti itu sangat mungkin terjadi jika kamu tidak memiliki spoiler. Pada saat inilah komponen ini dibutuhkan, yaitu bisa menekan gaya angkat sehingga mobil akan lebih stabil karena tekanan ke bawah yang lebih berat.

Membersihkan kotoran dari belakang

spoiler mobil

Penggunaan spoiler juga bisa membantu membersihkan partikel debu atau kotoran dari belakang. Pada jenis mobil sedan dan hatchback secara khusus, seringkali mengalami turbulensi udara di area belakang sehingga menyebabkan penumpukan debu. 

Baca juga: Biaya Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan?

Dengan adanya spoiler, turbulensi bisa dikurangi dan debu serta kotoran pada bagian kaca belakang juga lebih mudah terlepas. Tidak hanya itu saja, debu dan air hujan juga tidak mudah menempel karena aksesoris mobil yang satu ini bisa mencegah turbulensi udara.

Terdapat beberapa jenis spoiler mobil dengan berbagai bentuk serta kegunaannya. Apa saja itu?

Rear spoiler mobil

rear spoiler

Jenis yang pertama adalah rear spoiler atau spoiler belakang. Sesuai dengan namanya, aksesoris mobil yang satu ini diletakkan di bagian belakang atau buritan seperti halnya bagasi. 

Baca juga: Biaya Servis All New Avanza sampai 60.000 Kilometer

Dari segi bentuknya, rear spoiler menyerupai sayap dan langsung menempel pada bodi mobil yang bentuknya lebih landai dan kecil.

Front spoiler mobil

front spoiler

Jenis spoiler mobil ini berguna untuk mengimbangi spoiler belakang. Tujuannya agar pada saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, memiliki keseimbangan yang tepat. 

Front spoiler ini biasanya terletak di bagian bawah bumper depan untuk mendekatkan jarak bodi ke tanah. Ini dapat memperkecil aliran udara dari bawah sehingga mengurangi potensi limbung saat mobil sedikit terangkat dalam kondisi mobil yang melaju dengan cepat.

Wing spoiler

wing spoiler

Kemudian ada juga wing spoiler yang biasanya digunakan untuk mobil racing atau mobil balap. Wing atau spoiler mobil racing memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis lainnya dengan desain yang cukup kaku. 

Baca juga: Biaya Servis Toyota Raize, Jasa hingga Spare Part

Buat kamu yang ingin memasangnya di mobil, sebaiknya jangan dilakukan secara asal-asalan. Pahami terlebih dulu penggunaan komponen ini dengan matang dan pastikan sudah sesuai dengan dimensi mobil. 

Jadi, usahakan untuk berhati-hati ya dalam pemilihannya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.