Biaya dan Cara Mengurus SIM yang Hilang

By Ferdi Julias - January 10, 2019

Terkadang SIM hilang bersama dengan dokumen-dokumen lain. Daripada pusing, coba cara ini untuk mengurusnya. Tidak ribet ternyata.

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara. SIM merupakan tanda bukti resmi dari kepolisian bahwa Anda sudah memiliki kompetensi untuk membawa kendaraan di jalan raya.

Tidak memiliki atau membawa SIM saat mengendarai kendaraan bermotor akan membuat Anda berurusan dengan hukum. Sanksi yang diberikan bisa berupa denda atau tindakan lainnya yang dianggap perlu dilakukan oleh petugas.

Baca juga: SIM Indonesia Berlaku di Negara Lain, Ini Syaratnya

Untuk itu, jika SIM Anda hilang, segera datangi Satuan Pelaksana Penertiban SIM (Satpas) untuk mengurusnya. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Laporkan kepada pihak berwajib

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kehilangan SIM Anda kepada pihak berwajib. Setelah itu, mintalah surat kehilangan dari kepolisian. Surat kehilangan tersebut nantinya berguna untuk mengurus SIM yang hilang saat di Samsat.

Baca juga: Selain SIM A dan C, Ternyata Ada 12 Jenis SIM di Indonesia

Datang Ke Satpas terdekat

Datangi  Satpas terdekat yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal Anda. Jika berada di Jakarta, silakan datangi Satpas yang berada di Daan Mogot. Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta fotokopinya, dan fotokopi SIM yang hilang (jika ada).

Sebenanrya, data SIM Anda sudah dimiliki oleh petugas Satpas. Walaupun begitu, kemungkinan SIM Anda tidak terdata juga bisa terjadi. Jadi, lebih baik sertakan fotokopi SIM yang hilang sebagai bukti penguat bahwa Anda sudah pernah memiliki SIM sebelumnya.

Baca: Bikin SIM Tidak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya

Datangi loket kesehatan

Setelah sampai di Satpas dan semua dokumen sudah dilengkapi, datangi loket bagian kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti tensi darah, tes mata, dan sebagainya. Tes kesehatan tidak begitu lama, hanya memakan waktu sekitar lima menit.

Baca juga: Mudahnya Mengurus STNK Online Tanpa Harus Keluar Rumah

Selanjutnya urus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) di bagian loket asuransi. Biasanya, loket asuransi berada di area yang sama dengan bagian kesehatan.

Berita Terkait

Author