Berapa Biaya Modifikasi Mobil MPV Biar Jadi Camper Van?

Untuk modifikasi mobil MPV menjadi camper van yang nyaman tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Bagaimana rinciannya?

mobil modifikasi SUV

Modifikasi mobil MPV menjadi camper van banyak dilakukan oleh para pemilik mobil, terutama bagi mereka yang memang sering bepergian ke alam bebas. Biaya yang harus dikeluarkan memang akan bervariasi, tergantung dari kebutuhan masing-masing. 

Namun, yang perlu diperhatikan selain biayanya itu sendiri adalah kenyamanan para penumpang saat berada di dalamnya. Jangan sampai melakukan perubahan tetapi penumpang dan pengendara merasa tidak nyaman. 

Beberapa jenis mobil MPV yang cocok dijadikan camper van cukup beragam, umumnya yang berbentuk boxy, seperti Toyota New Sienta, Daihatsu Luxio, Daihatsu Granmax, dan Toyota Hiace. 

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh para pemilik mobil? 

biaya

Biaya yang dibutuhkan

Untuk melakukan modifikasi mobil MPV menjadi camper van pastinya akan bervariasi. Harga yang dikeluarkan tersebut bergantung pada aksesoris tambahan apa saja yang akan dipakai sebagai fasilitas dalam mobil. 

Baca juga: Gaya Modifikasi Toyota Innova yang Nyaman Buat Harian

Jika ingin melakukan perubahan secara sederhana, tentu bukanlah hal yang sulit karena tinggal melakukan sedikit perubahan saja. 

Beberapa tambahan yang sering dipakai adalah tenda, awning, roof rack, kasur lipat, kursi lipat, meja lipat, dan berbagai perlengkapan untuk memasak dan bahan makanan. Inilah harga-harganya!

roof rack

Awning dan roof rack

Awning sendiri berguna sebagai kanopi untuk melakukan kegiatan di luar mobil, harganya sekitar Rp 1 jutaan. Sedangkan roof rack berfungsi untuk meletakkan barang bawaan di atap mobil, harganya sekitar Rp 1 jutaan dan untuk cover tahan air sekitar Rp 500 ribu. 

Kasur lipat

Mobil camper van biasanya digunakan juga untuk menginap atau bermalam di alam bebas. Untuk itu, penambahan kasur lipat di dalam mobil bisa menjadi pilihan agar penumpang tetap nyaman ketika beristirahat. 

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Daihatsu Granmax Nyaman Buat Harian

Untuk kasur lipat, harganya bervariasi yaitu sekitar Rp 2 juta. Namun, jika ingin yang lebih murah bisa memilih jenis matras angin dengan harga sekitar Rp 250 ribu. 

tenda

Tenda

Melakukan modifikasi mobil MPV menjadi camper van juga dilakukan agar bisa digunakan untuk berkemah. Salah satu barang yang dibutuhkan jika ingin melakukan kemah adalah tenda, berfungsi untuk tidur di luar ruangan. 

Sebagai inspirasi, pemilik mobil bisa mendirikan tenda tepat di samping mobil dan di bawah awning agar mobil dan tenda terlihat seperti terhubung satu sama lain. Harga tenda berkisar antara Rp 1 juta. 

Kompor portable

Kegiatan lainnya yang sering dilakukan ketika berkemah menggunakan camper van adalah memasak. Untuk itu, bisa membawa kompor portable serta gas kecil yang memang biasa digunakan untuk berkemah atau mendaki gunung. 

Baca juga: Modifikasi SUV Pakai Ban Offroad, Jangan Sembarangan Ya!

Harga dari kompor portable sendiri tidaklah mahal, yaitu hanya sekitar Rp 250 ribu. Peralatan masak seperti kompor portable dan gas kecil itu bisa disimpan dalam satu wadah khusus dan ditaruh di bagasi, ketika membutuhkannya barulah dikeluarkan. 

kursi dan meja lipat

Kursi dan meja lipat

Kursi dan meja lipat menjadi bagian penting jika ingin melakukan modifikasi mobil MPV agar bisa menjadi camper van. Kedua barang ini bisa digunakan untuk duduk-duduk di luar mobil sambil menikmati alam atau pemandangan sekitar. 

Tidak perlu khawatir mengenai harganya karena kedua barang tersebut memiliki harga yang cukup murah. Meja lipat bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 300 ribu, sedangkan kursi lipat bisa dibeli dengan harga 150 ribu per unitnya. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin, Siang Atau Malam Hari?

Bila ditotal secara keseluruhan, biaya untuk melakukan modifikasi mobil MPV menjadi camper van ini bisa dibilang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 3,6 juta. Bagaimana, sangat murah bukan? 

Perlu diingat, harga tersebut belum termasuk biaya modifikasi baik eksterior dan interior, serta biaya pemasangan ya. Jadi kamu juga perlu menyiapkan budget untuk hal tersebut ya.