Search Cars

Otomotif

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Kredit Mobil Baru?

Tertarik membeli mobil dengan cicilan ringan tapi bingung menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan? Ini cara menghitung biaya kredit mobil baru.

beli mobil akhir tahun

Saat ini, mobil sudah termasuk ke dalam kebutuhan primer sebagaian masyarakat, terlebih yang tinggal di perkotaan. Harga mobil yang dirasa cukup tinggi oleh sebagian masyarakat Indonesia membuat cara membeli mobil secara kredit makin sering digunakan.

Pilihan pembayaran secara kredit disediakan bagi mereka yang memliki tunjangan atau keperluan lain, sehingga untuk membeli mobil dapat dicicil dan menghindari pengeluaran biaya secara tiba- tiba.

Baca juga: Tata Cara Mengajukan Kredit Mobil dengan Aman dan Mudah

Biasanya, orang yang memilih prosedur pembayaran mobil secara kredit sudah memiliki rencana keuangan jangka panjang. Jangan sampai, mekanisme kredit yang ditawarkan leasing malah memberatkan nantinya.

Nah buat yang masih bingung, begini cara menghitung biaya kredit mobil baru.

cara beli mobil online

Rumus menghitung biaya kredit mobil baru

Secara umum, cara menghitung biaya kredit mobil baru ditentukan lewat uang muka atau down payment (DP).

Leasing menetapkan batas bawah DP biasanya 30% dari harga mobil tersebut. Dikutip dari cekaja.com, cara menghitung biaya kredit mobil baru rumusnya berikut ini.

  • Plafon pinjaman = Harga mobil – Uang Muka
  • Jumlah cicilan per bulan = Angsuran pokok per bulan + angsuran bunga per bulan
  • Angsuran pokok per bulan = Plafon pinjaman / Tenor
  • Angsuran bunga per bulan = (Plafon pinjaman x Suku bunga) / 12
  • Pembayaran pertama kali = Uang muka + Angsuran pertama + Asuransi (Persen dari harga Mobil) + Provisi (Persen dari plafon pinjaman) + Polis Asuransi + Administrasi

Bila diaplikasikan dengan harga maka akan menjadi seperti ini.

  • Plafon pinjaman : Rp 150.000.000 – Rp 45.000.000 (DP 30% dari Harga Mobil) = Rp 105.000.000
  • Angsuran pokok per bulan : Rp 105.000.000 / 60 bulan = Rp 1.750.000
  • Angsuran bunga per bulan : (Rp 105.000.000 x 4.8%) / 12 = Rp 420.000
  • Jumlah cicilan per bulan : Rp 1.750.000 + Rp 420.000 = Rp 2.170.000
  • Pembayaran pertama kali : Rp 45.000.000 + Rp 2.170.000 + Rp 7.500.000 (5% dari Rp 150.000.000) + Rp 525.000 (0.5% dari Rp 105.000.000) + Rp 40.000 + Rp 700.000 = Rp 55.935.000

Baca juga: Siapkan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Mobil Secara Kredit

Jadi, jumlah pembayaran pertama yang harus adalah Rp 55.935.000 dan cicilan per bulannya sebesar Rp2.170.000 selama 5 tahun.

Ingat, ketika ingin mengajukan kredit mobil baru maupun bekas ketahui dulu jenis dan berapa suku bunga kredit yang ditawarkan. Karena, bunga yang ditawarkan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah cicilan bulanan nantinya.

memilih kredit mobil terbaik

Kalkulator Kredit

Untungnya di era digital sekarang kamu yang ingin mengetahui cara menghitung biaya kredit mobil baru tidak perlu pusing. Situs jual-beli mobil seperti Seva.id sudah memiliki fitur Kalkulator Kredit.

Cara menggunakan fitur Kalkulator Kredit di Seva.id pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu buka menu Kalkulator Kredit di bagian Otomotif pada situs Seva.id. Lalu masukkan merek mobil, model, dan varian. Maka secara otomatis akan muncul harga dari mobil baru yang kamu pilih.

Baca juga: Tips Beli Mobil Online yang Aman Tanpa Perlu ke Dealer

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih DP yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 25%, 50%, dan 75%. Lama cicilan bisa disesuaikan dengan rencana keuangan jangka panjang, mulai dari satu tahun hingga lima tahun.

Jika sudah, kamu tinggal klik Hitung.  Nah, dari situ terpapar kalkulasi hitungan kredit mobil baru. Jika sudah setuju, tapi masih ingin negosiasi untuk mendapatkan harga dan cicilan terbaik, kamu dapat mengklik Minta Penawaran Terbaik.

Nantinya, kamu akan dihubungi oleh tim sales representative Seva.id dalam waktu kurang dari 15 menit saja untuk melakukan negosiasi dan mendapatkan perhitungan final untuk pembayaran DP dan cicilan bulanan. Mudah dan praktis bukan?

Baca juga: Fitur Terbaru Seva.id yang Bikin Kamu Makin Mudah Beli Mobil

Jadi tunggu apalagi, buat kamu yang membeli mobil secara kredit dan tidak ingin pusing dengan cara menghitung biaya kredit mobil baru, gunakan saja fitur Kalkulator Kredit di Seva.id. Seva.id #bikinkamusiap punya mobil baru yang sesuai kebutuhan.

Kalkulator Kredit

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.