Tips & Rekomendasi

Arti Kode Transmisi Matik Pada Mobil yang Berupa Huruf dan Angka

Kode transmisi matik pada mobil kadang membingungkan. Untuk itu, yuk cari tahu cara menggunakannya di bawah ini.

Mobil dengan transmisi matik lebih mudah digunakan karena mobil dengan transmisi otomatis atau matik merupakan sistem perpindahan transmisi yang diatur tanpa harus menginjak pedal kopling.

Transmisi matik mempunyai dua jenis sistem, yaitu semi otomatis dan otomatis. Keduanya dikenal lebih simpel dan mudah dikendarai.

Perlu diingat, mengemudikan mobil transmisi otomatis tidak sekedar gas dan rem saja. Kamu juga harus memiliki keahlian dan feeling yang baik dalam mengemudi. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kode transmisi matik pada mobil yang berupa huruf dan juga angka.

Seperti yang sudah diketahui, cara kerja dasar transmisi matik adalah P untuk parkir, N untuk netral, R untuk mundur, dan D untuk maju.

Baca juga: Belajar Setir Mobil, Sebaiknya Manual Dulu atau Matic?

Selain itu, pada tuas transmisi matik biasanya terdapat susunan P-R-N-D-D3-2-L. Sebagian orang mungkin bingung dengan kode yang tertera di sistem transmisi tersebut, apalagi bagi pengendara baru.

Tapi tenang, simak penjelasan berikut ini yang mungkin dapat membantu kamu agar tidak bingung saat mengendarai mobil matik.

P (Parking)

Kode transmisi matik P atau parking berfungsi untuk mengunci transmisi agar mesin mobil tidak dapat bergerak. Namun kegunaannya berbeda dengan rem parkir.

Ketika di posisi P, sebenarnya ban masih dapat bergerak, namun tidak dengan mesin karena transmisinya terkunci. Oleh karena itu, P disarankan untuk digunakan saat mobil berhenti lama atau parkir.

parkir mundur

R (Reverse)

R adalah kode transmisi matik yang berfungsi untuk menggerakkan mobil. Seperti pada namanya, reverse memiliki kegunaan untuk membantu mobil bergerak ke belakang atau mundur.

parkir mundur

Baca juga: Amankah Menggeser Tuas Transmisi Otomatis Saat Mobil Berjalan?

N (Neutral)

Selanjutnya adalah kode transmisi matik N, yang membuat mesin dalam keadaan netral tetapi tidak menguncinya. Jadi, bila rem parkir tidak aktif, mobil matik pada transmisi N masih bisa digerakan baik maju atau mundur dengan didorong.

Selain itu, kode transmisi N sendiri digunakan saat mobil sedang berhenti sejenak, seperti saat kondisi jalanan padat.

merawat transmisi matic

D (Drive)

D atau Driver umumnya digunakan ketika mobil bergerak di medan jalan yang normal, artinya jalan yang landai serta tidak melewati tanjakan.

mobil hitam toyota

Baca juga: Posisi Transmisi Harus di N Saat Memanaskan Mobil Matik, Mitos atau Fakta?

Kamu bisa mengatur pedal gas dan rem, kemudian secara pintar, Electronic Control Unit (ECU) akan mengatur perpindahan gigi sesuai dengan putaran mesin dan kecepatan mobil.

Angka 2 dan 3

Biasanya, kode transmisi matik berupa angka 2 terdapat di bawah D, sementara 3 terdapat di sebelahnya. 3 atau D3 di beberapa mobil artinya memerintahkan mesin untuk membatasi rasio hingga gigi 3 saja.

Baca juga: Pilih Mobil Manual Atau Matic? Mending Pahami Dulu Perbedaannya Yuk

Sedangkan 2 atau S (Second) dapat digunakan ketika kamu melewati tanjakan yang tidak terlalu curam serta membutuhkan engine brake saat turunan.

L (Low)

L atau 1 pada beberapa mobil berarti kode transmisi matik yang memerintahkan mesin untuk menggunakan gigi rendah atau membatasi di gigi 1 saja.

Sebaiknya, gunakan transmisi L untuk melibas tanjakan curam dan panjang agar mesin mendapatkan torsi yang cukup besar.

Ketika sudah melewatinya, jangan lupa sesuaikan transmisi mobilmu kembali. Hal ini untuk mencegah tekanan berat pada sistem transmisi dan mesin yang berpotensi merusak komponen di dalamnya.

Baca juga: Kesalahan yang Bikin Rusak Mesin dan Boros BBM Mobil Manual

Secara fungsi, L juga dapat digunakan sebagai engine brake, terutama saat kondisi jalan menurun yang cukup tajam.

Shift Lock

cara menggunakan shift lock

Mobil matik zaman sekarang rata-rata sudah disediakan tombol Shift Lock di dekat tuasnya. Shift Lock berguna untuk menggeser tuas perseneling dari P ke N walaupun mesin mobil tidak dihidupkan.

Fitur ini sering digunakan saat mobil diparkir pararel, sehingga dapat didorong dan tidak mengganggu mobil lain.

Baca juga: Jangan Gunakan Transmisi Netral Saat Melewati Turunan!

Itu dia arti kode transmisi matik yang berupa huruf dan angka serta kegunaannya. Jadi, jangan sampai salah menggunakannya ya, sebab bisa merusak komponen mesin dan transmisi mobil kamu.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.