Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi?

Ini beberapa fungsi bumper pada sistem suspensi serta penjelasan apakah komponen ini jika rusak kecelakaan bisa klaim asuransi.

bumper

Kenyamanan dalam berkendara sangat erat kaitannya dengan sistem suspensi. Seperti diketahui, sistem ini termasuk bumper memang dirancang untuk meredam segala getaran yang dihasilkan dari permukaan jalanan saat mobil melaju. 

Yang termasuk dalam komponen sistem suspensi adalah pegas, shock absorber, ball joint, komponen arm, strut bar dan juga bumper. Komponen-komponen ini punya peran yang berbeda dalam menunjang kinerja suspensi mobil. 

Namun dalam peran keselamatan, jangan melupakan peran detail dari bumper pada mobil, ya. Simak di sini berikut penjelasan apakah jika bumper mobilmu rusak kamu bisa mengajukan klaim asuransi mobil

Bumper atau sering disebut awam dengan bemper punya fungsi yang sangat penting dalam sistem suspensi serta kenyamanan berkendara. Berikut beberapa hal yang membuatnya cukup penting. Apa sajakah hal tersebut?

Melindungi komponen lain pada sistem suspensi

jenis suspensi mobil

Fungsi utama komponen ini adalah melindungi bagian-bagian suspensi mobil. Saat mobil kamu melintasi jalanan yang rusak, bisa dipastikan guncangan dan efek kejut yang terjadi sangat besar. Kalau saja kondisi jalanannya sampai rusak parah, bukannya tidak mungkin beberapa komponen pada sistem suspensi ada yang rusak. 

Tapi ini ternyata bisa dicegah dengan adanya bumper karena komponen ini mampu meredam guncangan dan efek kejut yang kuat tersebut dengan baik. 

Melihat fungsinya, komponen dibagi menjadi dua jenis, yakni bounding dan rebounding bumper

Baca juga: Yuk, Kenali Tanda Mobil Bekas Tabrakan

Bounding bumper merupakan bagian yang berfungsi menahan tumbukan ketika suspensi dalam kondisi mengembang. Sementara saat suspensi dalam keadaan mengerut, maka yang menahan tumbukan tersebut adalah rebounding bumper

Bumper juga dapat mencegah adanya kontak langsung antara per atau kerangka mobil dengan komponen suspensi sehingga dapat memperpanjang usia keausan mobil.

Bumper mengurangi kerusakan komponen suspensi lain

Selain melindung, komponen mobil juga meminimalisir risiko kerusakan pada komponen suspensi lainnya. Sebut saja sistem knuckle, rem, atau roda. Ketika guncangan ekstrem terjadi, bumper akan melindungi komponen-komponen tersebut untuk saling bergesekan.

Baca juga: Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Komponen ini juga berfungsi mencegah kerusakan bodi mobil dari tabrakan atau benturan dengan kendaraan lain saat terjadi kecelakaan, loh

Bumper meningkatkan tingkat kendali mobil

suspensi

Komponen ini juga bisa meningkatkan kendali mobil, terutama saat mengontrol pergerakan suspensi yang ekstrem. Bagian ini akan menjaga antara permukaan jalanan dengan traksi ban ketika terjadi guncangan, serta mengurangi efek perpindahan berat mobil serta pengereman berlebihan saat melewati jalanan yang rusak. 

Stabilitas laju mobil

Komponen juga bisa meningkatkan stabilitas laju mobil, terutama saat kendaraan melakukan manuver berkecepatan yang sangat tinggi. Dalam kondisi ini bumper membatasi pergerakan suspensi agar tidak akan bergerak berlebihan sehingga laju mobil tetap stabil.

Bumper menjaga kenyamanan berkendara

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, komponen ini berfungsi meredam guncangan dan efek kejut tersebut agar tidak sampai ke bagian kabin. Sehingga pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman sampai tujuan. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Melihat banyaknya fungsinya, jadi kamu sudah lebih mengerti dong kalau kehadirannya bukan aksesori semata. Dan sudah semestinya kamu lebih memerhatikan bagian ini dengan melakukan perawatan rutin. 

Periksa setiap area bumper dan komponen suspensi yang ada di dalamnya. Pastikan mur dan baut yang menempel pada komponen ini telah terpasang kencang dan tidak renggang.

Klaim asuransi mobil untuk bumper rusak

dapat asuransi

Jika bumper dan sistem suspensi mobilmu mengalami permasalahan yang serius, misalnya karena kecelakaan, bawa ke bengkel resmi yang sesuai dengan pabrikan kendaraanmu. 

Baca juga: Pilihan Ban Terbaik untuk Kinerja Daihatsu Terios

Oh iya, jangan ragu untuk menanyakan kepada pihak asuransi mobil, apakah kamu bisa mengajukan permohonan klaim asuransi untuk bagian bumper yang rusak. Tapi biasanya, hanya jenis asuransi All Risk saja yang bisa mengajukan klaim untuk masalah ini.

Asuransi All Risk adalah jenis asuransi mobil yang mengganti semua biaya kerusakan mobil mulai dari yang ringan hingga berat, seperti kecelakaan yang diakibatkan bencana alam hingga kehilangan.

asuransi mobil

Asuransi mobil ini memberi proteksi mobil dari semua risiko dan jenis kecelakaan, mulai dari yang ringan seperti lecet atau baret, hingga yang terberat. Berikut detailnya:

Baca juga: Mengulas Grill Mobil Toyota All New Voxy

  • Kecelakaan, benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok
  • Segala perbuatan jahat orang lain
  • Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan
  • Kebakaran dan sambaran petir
  • Berbagai sebab dan risiko yang dialami selama menyeberang laut dengan feri
  • Kerusakan roda akibat kecelakaan
  • Biaya derek serta pengangkutan ke bengkel terdekat
  • Pengecualian dalam polis asuransi All Risk.

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai bumper pada sistem suspensi. Jangan sampai meremehkan peran komponen ini demi keselamatan dan estetika kendaraanmu ya.

Tags:

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.