Search Cars

Berita Utama Otomotif

Apa itu Tune Up Mobil & Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya?

Apakah kamu sering merasa mobilmu kurang bertenaga atau konsumsi bahan bakar semakin boros? Mungkin saatnya untuk mempertimbangkan tune up mobil. Tune up adalah suatu proses perawatan rutin yang dilakukan pada mobil untuk memastikan mesinnya tetap beroperasi dengan optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu tune up mobil dan kapan sebaiknya kamu melakukannya.

tune up mobil

Tune up mobil adalah rangkaian perawatan preventif yang dilakukan untuk memastikan semua komponen mesin bekerja dengan baik. Proses ini mencakup pemeriksaan dan penyesuaian berbagai komponen, seperti busi, filter udara, filter bahan bakar, sistem pengapian, dan komponen lainnya. Tujuan utama dari tune up adalah meningkatkan kinerja mesin, efisiensi bahan bakar, dan umur mesin mobil.

Baca juga: Tips Agar Biaya Perawatan Mobil Tidak Membengkak

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tune Up Mobil

1. Jarak Tempuh Tertentu

Tune up mobil sebaiknya dilakukan setiap 20.000-30.000 kilometer. Namun, beberapa produsen mobil mungkin memiliki rekomendasi yang berbeda. Periksa buku panduan pemilik mobilmu untuk mengetahui interval tune up yang disarankan.

2. Kondisi Berkendara yang Berat

Jika kamu sering mengemudi dalam kondisi yang berat, seperti lalu lintas padat, sering berhenti-start, atau berkendara di daerah berbukit, kamu mungkin perlu melakukan tune up lebih sering. Kondisi berkendara yang ekstrem dapat mempercepat keausan komponen mesin.

3. Penurunan Kinerja

Jika kamu merasakan penurunan kinerja kendaraanmu, seperti kehilangan tenaga atau peningkatan konsumsi bahan bakar, ini bisa menjadi tanda bahwa mobilmu perlu tune up. Tune up dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah mesin yang mungkin menyebabkan penurunan kinerja.

4. Gejala Mesin Tidak Stabil

Mesin yang tidak stabil, getaran yang tidak biasa, atau suara aneh dapat menjadi indikasi bahwa ada masalah dalam sistem mesin. Tune up dapat membantu menemukan dan memperbaiki masalah ini sebelum menjadi lebih serius.

5. Pengecekan Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin pada komponen-komponen kunci, seperti busi dan filter, dapat membantu kamu mengetahui apakah tune up diperlukan. Perhatikan tanda-tanda keausan atau kotoran yang dapat mempengaruhi kinerja mesin.

Baca juga: 8 Perawatan Mobil Sendiri Sambil Ngabuburit Menunggu Waktu Buka Puasa

Tune up mobil merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin mobil. Dengan melakukan tune up secara teratur, kamu dapat memastikan mobilmu tetap beroperasi secara optimal dan menghindari masalah yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar. Jangan lupakan untuk merujuk pada buku panduan pemilik mobilmu dan berkonsultasi dengan mekanik profesional untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan tune up. Kamu dapat melakukan tune up di tempat yang telah direkomendasikan dengan klaim asuransi mobil namun dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, kamu dapat memastikan mobilmu tetap prima dan siap menghadapi perjalanan tanpa masalah.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.