5 Teknologi Mobil yang Berguna untuk Menghadapi Hujan Lebat

By Arris Riehady - Februari 8, 2021

Musim hujan kadang mengganggu. Tetapi tenang, dengan 5 teknologi mobil ini siap membantu pengemudi menghadapi hujan lebat.

hujan lebat

Demi menunjang keamanan dan keselamatan berkendara, pengemudi mesti mengetahui bahwa ada teknologi mobil yang berguna di musim hujan, khususnya saat menerjang hujan lebat.

Tentu, wiper adalah teknologi yang berguna di musim hujan yang utama. Hujan lebat dapat menghalangi pandangan pengemudi ketika berkendarara.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menyeka kaca depan dengan wiper dan pertahankan suhu dalam kabin agar kaca tidak berembun. Rata-rata, karet wiper dapat berusia 6 bulan.

Baca juga: Jangan Lupa Merawat Kampas Rem Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Selain wiper, berikut adalah teknologi mobil yang berguna di musim hujan dan siap untuk membantu pengemudi menerjang hujan deras.

teknologi mobil

Fog lamp

Fog lamp atau lampu kabut kini telah menjadi teknologi standar yang ada di mobil. Sesuai dengan namanya, fungsi utamanya adalah untuk menambah visibilitas pengemudi kala menembus kabut.

Tidak hanya itu, saat hujan lebat, fog lamp dapat membantu pengemudi menambah jarak pandang ke depan.

Waktu yang tepat untuk menyalakannya saat jalanan sedang berkabut, atau sedang hujan lebat, terlebih di malam hari.

Hal ini karena sorotan fog lamp cenderung melebar daripada sorot cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.

Baca juga: 3 Teknik Menurunkan Kecepatan Mobil Tanpa Selip Saat Hujan

Terdapat dua jenis fog lamp, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri.

Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Jadi, fog lamp dapat membantu pengemudi lain untuk mendeteksi maupun mengetahui keberadaan mobilmu baik saat berkabut maupun hujan lebat.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!