Search Cars

Tips & Rekomendasi

3 Teknik Menurunkan Kecepatan Mobil Tanpa Selip Saat Hujan

Teknik menurunkan kecepatan mobil harus dipahami oleh pengendara agar tetap aman berkendara saat hujan.

menurunkan kecepatanSetiap pengemudi wajib memahami semua teknik berkendara, salah satunya adalah teknik menurunkan kecepatan atau mengerem. Apalagi saat musim hujan, teknik menurunkan kecepatan merupakan hal penting agar tidak terjadi selip.

 

Bila mobil dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika tidak, mengendarai mobil tanpa memahami teknik menurunkan kecepatan bisa beresiko fatal, serta merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Sedikitnya, ada 3 teknik menurunkan kecepatan yang sering digunakan pengemudi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini yang mungkin dapat membantu Anda ketika menurunkan kecepatan saat hujan.

 

Mengocok pedal rem

3 Teknik Menurunkan Kecepatan Mobil Tanpa Selip Saat HujanBeberapa orang mungkin berfikir bahwa menginjak rem secara kencang dapat membuat kendaraan berhenti lebih cepat. Tetapi, cara mengerem mobil seperti itu tidaklah tepat. Mengerem secara kencang dapat mengakibatkan rem Anda mengunci dan selip.

 

 

Apalagi jika berkendara saat hujan, pasti jalanan akan basah dan licin. Tentunya, sangat penting untuk menggunakan teknik mengerem dengan cara memompa pedal rem agar tidak terjadi hal yang berbahaya saat berkendara.

 

Baca juga: Jangan Lupa Merawat Kampas Rem Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

 

Untuk itu, jika dalam kondisi harus mengerem mendadak, usahakan rem jangan langsung diinjak secara kencang karena akan mengakibatkan rem mengunci dan selip.

 

Caranya adalah dengan memompa rem agar bannya dapat berputar kembali, setelah itu baru rem lagi, begitu seterusnya secara bergantian sampai kecepatan mobil menurun.

 

Engine brake

Teknik selanjutnya adalah engine brake, yaitu teknik menurunkan kecepatan saat berkendara dengan cara menurunkan laju kendaraan sambil mengganti transmisi tinggi ke transmisi rendah. Teknik ini bisa digunakan pada mobil bertransmisi manual maupun matik.

 

Misalnya, pada saat transmisi berada di gigi 4, sebaiknya menurunkannya terlebih dahulu ke posisi gigi 3. Jika laju mobil sudah sesuai dengan tingkat transmisi tersebut, pengendara boleh menurunkannya lagi ke posisi gigi 2, dan jangan lupa untuk menginjak rem secara perlahan.

 

Baca juga: Posisi Transmisi Harus di Posisi N Saat Memanaskan Mobil Matik, Mitos atau Fakta?

 

Sedangkan pada mobil bertransmisi matik, pindahkan transmisi dari posisi D ke 2 untuk memperlambat laju mobil. Namun demikian, teknik ini harus dilakukan dengan benar agar tidak merusak mesin mobil.

 

Pengendara harus dapat memperkirakan untuk memindahkan transmisi. Engine brake sebenarnya sah-sah saja jika sesuai dengan kecepatan dan tingkat transmisinya.

 

Biasanya, engine brake digunakan oleh pengendara pada saat jalan menurun, karena pada tipe jalan tersebut potensi selip akan lebih besar jika langsung menginjak pedal rem. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi bumi yang mempengaruhi mobil.

 

Gunakan rem tangan

Setelah itu, ada lagi teknik mengerem yang biasanya digunakan oleh pengendara pada saat jalan menanjak. Apabila pengendara sedang berada pada posisi jalan menanjak dan macet, sebaiknya menggunakan rem tangan, khususnya untuk mobil yang bertransmisi manual.

 

Pengemudi harus lihai untuk memainkan rem tangan dan tidak menggantung kopling saat tanjakan agar kopling bisa bertahan lebih lama.

 

Baca juga: 5 Komponen Mobil yang Harus Diganti dalam Hitungan Kilometer

 

Sebagai informasi, kampas atau pelat kopling yang sudah habis akan terasa berat dan mengganggu performa mobil Anda, sehingga tidak nyaman untuk dikendarai. Apalagi saat menghadapi kemacetan dalam kondisi hujan.

 

Untuk itu, cek pelat kopling Anda sebelum dipakai beraktifitas kembali. Tanda-tanda pelat kopling sudah harus diganti antara lain adalah akselerasi mobil lemah, pedal kopling lebih tinggi, susah memindahkan gigi, dan akan tercium bau karet terbakar.

Untuk mengganti pelat kopling, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk mendapatkan penangan dari mekanik profesional pabrikan. Tetapi, jika tidak memiliki waktu yang cukup, Anda dapat menggunakan fitur booking service yang ada di Seva.id. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama untuk melakukan service mobil.

 

Jangan lupa cek juga komponen lainnya saat melakukan service berkala, supaya mobil Anda tetap aman dibawa berkendara di musim hujan. Teknik ini juga #BikinKamuSiap #HadapiBanjir loh.

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.