5 Lomba Agustusan Kekinian yang Terapkan Physical Distancing

Rayakan HUT RI dengan lomba agustusan di tengah pandemi? Kata siapa tak bisa? Yuk simak 7 ide lomba agustusan kekinian berikut ini

lomba agustusan

Masyarakat Indonesia akan kembali menyambut hari Kemerdekaan Indonesia. Tepat 17 Agustus nanti, akan ada banyak kemeriahan untuk memperingati HUT RI yang ke-76.

Kemeriahan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, dimulai saat pagi hari biasanya akan diisi dengan upacara bendera.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan pada kala itu.

Setelah itu, memasuki siang hingga sore hari, akan ada berbagai perlombaan yang diadakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Aktivitas ini biasa dijuluki oleh masyarakat dengan istilah ‘lomba agustusan’.

Berbagai perlombaan seru seperti balap karung, panjat pinang, lomba makan kerupuk, hingga lomba tarik tambang biasanya turut memeriahkan lomba agustusan.

Baca juga: Makna dan Filosofi Lomba 17 Agustus yang Jarang Diketahui

Namun seiring perkembangan zaman, jenis-jenis lomba agustusan kini semakin variatif dan kekinian, tentunya tetap seru dan meriah. 

Tak hanya itu, lomba agustusan kekinian ini juga dapat melatih kreatifitas dan tentunya lak lupa dengan pertimbangan protokol kesehatan. 

Sebab, saat pandemi seperti ini, rasanya kurang bijak jika merayakan Hari Kemerdekaan tanpa mempertimbangkan dan menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing.

Nah, berikut 5 ide lomba agustusan kekinian yang tetap terapkan physical distancing. Malahan, bisa dilakukan di rumah aja, loh.

Lomba menghias masker

Selama pandemi, masker menjadi barang wajib yang harus dibawa dan digunakan saat beraktivitas di luar rumah. Maka dari itu, desain masker kini semakin beragam dan unik. 

Hal tersebut bisa kamu jadikan ide untuk mengisi lomba agustusan, yakni lomba menghias masker.

Tidak sulit untuk melakukan lomba yang mengasah kreatifitas ini, cukup siapkan masker polos untuk kemudian dihias oleh para peserta sesuai dengan selera dan kreativitas masing-masing. 

Turnamen game online

Sebelum virus corona merebak, game online sudah menjadi kegiatan yang digemari banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang mampu menghasilkan uang melalui game online.

Tidak heran, seiring berjalannya waktu penggemar game online kian bertambah.

Baca juga: Cara Seru Merayakan HUT Kemerdekaan RI di Rumah dengan Keluarga

Permainan ini bisa menjadi salah satu ide untuk mengisi lomba agustusan. Selain seru, lomba ini juga bisa dimainkan di rumah masing-masing sehingga para peserta dapat menjaga jarak aman atau physical distancing.

Lomba foto dan video kreatif

Siapa yang tak main sosial media saat ini? Hampir seluruh lapisan masyarakat kini menggunakan platform tersebut. Mulai dari untuk mencari informasi, membagikan momen, atau sekedar hiburan saja.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan salah satu ide lomba agustusan, yakni lomba membuat foto atau video kreatif yang bertema Hari Kemerdekaan dan kemudian diunggah ke sosial media.

Baca juga: Hal Unik di Balik Layar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kuis edukatif online

Jika biasanya lomba kuis dilakukan secara beregu, kali ini kamu bisa mencobanya secara individu dan online dari rumah.

Tema kuisnya bisa mengangkat Hari Kemerdekaan seperti sejarah atau pengetahuan umum tentang Indonesia.

Lomba kreasi filter Instagram

Masih memanfaatkan platform digital, kali ini kamu bisa memanfaatkan filter milik Instagram dengan membuat lomba kreasi filter Instagram yang mengangkat Tema Hari Kemerdekaan.

Meski terdengar sulit, namun lomba ini akan mengasah kreativitas kamu, lho

Nah, itulah ide lomba agustusan kekinian yang tetap terapkan physical distancing. Cocok banget untuk memeriahkan HUT RI di tengah-tengah pandemi seperti saat ini.

Agar lebih meriah, kamu juga bisa menyiapkan berbagai hidangan di rumah yang identik dengan Hari Kemerdekaan, seperti tumpeng, bubur merah putih, atau camilan seperti klepon merah putih.

Baca juga: 8 Makanan Khas Indonesia untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Bila kamu ingin membuatnya, tidak perlu repot-repot belanja ke pasar. Sekarang ini, banyak aplikasi digital yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Jadi, yuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mendukung program kesehatan dari pemerintah, agar pandemi Covid-19 cepat berakhir.

Namun, kalau pas 17 Agustus nanti pandemi ini hilang dari tanah air, kita bisa berkumpul kembali merayakan Kemerdekaan RI. Tetap jaga kesehatan, ya!