Wisata Horor Semarang yang Menyimpan Berbagai Cerita Mistis

Bosan dengan tema dan tempat liburan yang itu-itu aja? Coba yang beda! Ini dia wisata horor Semarang buat kamu yang punya nyali tinggi.

kuliner malam semarang

Setiap kota pasti memiliki lokasi-lokasi wisata yang menjadi daya tarik turis. Jenis-jenis tempat wisata pun juga beragam, seperti wisata alam, wisata kuliner atau wisata sejarah seperti yang dimiliki oleh Semarang.

 

Dikenal dengan wisata sejarahnya, Semarang jadi salah satu destinasi liburan favorit di Jawa Tengah. Namun, tak hanya wisata sejarah nya saja, ada beragam destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi di kota ini, antara lain berupa pegunungan, danau, hingga pantai.

 

Baca juga: Kuliner Malam Semarang yang Bikin Tidur Nyenyak

 

Namun di balik sejarah, keindahan, dan eksotismenya, tempat-tempat tersebut tenyata menyimpan berbagai cerita mistis. Penasaran apa aja? Berikut wisata horor Semarang buat kamu yang punya nyali tinggi.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

wisata horor Semarang

Penampakan macan kumbang di Gunung Unggaran

Bagi kamu yang ingin berburu sunrise tanpa harus mendaki terlalu lama, coba lah datang ke Gunung Ungaran. Tingginya ‘hanya’ 2.050 meter di atas permukaan laut saja, tapi bagi kamu yang belum terbiasa mendaki, pasti tetap ngos-ngosan.

 

Menurut cerita yang pernah mendaki Gunung Ungaran, salah satunya ada yang pernah melihat sosok macan kumbang yang misterius, berbadan hitam, dengan mata hijau yang menyala.

 

Baca juga: Objek Wisata Hits di Semarang, Yuk Liburan!

 

Macan kumbang tersebut menghuni hutan di dekat kuburan tua di perkebunan kopi. Namun, macan tersebut hanya menampakkan diri dan sempat menatap seorang pendaki. Untungnya setelah pendaki tersebut menutup mata selama 15 detik macan itu menghilang.

 

Hingga saat ini tidak diketahui dari mana asal mula macan kumbang di Gunung Ungaran itu, mungkinkah macan jadi-jadian atau memang hewan langka penghuni hutan yang jarang menampakkan diri.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

wisata horor Semarang

Baru Klinting di Rawa Pening

Rawa Pening merupakan danau alam yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Pesona nya yang sangat indah membuat banyak wisatawan terpikat olehnya.

 

Namun dibalik keindahannya, danau ini ternyata menyimpan kisah mistis. Rawa Pening lekat dengan cerita legenda Baru Klinting yang menenggelamkan suatu desa.

 

Baru Klinting dikisahkan sebagai anak kecil yang sakti, namun memiliki wajah yang buruk rupa sehingga menjadi bahan ejekan anak sebayanya. Hanya seorang Janda yang mau menerima keberadaan Baru Klinting.

 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kekinian di Jakarta yang Wajib Dicoba

 

Suatu saat Baru Klinting menuju pelataran dan mengadakan sayembara, siapa yang bisa mencabut lidi yang ditancapkan di atas tanah. Tak satu pun ada yang bisa mencabut lidi tersebut. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, semuanya gagal.

 

Akhirnya Baru Klinting yang mencabut lidi tersebut lalu setelah tercabut keluarlah semburan air. Usai mencabut lidi lalu Baru Klinting berlari sambil membunyikan kentongan dan akhirnya semua warga tenggelam dan hanya Janda tersebut yang selamat dengan naik lesung.

 

Hingga saat ini, Baru Klinting dipercaya masyarakat sekitar menjaga Rawa Pening dan sesekali kerap menampakkan dirinya.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

https://www.instagram.com/p/Byj1n_ZHFtJ/

Misteri Keangkeran Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo adalah bekas kebun binatang Kota Semarang yang sekarang disulap menjadi taman wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Meski kini sudah disulap menjadi tempat wisata yang indah, alami, dan asri, kabarnya ada sepasang makhluk gaib sejenis banaspati yang menjaga sebuah Hutan Wisata Tinjomoyo.

 

Baca juga: 8 Kuliner Ekstrem Indonesia yang Berkhasiat, Berani Coba?

 

Konon, Pangeran Diponegoro dan para pengawalnya juga pernah menjadikan tempat ini sebagai persembunyian. Bahkan ada yang menyebutkan pula, Hutan Wisata Tinjomoyo adalah area suci yang dijadikan tempat bangsa gaib untuk semedi atau lelaku.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

https://www.instagram.com/p/BTeKhmShkXE/

Penampakan pagelaran balet gaib di Gedung Marabunta

Gedung Marabunta merupakan salah satu bangunan tua yang berada di Jalan Cendrawasih. Gedung yang memiliki gaya arsitektur Belanda tropis ini dulunya digunakan sebagai tempat diselenggarakannya pertunjukkan opera dan sebagai cafetaria.

 

Pada zaman itu terdapat seorang penari balet berparas cantik yang begitu populer yang memiliki nama panggung Putri Matahari. Wanita yang memiliki nama asli Margaretha Geertuida (Grietje) Zelle ini merupakan seorang agen mata-mata Jerman.

 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Justru Keren Saat Musim Hujan

 https://www.instagram.com/p/8zqnm_tDLd/

Parasnya yang cantik membuat ia terlibat dengan berbagai affairs yang dilakukan dengan petinggi-petinggi negara hingga akhirnya ia dihukum mati.

 

Konon katanya orang-orang di sekitar bangunan tersebut sering melihat penampakan noni Belanda yang sedang menari-nari di dalam bangunan Gedung Marabunta.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

wisata horor semarang

Penampakan perempuan Belanda di Lawang Sewu

Siapa yang tak kenal dengan Lawang Sewu? Sebagai salah satu destinasi wisata di Semarang, Lawang Sewu selalu berhasil menarik banyak turis yang berkunjung.

 

Di balik bangunannya yang unik dan megah, ternyata Lawang Sewu menyimpan sejuta misteri. Dulunya, Lawang Sewu sering digunakan untuk kegiatan operasional administratif oleh pemerintahan Belanda.

 

Lawang Sewu juga pernah dijadikan sebagai ruang penjara bawah tanah di masa penjajahan Jepang. Konon katanya, ruang penjara ini termasuk penjara paling sadis dan kejam di masa penjajahan.

 

Baca juga: Unik dan Lucu, Ini 5 Lagu yang Terinspirasi dari Makanan Indonesia

 

Di halaman utama gedung Lawang Sewu, terdapat sebuah sumur tua yang sudah lama tidak dibuka bagi publik. Kabarnya, sumur inilah yang dipakai oleh tentara Jepang untuk menyiksa tentara Belanda. Sehingga kerap terdengar suara-suara berteriak minta tolong dari bawah sumur tersebut.

 

Tak heran kalau anyak yang mengaku melihat beragam penampakan di Lawang Sewu, seperti genderuwo, kuntilanak, perempuan Belanda, hingga tentara.

 

Baca wisata horor Semarang selanjutnya.

wisata horor semarang

Pasar Gaib di Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, situs sejarah yang berada di kawasan Gunung Ungaran ini memang terkenal angker dan menyimpan banyak cerita mistis.

 

Menurut cerita masyarakat setempat Gunung Ungaran tempat Candi Gedong Songo ini berdiri dahulu kala digunakan oleh Hanoman untuk menimbun Dasamuka dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta.

 

Singkat cerita, Dasamuka tertimbun hidup-hidup oleh gunung yang diangkat oleh Hanoman, yang kemudian disebut sebagai Gunung Ungaran.

 

Hingga kini, konon candi ini ditunggu oleh makhluk gaib yang berjuluk Mbah Murdo. Bahkan sebelum memasuki wilayah Candi Gedong Songo, sebaiknya turis harus meminta ijin terlebih dulu kepada Mbah Murdo.

 

Baca juga: Liburan Sekaligus Jelajahi Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

wisata horor semarang

Beberapa mahasiswa mengaku pernah yang pernah melakukan wisata ke Candi Gedong Songo mengaku mengalami kesurupan. Di bawah alam sadarnya merekatanpa sengaja masuk ke pasar gaib di sini.

 

Dari wisata horor Semarang tersebut, ada yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya? Menurut kamu, mana yang paling seram?

Kini, tak perlu khawatir soal kendaraan ketika hendak berlibur, kamu bisa melakukan penyewaan mobil melalui Movic agar perjalanan kamu nyaman, dan menyenangkan. Jadi, jangan lupa download Movic, ya!