Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Meluncur Tahun Ini?

By Arris Riehady - Januari 23, 2021

Era small SUV yang lebih kompak dan fleksibel sudah dimulai. Apa benar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan segera diluncurkan tahun ini?

Toyota Raize

Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Corporation telah resmi meluncurkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada 5 November 2019 lalu di negara asalnya, Jepang.

Yap, bisa dibilang, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan small SUV (Sport Utility Vehicle) atau juga bisa disebut SUV kompak.

Dalam release-nya, pihak Toyota tidak menampik jika Toyota Raize diproduksi oleh Daihatsu di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

DNGA mengedepankan kenyamanan berkendara dengan kendaraan yang ringan namun tetap rigid. Kenyamanan tersebut didapat berkat penggunaan suspensi belakang torsion beam.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Toyota Yaris Cross 2020, Ada Apa Saja?

Lantas, apakah kedua small SUV ini bakal diluncurkan di Indonesia pada tahun ini? Bila benar-benar hadir, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga jadi yang pertama di Indonesia dengan platform DNGA.

Namun, sebelum itu, lebih baik simak dulu yuk perbandingannya.

Daihatsu Rocky

Eksterior

Secara dimensi, sebagai small SUV, dimensi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky terbilang mirip, dengan panjang 3.995 milimeter, lebar 1.695 milimeter, tinggi 1.620 milimeter, wheelbase 2.525 milimeter, serta radius putar 5 meter.

Kemudian, pada bagian kaki-kaki keduanya juga menggunakan velg berukuran 17 inci, meski desainnya berbeda.

Baca juga: Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Meskipun mirip, desain keduanya tetap memiliki perbedaan. Toyota Raize menggunakan konsep Powerful! New and Active Style, sementara Daihatsu Rocky menggunakan konsep Active, Useful, and Compact.

Beralih ke sektor penerangan, lampu depan keduanya sudah menggunakan LED dengan lampu sein sequential yang biasa disematkan pada mobil-mobil mewah kekinian.

Lalu untuk warna jagoan, Toyota Raize hadir dengan warna Turquoise Blue Mica Metallic with a Black Mica Metallic roof.

Sementara itu, Daihatsu Rocky lebih banyak pilihannya, seperti Compagno Red, Shining White Pearl, dan Bright Silver Metallic.

Daihatsu Rocky

Interior

Masuk ke bagian interior, meski bodinya kompak, keduanya tetap mengakomodasi penumpang dengan nyaman dengan leg room yang luas serta kapasitas bagasi mencapai 369 liter.

Baca juga: Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Panel instrumen digital Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga saling berbagi dengan desain yang memberikan informasi berkendara lengkap dan jelas kepada pengemudi.

Setelah itu, di sektor audio, Toyota Raize menggunakan layar sentuh 9 inci yang dapat terhubung dengan smartphone menggunakan SmartDeviceLink dan Apple CarPlay.

Lalu pada Daihatsu Rocky, selain mendukung konektivitas tersebut juga terdapat Wi-Fi yang support Daihatsu Connect dan GPS.

Toyota Raize

Fitur keamanan

Karena berdiri di atas platform yang sama, fitur keamanan keduanya juga mirip. Toyota Raize dibekali fitur keamanan seperti Adaptive Cruise Control with All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function dan Crash Avoidance Braking Function, serta Start Prevention Function.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios

Lalu, pada Daihatsu Rocky ada Next-Generation Smart Assist, Blind Sport Monitor (BSM), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Tidak heran bila untuk keamanan, Daihatsu Rocky mendapat bintang lima dari JNCAP untuk hasil uji tabraknya.

Toyota Raize

Mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Berkaca dari produk yang ada di Jepang, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menggendong mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder segaris dengan turbo bertransmisi D-CVT. Tersedia dalam pilihan penggerak dua roda atau 2WD serta 4WD.

Mesin yang digunakan berkode 1KR-VET, dan jadi mesin pertama yang diaplikasikan pada mobil Toyota. Tenaga yang dihasilkan mencapai 97 daya kuda dengan torsi 140 Nm.

Baca juga: Update Lengkap Harga Daihatsu Ayla dan Perbedaannya

Mesin ini diklaim memiliki performa setara dengan mobil bermesin normally aspirated berkapasitas 1.500 cc, namun lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Tercatat, untuk 2WD konsumsi bahan bakar minyaknya mencapai 18,6 kilometer per liter, sementara 4WD mendapai 17,4 kilometer per liter.

Sebagai sinyal, PT Astra Daihatsu Motor sudah bisa memproduksi jeroan mesin ini berupa Crankshaft KR Turbo dan sudah diekspor ke Daihatsu Motor Corporation di Jepang. Luar biasa!

Daihatsu Rocky

Varian dan harga

Di Jepang, Toyota Raize tersedia dalam varian X, XS, G, dan Z. Masing-masing tersedia pilihan 2WD atau 4WD.

Baca juga: Lexus LF-30 Electrified Concept, Kendaraan Elektrik Masa Depan

Harga Toyota Raize 2WD

  • Varian X 1.679.000 yen.
  • Varian XS 1.745.000 yen.
  • Varian G 1.895.000 yen.
  • Varian Z 2.060.000 yen.

Harga Toyota Raize 4WD

  • Varian X 1.918.800 yen.
  • Varian XS 1.984.800 yen.
  • Varian G 2.133.700 yen.
  • Varian Z 2.282.200 yen.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP

Sedangkan varian Daihatsu Rocky di Jepang terdiri dari L, X, G, dan Premium yang mendapat single tone dan dual tone.

Harga Daihatsu Rocky 2WD

Varian L 1.705.000 yen.

Varian X 1.848.000 yen.

Varian G 2.002.000 yen.

Varian Premium 2.200.000 yen.

Harga Daihatsu Rocky 4WD

Varian L 1.944.800 yen.

Varian X 2.086.700 yen.

Varian G 2.224.400 yen.

Varian Premium 2.422.200 yen.

Artinya, harga Toyota Raize varian tertinggi hanya sekitar Rp 310 juta dan varian tertinggi Daihatsu Rocky harganya sekitar Rp 329 juta bila dikonversi ke rupiah dengan kurs saat artikel ini dibuat.

Baca juga: Hadirnya Daihatsu Taft Terbaru dan Perjalanan Panjangnya di Indonesia

Bagaimana menurut kamu, apakah tertarik untuk memilikinya bila kedua small SUV ini hadir di Indonesia?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!