Tips Memeriksa Mobil Bekas secara Menyeluruh

Memiliki mobil idaman merupakan impian sebagian orang. Bila niat beli mobil bekas, berikut tips memeriksa mobil bekas secara menyeluruh!

Memiliki mobil impian merupakan harapan banyak orang, tetapi impian tersebut tidak selalu mobil baru. Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun belum memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

 

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan agar tidak kecewa nantinya. Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, Anda harus ekstra teliti sebelum membelinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

 

Namun, selain harga yang lebih terjangkau, sebetulnya ada banyak lagi alasan mengapa sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Daripada bingung berujung buntung, berikut tips memeriksa mobil bekas secara menyeluruh.

Eksterior

Tips memeriksa mobil bekas secara menyeluruh yang pertama adalah eksterior. Tidak dapat dipungkiri, eksterior atau bodi mobil ini yang paling terlihat oleh mata.

 

Jangan terburu nafsu membeli jika melihat mobil bekas dengan bodi dan cat yang masih sangat mulus, coba diraba bagian luar mobil. Tanyakan pada penjualnya hasil cat ulang atau orisinal.

 

Cara terbaik memeriksa cat mobil bekas adalah di bawah sinar matahari. Di sini bisa terlihat cat mobil belang atau tidak, pernah dicat ulang atau tidak, serta melihat mulusnya permukaan bodi. Pengecekan sulit dilakukan jika mobil di dalam gedung dan hanya disinari lampu.

 

Periksa juga rangka mobil bekas tersebut. Rangka yang terdapat bekas las atau sambungan yang tidak rapih, mobil yang pernah terlibat kecelakaan terlihat juga dari garis bodinya yang tidak simetris atau warna cat yang tidak sama.

Interior

Langkah selanjutnya, tips memeriksa mobil bekas secara menyeluruh adalah memeriksa interior mobil bekas. Periksa seluruh bagian interior yang meliputi jok, door trim, plafon, dan dashboard.

 

Jika jok sudah dilapis, Anda jangan segan untuk membukanya sedikit untuk melihat kondisi jok asli. Pastikan tidak ada sobek dan noda yang tidak hilang.

 

Jangan lupa, pastikan semua bagian elektronik di bagian interior berfungsi dengan baik seperti power window, AC, audio head unit, sistem pelipatan spion otomatis jika ada, indikator pada instrumen panel, dan lain-lain.

 

Selain itu, jika Anda menemukan mobil bekas dengan jarak tempuh yang rendah, periksa juga bagian karpet dan pedal-pedalnya. Jika sudah aus atau diganti, bukan tidak mungkin sebenarnya mobil tersebut sering digunakan untuk bepergian.

 

Umumnya, area besi interior pada mobil tidak dilapis anti karat, karena itu cek juga di bagian bawah karpet dasar. Jika terlihat karat, maka ada indikasi mobil bekas tersebut pernah terendam banjir. Jika mobil bekas banjir terendam sebatas jok, cek baut-baut yang ada. Baut bekas kena banjir akan berkarat, atau diganti baru dengan pemiliknya.

Kondisi mesin

Tips memeriksa mobil bekas yang ini tidak bisa dianggap remeh. Bila ada kenalan orang bengkel atau yang mengerti mobil, sebaiknya Anda ajak untuk membantu.

 

Mulai dari membuka kap mesin, dari sini sudah kelihatan bagaimana kondisinya. Ada mobil yang ruang mesinnya dicat, ada juga yang tidak. Untuk yang dicat, apabila terlihat relatif baru dibandingkan dengan yang lain ada kemungkinan mesin pernah diturunkan.

 

Sebabnya bisa berbagai macam, seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil tersebut bekas kena banjir dan sebagainnya.

 

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengilap. Sebelum dijual, pemilik akan membawa mobilnya ke salon mobil untuk cuci, poles bodi, hingga pembersihan interior dan mesin.

 

Pastikan tidak ada kebocoran oli, cairan radiator, bahan bakar, hingga cairan-cairan pendukung mesin yang lain. Mobil yang terawat ialah mobil yang bebas dari kebocoran dan rembesan pada mesin ataupun selang-selang.

Test drive

Sebelum jalan, starter dulu dan hidupkan mesin mobil. Pastikan suaranya halus dan konstan saat mesin stasioner atau saat dihidupkan tanpa hentakan gas dan AC mati. Mesin mobil yang sehat atau terawat saat distarter dari keadaan dingin langsung konstan menyala dan tidak tersendat-sendat.

 

Saat mesin menyala, dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar. Contoh suara yang dapat dikategorikan tidak wajar seperti suara gesekan plat besi atau suara ketukan dari dalam mesin saat digas.

 

Pada saat test drive hal yang harus diperhatikan antara lain adalah performa mesin, kenyamanan perpindahan transmisi dan performa rem.

Kondisi kaki-kaki

Ini juga sering menjadi masalah ketika membeli mobil bekas. Kondisi jalan yang kurang baik dapat membuat umur kaki-kaki mobil Anda lebih pendek dari jadwal yang seharusnya. Biasanya, yang pertama kali mendapat masalah ada suspensi.

 

Kondisi suspensi yang kurang baik dapat mengganggu kenyamanan dan kelincahan mobil ketika berakselerasi. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan bagian-bagian shockbreaker, seperti karet sil, piston, bearing, dan bagian lainnya.

 

Baca: Jangan Sampai Menyesal, Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Sejak DiniĀ 

 

Suspensi yang pernah terendam banjir kinerjanya sudah tidak sempurna lagi, bisa saja mengeluarkan bunyi-bunyi atau bahkan keras. Cara mengeceknya mudah, goyang-goyangkan saja mobil.

Cocokkan dokumen

Kecocokan dokumen mobil juga merupakan hal yang sangat penting. Periksa semua dokumen seperti BPKP dan STNK.

 

Selain sesuai dengan nama asli pemiliknya, pastikan juga semuanya sesuai dengan yang ada pada mobil, yakni nomor mesin serta nomor rangka.

Pilihan Expert

Beli mobil bekas terkadang untung-untungan, kadang dapat yang bagus tanpa masalah, kadang dapat mobil bermasalah. Karena itu perlu memeriksa mobil bekas secara menyeluruh. Jangan sampai usai membeli mobil bekas, Anda malah mengeluarkan dana lebih untuk membereskan atau merapikannya agar nyaman saat dipakai.

 

Nah, daripada beli mobil bekas yang tidak pasti, coba cek Pilihan Expert dari Seva.id.

 

Mobil bekas di Pilihan Expert di Seva.id bukan sembarang mobil. Pengecekan oleh inspektor profesional dan berpengalaman sudah pasti lolos dan bisa dibilang, mobil tersebut layaknya mobil baru.

 

Pilihan Expert adalah fitur yang menawarkan mobil-mobil bekas dengan kualitas berkelas, karena mobil bekas yang tersedia akan diinspeksi terlebih dahulu oleh inspektor yang sudah berpengalaman.

 

Baca: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas PremiumĀ 

Inspektor akan memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi fisik, riwayat, keaslian surat-surat, bukti service rutin, dan kelengkapan mobil lainnya.

 

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

 

Intinya, seluruh mobil yang tersedia di Pilihan Expert sudah melewati proses inspeksi secara menyeluruh. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa unit mobil bekas yang akan dijual kembali memiliki kondisi yang prima, baik secara mesin, suspensi, eksterior, dan interior.

 

 

Jangan sampai menyesal, praktikan tips memeriksa mobil bekas secara menyeluruh dan jangan ragu untuk beli mobil bekas di Pilihan Expert dari Seva.id!