Tips Melewati Turunan Curam Menggunakan Mobil Matik

By Reka Harnis - Maret 15, 2021

Melewati turunan curam memang sebuah tantangan bagi sebagian pengemudi. Buat kamu pengguna mobil matik, ini dia tipsnya.

Saat melewati turunan curam, sebuah mobil perlu melakukan pengereman yang benar agar tidak menimbulkan resiko kecelakaan.

Sebab, berkendara melewati turunan curam memang merupakan sebuah tantangan bagi sebagian pengendara, khususnya pengendara mobil.

Meski tidak sedikit yang menganggap kalau melewati jalan menurun adalah hal yang mudah, namun nyatanya resiko yang ditimbulkan cenderung lebih besar dibandingkan saat melewati jalanan yang menanjak.

Terlebih jika mobil yang digunakan adalah mobil dengan transmisi otomatis atau matik. Sebab, mobil matik memiliki teknik khusus ketika melintasi turunan curam.

Lakukan engine brake

Selain menggunakan rem, pengendara membutuhkan engine brake untuk membantu mengurangi atau menjaga kecepatan di jalan menurun.

Hal tersebut ditujukan agar beban untuk deselerasi tidak semuanya ditanggung oleh rem.

Beberapa mobil matik biasanya telah dilengkapi fitur yang dapat memindahkan gigi lebih rendah secara otomatis ketika bodi menukik di jalan menurun atau saat deselerasi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Diesel Runaway? Yuk, Kenalan!

Namun, jika mobil kamu belum dilengkapi fitur tersebut, sebaiknya gunakan gigi rendah. Cara menggunakan engine brake adalah dengan memindahkan tuas dari D ke 2 atau L, dan sebaiknya dilakukan dalam kecepatan rendah agar tidak menimbulkan overspeed.

Jadi, bagi pengemudi yang biasa mengemudikan mobil bertransmisi manual, ketika beralih ke matik sebaiknya ketahui lebih dulu prosedur dari mobil bertransmisi matik.

Berita Terkait

Author