Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tiket Masuk Borobudur Naik, Ini Tempat Wisata Alternatif di Sekitarnya

Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk Borobudur. Selain candi tersebut, tempat wisata mana yang bisa dikunjungi?

tiket masuk borobudur

Beberapa hari ini kabar mengenai rencana kenaikan harga tiket masuk Borobudur membuat resah masyarakat. Rencana ini dilakukan untuk membatasi jumlah kunjungan dari Candi Borobudur. 

Dikutip dari Kompas.com, Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dengan adanya pembatasan jumlah pengunjung tersebut kemungkinan hanya akan ada 1.200 kunjungan ke Candi Borobudur per harinya. Hal ini dilakukan agar kelestarian Candi Borobudur tetap terjaga. 

Pengunjung lokal atau turis lokal nantinya diharuskan membayar tiket naik ke Candi Borobudur Rp 750.000. Sementara untuk wisatawan mancanegara, akan dikenakan 100 dolar Amerika Serikat atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1.443.000 (kurs Rp 14.400). 

Baca juga: DIY Cara Cek Kondisi Oli Mesin Mobil

Untuk pelajar harga tiket masuk yang diberikan juga berbeda, yaitu Rp 5.000. Sedangkan untuk wisatawan asal Jawa Tengah dan Yogyakarta dipertimbangkan mendapatkan harga khusus.

Selain Candi Borobudur, sebenarnya daerah Magelang, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi-destinasi wisata lainnya. Berikut ini adalah daftarnya.

svargabumi

SvargaBumi

Lokasi: Jl. Borobudur
HTM: Rp15.000-Rp30.000
Jam Buka: 08.00-17.00

Jika merasa tiket masuk Borobudur dirasa cukup mahal, bisa memilih tempat wisata lainnya yaitu SvargaBumi. Tempat wisata ini lokasinya berada di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Di lokasi ini wisatawan bisa berfoto-foto di persawahan dengan latar belakang pegunungan Menoreh maupun Candi Borobudur. Objek wisata ini memiliki lokasi di tengah sawah dengan 22 spot foto yang bisa di coba. 

punthuk setumbu

Punthuk Setumbu

Lokasi: Kurahan 
HTM: Rp 20.000 (wisatawan domestik) dan Rp 50.000 (wisatawan mancanegara)
Jam buka: 08.00-17.00

Punthuk Setumbu memiliki pemandangan eksotis yang membuat para wisatawan lokal dan mancanegara ingin menjejakkan kakinya di bukit ini. Banyak wisatawan yang datang demi berburu pemandangan matahari terbit di tempat ini. 

Di tempat ini, para pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang pegunungan Menoreh sambil menikmati keindahan matahari terbit. 

bukit rhema

Bukit Rhema 

Lokasi: Kurahan 
HTM: Rp 20.000
Jam buka: 08.00-17.00

Bukit Rhema ini lebih dikenal juga dengan Gereja Ayam, meskipun bentuknya justru lebih mirip dengan burung merpati daripada ayam. Tempat wisata ini menjadi populer setelah dijadikan tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Baca juga: 7 Cara Merawat Power Steering Mobil dan Jenisnya

Bangunan tersebut digagas pengusaha Daniel Alamsyah pada tahun 1990an. Buat yang ingin mengunjunginya, disarankan pada pagi hari karena pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah di tempat ini. 

candi pawon

Candi Pawon 

Lokasi: Bronjolan
HTM: Rp 10.000 (wisatawan domestik) dan Rp 20.000 (wisatawan mancanegara)
Jam buka:  09.00-17.30

Jika tiket masuk Borobudur jadi naik, kamu juga bisa mengunjungi Candi Pawon yang letaknya berdekatan. Untuk lebih tepatnya, lokasi wisata ini berada di Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Tersusun dari batuan vulkanik dengan perpaduan gaya bangunan Hindu Jawa kuno dan India, serta kemiripan corak ragam hias dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur, para ahli sepakat bahwa ketiga candi ini dibangun pada abad yang sama.

tiket masuk Borobudur

Candi Mendut

Lokasi: Sumberrejo
HTM: Rp 10.000
Jam buka: 07.00-19.00

Berjarak kurang lebih 4 kilometer dari Candi Borobudur, Candi Mendut bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya jika sedang berkunjung ke Magelang. Lokasi tepatnya berada di daerah Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. 

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Sama seperti Borobudur, Candi Mendut merupakan candi peninggalan agama Budha yang penuh dengan nilai sejarah dan peradaban. 

jadwal one way mudik

Biaya perjalanan ke Magelang menggunakan mobil

Hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Magelang menggunakan mobil pribadi adalah biaya tol dan bensin.

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Magelang, pemudik akan melewati beberapa ruas tol, yaitu Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Palimanan-Kanci, dan Tol Kanci-Pejagan. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Kemudian dilanjutkan ke Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Ungaran-Bawen, dan ambil arah ke luar ke Magelang. 

Berikut rincian tarif tol yang harus dikeluarkan untuk kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up, bus).

  • Tol Jakarta-Cikampek : Rp 20.000 
  • Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000 
  • Tol Palimanan-Kanci: Rp 12.500 
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000 
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 40.000 
  • Tol Batang-Semarang: Rp 86.000 
  • Tol Ungaran-Bawen: Rp 9.500 

Jika diakumulasi, biaya perjalanan tol dari Jakarta ke Magelang sekitar Rp 376.500. Dalam kondisi lancar, perjalanan Jakarta ke Magelang melalui tol diperkirakan memakan waktu kurang lebih 7 jam.

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Buat yang ingin mengunjungi Candi Borobudur menggunakan mobil, pastikan untuk membelinya di tempat yang tepat yaitu di SEVA. Di sana kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai harga dan spesifikasi mobil secara lengkap. 

Ada juga fitur simulasi kredit yang bisa disesuaikan dengan kemampuan bayar masing-masing. Kemudian ada juga fitur unggulan lainnya yaitu Instant Approval yang membuat pembelian mobil menjadi mudah dan nyaman. 

Jadi, tunggu apalagi yuk beli mobil hanya yang Jelas dari Awal di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.