Spesifikasi dan Fitur Toyota Yaris Cross 2020, Ada Apa Saja?

By Arris Riehady - September 2, 2020

Resmi meluncur di Jepang sebagai model kompak SUV terbaru, ini spesifikasi dan fitur Toyota All New Yaris Cross.

toyota yaris cross

Setelah meluncurkan Toyota Corolla Cross, pada 31 Agustus 2020, Toyota Motor Corporation kembali meluncurkan sport utility vehicle (SUV) model terbarunya, yakni Toyota All New Yaris Cross atau Toyota Yaris Cross.

Toyota Yaris Cross yang diluncurkan di Jepang ini sontak mendapat perhatian pecinta otomotif termasuk mobil hatchback.

Sebenarnya, konsep Toyota Yaris Cross sudah muncul pada Toyota Yaris Heykers di tahun 2016 dan berhenti diproduksi pada tahun 2018.

Lalu, Toyota Corolla Cross dijadwalkan akan diluncurkan bersamaan dalam ajang Geneva Moto Show 2020, namun karena pandemi corona di seluruh dunia, maka peluncurannya diundur dan diadakan secara virtual.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Lantas seperti apa keunggulannya? Berikut spesifikasi dan fitur Toyota All New Yaris yang diluncurkan di Jepang.

toyota yaris cross

Platform baru

Toyota Yaris Cross ini dibangun di atas basis Toyota Yaris terbaru yang rumornya akan segera di luncurkan pada 8 September 2020 nanti.

Tidak hanya itu, keduanya merupakan mobil kompak atau hatchback Toyota pertama yang akan mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA) platform GA-B.

Berkaca pada Toyota Corolla Cross, mobil yang sudah mengadopsi TNGA, tentu Toyota Yaris Cross akan lebih nyaman, mudah dikendarai, dan dibekali dengan fitur keamanan terkini.

toyota yaris cross

Kompak SUV

Sesuai dengan embel-embel cross, Toyota Yaris Cross akan mengambil desain kompak SUV.

Baca juga: Fitur dan Harga Toyota New Hilux, Si Tangguh yang Tetap Nyaman

Desain eksterior Toyota Yaris Cross benar-benar baru dan segar. Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan warna single tone dan dual tone dengan atap hitam, mirip seperti Toyota CH-R.

Di bagian lampu utama sudah menggunakan teknologi LED, foglamp LED, grille dan bumper depan agresif, serta lampu belakang yang memanjang secara horizontal.

Untuk menanamkan kesan SUV, tidak lupa sekeliling bodi bagian bawah dari depan, fender, side skirt, dan belakang dibalut dengan material plastik berwarna hitam doff. Material seperti ini diklaim lebih tahan terhadap gesekan dan lecet.

Di bagian kaki-kaki, untuk varian tertinggi ditopang oleh pelek berkelir dual tone kombinasi hitam dan silver dengan ukuran lingkar 18 inci.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!