Search Cars

Berita Utama Otomotif

Siapkan Perlengkapan Darurat, Antisipasi Keadaan Tak Terduga!

Mudik menggunakan mobil menjadi pilihan favorit banyak orang untuk pulang kampung halaman. Namun, selain mempersiapkan kondisi kendaraan, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan darurat.

Siapkan Perlengkapan darurat

Siapkan Perlengkapan – Perlengkapan ini berguna untuk mengantisipasi berbagai situasi tak terduga yang mungkin terjadi di jalan raya. Dengan memiliki perlengkapan darurat yang lengkap, kamu bisa menghadapi gangguan kecil pada mobil hingga keadaan darurat medis dengan lebih tenang.

Jenis Perlengkapan Darurat yang Wajib di bawa

Berikut ini beberapa jenis perlengkapan darurat yang wajib kamu bawa saat mudik menggunakan mobil

1. Siapkan Perlengkapan Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)

Pertama Kotak P3K adalah perlengkapan paling fundamental yang wajib ada di mobil. Isi kotak P3K sebaiknya lengkap dan di sesuaikan dengan kebutuhan, seperti

  • Obat-obatan umum paracetamol, obat di are, obat mabuk perjalanan, dan obat alergi
  • Peralatan medis plester berbagai ukuran, kasa steril, alkohol swab, termometer, dan gunting kecil
  • Peralatan perawatan luka perban elastis, kapas steril, dan cairan antiseptik

2. Siapkan Perlengkapan Dongkrak dan Kunci Roda

Kedua Ban kempes atau bocor di perjalanan tentu merepotkan. Untuk mengatasinya, kamu perlu menyiapkan dongkrak dan kunci roda yang sesuai dengan jenis mobilmu. Pastikan kamu mengetahui cara menggunakan keduanya dengan benar.

3. Ban Serep

Ban serep merupakan perlengkapan wajib yang tidak boleh di lupakan. Periksa kondisi ban serep secara berkala dan pastikan tekanan anginnya sesuai standar.

4. Segitiga Pengaman (Hazard)

Segitiga pengaman di gunakan sebagai tanda peringatan bagi pengendara lain ketika mobil kamu mengalami masalah di pinggir jalan. Letakkan segitiga pengaman minimal 30 meter di belakang mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

5. Kabel Jumper

Kemudian Kabel jumper berguna untuk menyalakan mobil yang mengalami masalah kelistrikan, seperti aki yang tewas. Pastikan kamu mengetahui cara menggunakan kabel jumper dengan aman.

6. Senter dan Lampu Emergency

Kemudian Senter membantumu melihat dengan jelas di malam hari atau ketika perlu melakukan perbaikan di tempat gelap. Lampu emergency dapat di gunakan sebagai tanda peringatan tambahan ketika mobil mengalami masalah di malam hari.

7. Toolkit Peralatan Serbaguna

Selanjutnya Toolkit berisi perkakas sederhana seperti obeng, tang, kunci inggris, dan sekumpulan mur dan baut. Toolkit ini dapat membantumu melakukan perbaikan ringan pada mobil seperti mengencangkan baut yang longgar.

8. Jas Hujan dan Sepatu Boot

Musim hujan dapat membuat perjalanan mudik terganggu. Siapkan jas hujan dan sepatu boot untuk melindungimu dari basah ketika harus keluar mobil di tengah hujan.

9. Air Mineral dan Makanan Ringan

Terjebak macet di jalan raya dapat membuat perut kamu keroncongan. Siapkan persediaan air mineral dan makanan ringan seperti biskuit atau roti untuk menjaga stamina selama perjalanan.

10. Powerbank dan Kabel Charger

Gadget seperti smartphone tentu menjadi penolong kamu selama perjalanan mudik. Bawa powerbank dan kabel charger untuk menjaga agar smartphone tetap berfungsi ketika baterainya habis.

Tips Tambahan Siapkan Perlengkapan

  • Simpan Perlengkapan Darurat di Tempat yang Mudah di akses Simpan semua perlengkapan darurat di tempat yang mudah di jangkau dari dalam mobil, seperti di bagasi atau di bawah jok mobil.
  • Sesuaikan Perlengkapan dengan Kebutuhan Kamu bisa menambah perlengkapan darurat sesuai dengan kebutuhan pribadi, misalnya obat-obatan khusus yang biasanya kamu konsumsi.
  • Cek Kondisi Perlengkapan Secara Berkala Lakukan pengecekan kondisi perlengkapan darurat secara berkala. Gantilah obat-obatan yang sudah kadaluarsa dan periksa kondisi peralatan lainnya.

Dengan menyiapkan perlengkapan darurat yang lengkap, kamu bisa menghadapi berbagai situasi tak terduga saat Mudik nanti, Selamat Mudik!

Siapkan Perlengkapan

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.