Search Cars

Tips & Rekomendasi

Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Mudik Bareng Komunitas

Mudik bareng komunitas harus memiliki persiapan yang matang agar hambatan-hambatan di jalan bisa diminimalisir.

Mudik bareng komunitas biasanya dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri mulai dekat. Anggota komunitas yang memiliki kampung sama atau berdekatan akan mengadakan mudik bareng agar memiliki teman di perjalanan.

 

Mudik bareng ini bukan hanya terbatas pada satu komunitas saja. Malahan, kadang beberapa anggota komunitas berkumpul untuk melakukan mudik bareng, asalkan satu tujuan. Ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk menambah teman dan relasi.

 

Tetapi, sebelum melakukan mudik bareng komunitas, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini supaya perjalanan Anda dan anggota mudik lainnya tetap nyaman dan aman.

 

Rencana perjalanan

Sebelum berangkat mudik bareng komunitas, ada baiknya untuk menyiapkan rencana perjalanan lebih dulu, agar kondisi di perjalanan dapat diprediksi. Biasanya, rencana perjalanan berisi tentang waktu berangkat, waktu tiba, mengisi bahan bakar, sampai dengan biaya yang dibutuhkan.

 

Adanya rencana perjalanan tersebut juga akan meminimalisir waktu keterlambatan, kecuali jika ada kendala yang berada di luar rencana, seperti keterlambatan jadwal kapal penyeberangan, ban bocor, overheat, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, adanya rencana perjalanan membuat Anda bisa memprediksi kapan sampai di kota selanjutnya, sampai ke tempat tujuan.

 

Tentukan titik pemberhentian

Jika rencana perjalanan sudah dibuat, ada baiknya tambahkan dengan tempat-tempat atau titik pemberhentian sebelum berangkat mudik bareng komunitas. Tentunya, Anda membutuhkan tempat untuk beristirahat sejenak setelah berjam-jam mengendarai mobil.

 

Usahakan titik pemberhentian tersebut berada di tempat yang ramai,nyaman, dan aman. Lalu, terdapat fasilitas-fasilitas yang menunjang Anda untuk buang air, membersihkan badan, dan sebagainya.

 

Anda bisa memilih titik pemberhentian di tempat-tempat seperti rest area SPBU, restoran, atau bila perlu di hotel apabila ingin beristirahat dengan maksimal. Titik pemberhentian ini juga berguna untuk menunggu anggota mudik bareng yang tertinggal di belakang.

 

Mengatur kecepatan

Saat jalanan dirasa kosong dan aman, Anda dapat menambah kecepatan sesuai dengan kebutuhan. Namun, kendalanya mungkin saat jalanan macet. Kadang, ada anggota mudik bareng tertinggal karena disalip oleh kendaraan lain.

 

Maka dari itu, mengatur kecepatan dan menentukan titik pemberhentian perannya sangat penting saat mudik bareng komunitas.

 

Komunikasi di jalan

Perjalanan jauh yang melibatkan banyak anggota membutuhkan alat komunikasi internal atau interkom (intercommunication device) yang dapat menghubungkan satu anggota dengan anggota lainnya.

 

Interkom merupakan sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi terbatas. Sekarang ini, sudah banyak interkom yang dijual di pasaran.

 

Anda juga dapat men-download berbagai aplikasi interkom untuk disematkan di smartphone Anda. Jadi, komunikasi Anda dengan anggota mudik bareng lain dapat terjaga dengan baik.

 

Membawa peralatan darurat

Terakhir adalah membawa peralatan darurat. Hal ini tidak kalah pentingnya dengan 4 poin di atas, karena resiko mengenai kerusakaan atau kecelakaan mobil bisa saja terjadi selama Anda masih dalam perjalanan mudik.

 

Untuk itu, jangan lupa membawa peralatan darurat saat mudik, seperti pompa angin portabel, peralatan tambal ban, air radiator, P3K, serta peralatan lainnya.

 

Apabila Anda tidak ingin resiko-resiko di atas terjadi saat mudik bareng, sebaiknya cek kendaraan Anda terlebih dahulu di bengkel resmi sebelum berangkat.

 

Sekarang, melakukan pengecekan di bengkel resmi sangat mudah. Anda tidak perlu menunggu lama untuk melakukan servis jika menggunakan fitur booking service yang ada di Seva.id.

 

Jadi, selalu terapkan safety driving saat mudik bareng komunitas dan jaga terus kekompakan dengan anggota lainnya ya. Selamat menikmati perjalanan mudik!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.