Selain Cerita Mistis, Ini Fakta Unik Lawang Sewu yang Menarik Diketahui

Tak banyak yang tahu kalau Lawang Sewu banyak menyimpan fakta unik. Hal ini menjadi daya tarik Lawang Sewu bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Semarang tak hanya dikenal dengan oleh-oleh khas bandeng presto atau pun kuliner ikoniknya saja. Semarang juga banyak dikenal sebagai tempat wisata sejarah yang banyak mencuri perhatian wisatawan, yaitu Lawang Sewu.

 

Lawang Sewu, sebagai salah satu ikon wisata di Kota Semarang, menampilkan pesona yang luar biasa, mulai dari cerita mistik yang ada di dalamnya hingga pesona arsitektur bangunan gaya Eropa yang begitu memesona. Namun, sebagian masyarakat lebih mengenal Lawang Sewu dengan latar belakang cerita mistis yang ada di dalamnya saja.

 

Padahal, Lawang Sewu banyak menyimpan fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Seperti sejarah di balik gedung Lawang Sewu, jumlah pintu, dan betapa multi fungsinya tempat wisata tersebut. Daripada penasaran, yuk, simak fakta unik Lawang Sewu yang sudah Sejalan siapkan untuk kamu.

Markas kereta api

Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, dulunya Lawang Sewu dijadikan sebagai markas perkeretaapian oleh kolonial Belanda. Hal itu dilakukan Belanda agar mereka dapat mengelola segala keperluan kereta api sekaligus menjadikan tempat tersebut sebagai gudang yang menyimpan arsip-arsip kereta api.

 

Sebagai bukti, Lawang Sewu masih menyimpan koleksi lokomotif peninggalan Belanda yang ditampilkan saat kamu pertama kali memasuki halaman gedung. Selain itu, sebagai langkah merawat kenangan masalah lalu, secara khusus Lawang Sewu juga menyiapkan ruangan yang dijadikan sebagai museum kereta api.

 

Di museum itu, kamu dapat melihat-lihat berbagai gambar dan tulisan tentang sejarah kereta api Indonesia.

Jumlah pintu di Lawang Sewu

Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa, yakni lawang dan sewu. Lawang berarti pintu, sedang sewu artinya seribu. Jika kita mengartikannya, Lawang Sewu bisa kamu artikan sebagai Gedung Pintu Seribu.

 

Akan tetapi, bila kita hitung jumlah pintu yang ada di bangunan Lawang Sewu tersebut, sebenarnya jumlah pintu yang ada di sana tidak sampai 1000, melainkan sebanyak 342 pintu.

 

Meskipun begitu, pintu yang ada di bangunan ini, dulunya digunakan untuk mempermudah komunikasi antar setiap ruang, sangatlah indah dan saat ini banyak dijadikan sebagai latar berfoto yang tentu sangat intagramable, lho.

Arsitektur bangunan

Tak bisa dimungkiri kalau bangun arsitektur Lawang Sewu menjadi salah satu faktor yang membuat wisatawan tertarik berwisata di tempat ini. Hal itu disebabkan oleh arsitektur gedung ala Eropa klasik yang masih terlihat indah.

 

Disebabkan oleh hal itu pula, banyak wisatawan yang memanfaatkan pesona Lawang Sewu untuk sekadar selfie atau mengabadikannya.

 

Banyak spot foto menarik

Selain berwisata menikmati nuansa sejarah yang ada di sana, sebagian pengunjung juga banyak memanfaatkan Lawang Sewu sebagai lokasi berfoto ria. Bahkan, ada pula yang sengaja datang untuk sekadar mengambil foto prewedding, lho.

 

Banyaknya spot foto ciamik yang bisa kamu manfaat untuk berfoto. Salah satunya di di teras utama gedung. Kamu bisa mengambil gedung secara utuh dari halaman utama sehingga Lawang Sewu terlihat begitu megah.

 

Kemudian, bila kamu berkunjung ke Lawang Sewu, jangan lupa untuk berfoto di kaca mozaik ataupun di lorong pintu 1.000 yang sangat Instagramable tersebut. Tentunya, foto khas yang di hasilkan dari tempat ini bisa menampilkan pemandangan dirimu yang dibaluti dengan siluet indah.

 

Banyak wisata kuliner di sekitar Lawang Sewu

Sudah bukan rahasia lagi kalau daerah di sekitar Lawang Sewu juga dipadati oleh wisata kuliner yang bisa menggoyang lidah. Ditambah lagi saat mengelilingi Lawang Sewu, pasti energimu sudah terkuras.

 

Nah, kamu bisa menepi sebentar, memanjakan diri, dengan mencicipi aneka makanan yang ada di sekitar Lawang Sewu Ada beberapa kuliner terkenal, seperti Es Teler 77, nasi gudeg komplit Mbak Sri, dan yang makanan ringan, markobar Semarang.

 

Itulah fakta menarik Lawang Sewu di atas, apakah kamu sudah siap untuk berlibur ke sana? Yuk, agendakan liburan kamu ke Lawang Sewu dengan pergi bareng Sejalan.