Sejarah Daihatsu Taruna Salah Satu Mobil Koleksi Puan Maharani

By Rismawati Idris - October 2, 2019

Daihatsu Taruna menjadi salah satu koleksi mobil Puan Maharani. Bagaimana sejarah mobil tersebut? Simak selengkapnya!

koleksi mobil puan maharani

Sejumlah 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 hasil Pemilu 2019 telah resmi dilantik pada 1 Oktober 2019 dalam sidang paripurna.

 

Pengambilan sumpah jabatan pun telah dilakukan. Dalam acara yang sama, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Puan Maharani ditetapkan sebagai Ketua DPR. Hal ini disepakati dalam rapat konsultasi di DPR.

 

Putri dari Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri ini juga mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR.

Koleksi Mobil Puan Maharani

Sebagai seorang pejabat negara, Puan Maharani wajib menyerahkan daftar harta kekayaan melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

 

Baca juga: Ragam Mobil Dinas Menteri dari Era Soekarno hingga Jokowi

 

Dari situ terlihat beberapa koleksi mobil Puan Maharani seperti Toyota Land Cruiser, Daihatsu Taruna, Volkswagen Beetle, dan sebuah mobil tua Volkswagen Karman Ghia buatan tahun 1961.

 

Selain itu, ada juga koleksi mobil Puan Maharani berupa beberapa mobil Eropa seperti Mercedes-Bens tahun 1969, Mercedes-Bens tahun 1976, Mercedes-Bens 280CE tahun 1982, serta tiga motor Harley-Davidson.

koleksi mobil puan maharani

Sejarah Daihatsu Taruna

Seperti diketahui, cucu Presiden Indonesia pertama Sukarno ini memang memiliki hobi mengoleksi mobil-mobil tua. Tapi yang menjadi sorotan dalam koleksi mobil Puan Maharani adalah Daihatsu Taruna.

 

Daihatsu Taruna merupakan cikal bakal hadirnya Daihatsu Terios di Indonesia. Mobil jenis small sport utility vehicle (SUV) pengganti Daihatsu Feroza tersebut diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun 1999.

 

Generasi pertama Daihatsu Taruna dikenal dengan C-Series, seperti tipe CL (standar), CX (menengah) dan CSX (paling mewah). Mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.600 cc.

 

Baca juga: 6 Mobil Era 90an yang Banyak Dicari Orang

F-Series

Setelah sukses menggaet pasaran otomotif nasional, Daihatsu Taruna mulai melebarkan sayap. PT Astra Daihatsu Motor memproduksi varian terbaru dari Daihatsu Taruna.

 

Pada tahun 2000, lahir Daihatsu Taruna F-Series, dengan kapasitas mesin. Dibanding C-Series, F-Series memiliki bodi yang lebih panjang sekitar 250 milimeter sehingga dapat menampung tujuh orang penumpang dan barang bawaan yang lebih banyak.

 

Untuk F-Series ini juga sudah ada fitur AC double blower dan tersedia dalam tipe FL (standar), FX (menengah), FGX (paling mewah)

 

Penyegaran kembali diberikan pada Daihatsu Taruna. Pada tahun 2002, baik C-Series dan F-Series kini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.500 cc dan sudah mengusung teknologi injeksi.

 

Baca juga: Sejarah “Mobil Penculik” yang Melegenda di Indonesia

Oxxy yang Segar

Generasi terakhirnya dikenal dengan nama Daihatsu Taruna Oxxy dengan desain yang lebih segar dan dikenalkan PT Astra Daihatsu Motor pada tahun 2005.

 

Oxxy sendiri berhubungan dengan oksigen yang artinya segar, yaitu penyegaran model Daihatsu Taruna dengan beberapa minor change berupa velg 16 inch, rear stop lamp, grill depan, bumper depan, bodykit samping, fog lamp, spoiler atas dan mesin 1.500 cc berkode 3SZ-VE.

 

Daihatsu Taruna Oxxy meliputi C-series (short wheel base 5+2 penumpang dengan jok paling belakang berhadapan) dan F-series (long wheel base 7 penumpang). SUV ini akhirnya berhanti diproduksi tahun 2006, setahun kemudian lahirlah generasi pertama Daihatsu Terios.

 

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Alasan Mobil Dinas Menteri Tidak Dijual Umum

 koleksi mobil puan maharani

Daihatsu Terios

Sesungguhnya, Daihatsu Terios adalah Daihatsu Taruna versi Jepang. Ya, jadi bila ditarik mundur, generasi pertama Daihatsu Terios di Jepang merupakan generasi pertama Daihatsu Taruna di Indonesia.

 

Nah, baru pada 2007, PT Astra Daihatsu Motor mengenalkan generasi pertama Daihatsu Terios di Indonesia. Generasi pertama ini sempat diberikan facelift di tahun 2013.

 

Bisa dibilang, Daihatsu Terios sukses mengaspal hingga hampir 12 tahun. Pasalnya mobil ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil dengan mesin bandel, ground clearence tinggi, dan dapat memuat tujuh orang penumpang.

 

Generasi kedua Daihatsu Terios dikenal dengan nama Daihatsu All New Terios. Bentuk eksteriornya terlihat sangat modern dan mewah. Hal tersebut terpancar dari grille besarnya yang diapit oleh lampu utama full LED. Bukan itu saja, kesan sporty juga terasa pada Terios dengan aksen hitam pada fender dan ground clearance-nya yang lebih tinggi dari mobil-mobil sekelasnya, yaitu 220 milimeter.

 

Baca juga: Fitur Daihatsu All New Terios yang Bikin Anda Betah Berkendara

koleksi mobil puan maharani

Daihatsu All New Terios menggendong mesin berkapasitas 1.496 cc DOHC Dual VVT-i dengan fuel injection yang disalurkan ke penggerak roda belakang. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 13,9 Kgm pada 4.200 rpm.

 

Mau coba mobil ini? Anda dapat memesan dan test drive Daihatsu All New Terios dengan segala keunggulannya di Seva.id.

 

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.