Search Cars

Review Otomotif

Review Toyota Corolla DX, Kenapa Layak Dijadikan Investasi?

padahal pendek kenapa ikut kepotong ya ? aneh ga sih ya kan

Toyota Corolla DX

Toyota Corolla merupakan salah satu mobil legendaris dari pabrikan otomotif Toyota asal Jepang yang sudah mengaspal sejak tahun 1974.

Bahkan pada tahun 1997, Toyota Corolla menjadi mobil sedan terlaris di dunia.

Di Indonesia, Toyota Corolla dikenalkan sejak generasi keempat pada era tahun 1980an.

Hingga sekarang Toyota Corolla sudah ada 12 generasi yang semakin sporty, fun to drive, serta safety melalui Toyota Safety Sense (TSS).

Pada generasi keempat dikenal dengan nama Toyota Corolla DX yang memiliki kode bodi KE70. Meski bisa dibilang sudah berumur, mobil ini masih banyak diburu hingga sekarang.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Tidak hanya untuk koleksi atau sekedar nostalgia, Toyota Corolla DX juga dijadikan investasi karena harganya yang stabil.

Eksistensi mobil ini didukung dengan adanya sejumlah komunitas yang menaungi pemiliknya.

Pada era kejayaannya, Toyota Corolla DX bukan hanya sekedar jadi sedan harian, tapi juga dijadikan mobil untuk berkompetisi, mulai dari balap, touring, atau rally.

Namun, apa yang membuat Toyota Corolla DX ini begitu istimewa dan layak dijadikan sebagai investasi? Jawabanya ada di sini.

Toyota Corolla DX

RWD terakhir

Toyota Corolla DX menjadi Corolla terakhir yang menggunakan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Baca juga: First Drive Toyota Corolla Cross Mesin Bensin, Nyaman Banget

Sebab, penerusnya pada generasi kelima atau dikenal dengan Toyota Corolla GL hingga Toyota Corolla Altis di generasi ke-12 sudah menggunakan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Toyota Corolla DX

Mesin Toyota Corolla DX

Selain mengandalkan RWD, Corolla DX Indonesia menggendong mesin berkapasitas 1.300 cc berkode 4K dengan 8 klep dengan noken-as tunggal alias SOHC.

Mesinnya menghasilkan tenaga 74 daya kuda dengan torsi maksimum mencapai 105 Nm, dengan suplai bahan bakar karburator. Maka dari itu, mesin DX sering dioprek untuk meningkatkan performanya.

Ditambah masih menggunakan RWD, membuat Corolla DX jadi mobil untuk berkompetisi, bahkan saat ini ada yang menjadikannya sebagai mobil drfiting.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur, Harga, dan Varian Toyota Corolla Cross

Apalagi, hingga sekarang suku cadang atau spare parts Toyota Corolla DX masih mudah didapat dan banyak subtitusinya. Harga spare part-nya pun dirasa cukup terjangkau.

Jadi, tidak heran bila banyak Toyota Corolla DX yang kondisi mesinnya masih “segar” dengan performa yang terjaga.

Di beberapa pasar otomotif dunia, mobil ini hadir dalam banyak varian kapasitas mesin mulai dari 1.300cc, 1.500cc, 1.600cc, 1.800cc dan 2.000cc, dengan transmisi manual atau otomatis, serta bahan bakar bensin dan diesel.

Toyota Corolla DX

Mudah direstorasi dan modifikasi

Seperti yang sudah disebutkan, spare parts Toyota Corolla DX ini masih banyak tersedia di pasaran, jadi tidak heran kalau mobil ini mudah untuk direstorasi.

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Tidak hanya itu, aksesoris Toyota Corolla DX juga marak ditemui di bursa otomotif hingga market place online.

Biasanya, untuk mobil klasik, restorasi banyak diminati, yaitu dengan mengubah seluruh spare part dan aksesoris yang terpasang OEM dan sesuai dengan masanya.

Selain itu, Toyota Corolla DX yang memiliki desain kotak khas ini banyak dimodifikasi dengan beragam aliran, mulai dari stance, racing, rally look, dan sebagainya.

Sama seperti spare part dan aksesoris, ketersediaan part after market Toyota Corolla DX untuk modifikasi masih banyak di pasaran.

Baca juga: Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi

Sayang, jenis yang masuk ke Indonesia hanya sedan empat pintu. Padahal, selain sedan ada banyak jenisnya, seperti coupe dua pintu, covertible, wagon, liftback, dan van.

Toyota Corolla DX

Harga Toyota Corolla DX

Bila mengunjungi bursa mobil bekas, harga Toyota Corolla DX bisa dibilang “abu-abu”, sesuai dengan kondisinya.

Dari pantauan, harga Toyota Corolla DX dimulai dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah, yang kondisinya mulus layaknya mobil baru.

Sebagai mobil klasik yang kini dijadikan hobi dan investasi, tentu range harga tersebut sangat wajar. Apalagi bagi yang punya kenangan indah bersama DX.

Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Toyota Land Cruiser

Sementara untuk harga belasan juta rupiah, bisa dibilang kamu akan mendapat mobil bahan yang harus direstorasi sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tentu restorasi juga akan memakan biaya dan waktu.

Pilihannya, kamu bisa beli jadi atau beli bahan lalu restorasi atau modifikasi. Bagaimana, kamu tertarik berinvestasi di otomotif dengan memiliki Toyota Corolla DX?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.