Perjalanan Menguji Tangguhnya Toyota All New Rush

01 August 2018


Toyota All New Rush resmi mengaspal di Indonesia sejak November 2017. Ini adalah generasi kedua yang akhirnya menggantikan model generasi pertama yang sukses selama 11 tahun.

 

Kami, Seva.id, yang beranggotakan dua videografer, penulis, fotografer, dan spesialis sosial media berkesempatan menguji ketangguhan Toyota All New Rush. Tidak tanggung-tanggung lokasi pengujiannya adalah rute Jakarta ke Pantai Bagedur yang berlokasi di Malingping, Banten sejauh 192 km.

 

Unit Toyota All New Rush yang kami dapat dari Auto2000 adalah varian TRD Sportivo, sebagai varian tertinggi dari Toyota All New Rush bertransmisi manual. Berikut rangkuman perjalanan sekaligus hasil pengujian kami.

Kenyamanan Interior dan Suspensi

Banyak hal yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Sebut saja, generasi terdahulu hanya mampu menampung lima orang penumpang, hanya varian TRD Sportivo yang dapat menampung tujuh orang penumpang.

 

Kini Toyota All New Rush memiliki dua varian, yaitu G dan TRD Sportivo. Masing-masing tersedia transmisi manual dan otomatis. Semua mobil yang duduk di kelas sport utility vehicle (SUV) ini pun benar-benar didesain untuk menampung kenyamanan tujuh orang penumpang.

 

Berangkat dari Jakarta, mobil ditumpangi oleh lima orang dengan jok baris ketiga dilipat dan dialihfungsikan menjadi ruang bagasi yang lebih lapang.

 

Tidak ada masalah untuk ruang penumpang, jok baris kedua yang diisi tiga penumpang pun tetap nyaman. Selain kemiringan sandaran yang bisa diatur, jok ini juga bisa dimaju-mundurkan, sehingga memberi ruang kaki yang lebih luas.

 

Sementara di jalan meliuk, Toyota All New Rush yang penuh beban ini pun “nurut” diajak bermanuver. Gejala limbung dan body roll-nya minim. Hal ini berkat perubahan pada sistem suspensi dengan stabilizer, serta dukungan fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang diadopsi oleh SUV ini.

 

“Suspensinya masih bisa ditolerir dan terbilang nyaman. Joknya juga empuk dan baris kedua ini masih nyaman diisi oleh tiga orang,”ujar Rico Ramadhan, Videografer Seva.id saat Toyota All New Rush melewati jalan yang bergelombang.

 

Kabinnya memang tidak terlalu kedap, raungan mesin tetap terdengar, untungnya dapat direduksi dengan sistem hiburan. Terdapat head unit layar sentuh berdimensi tujuh inci yang dapat terhubung dengan ponsel, USB, Bluetooth, dan AUX. Pengaturannya pun dapat dilakukan pengemudi melalui audio steering switch. Total ada enam buah speaker dan dua tweeter untuk menyalurkan suara yang dihasilkannya.


Sporty SUV

Di bagian eksterior, Toyota All New Rush adalah perpaduan dari karakter mobil sporty dan SUV.

 

Dilihat dari bagian samping, kesan khas SUV jelas terpancar di mobil ini. Mulai dari penggunaan roof rail, garis bodinya yang tegas dari depan hingga buritan, dan ada juga identitas TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi yang dibekali velg 17 inci dual tone, serta ground clearance yang tingginya mencapai 220 mm dalam keadaan kosong.

 

Sementara di bagian depan mobil ini nampak sporty, bentuk lampu utamanya menyipit dan sudah LED disertai dengan LED daytime running lamp (DRL), grill berwarna hitam dibuat seolah menyatu dengan lampu utama, bumper bawah dengan lampu kabut, serta underguard dengan logo TRD yang membuatnya nampak kokoh.

 

Di bagian belakang bentuknya lebih membulat, sehingga nampak elegan. Lampu remnya juga sudah LED. Bagian ini juga dihiasi dengan shark fin antenna yang jelas lebih aerodinamis serta rear roof spoiler. Kaca belakang, selain sudah ada wiper, juga dilengkapi dengan defogger sehingga sehingga embun bisa cepat hilang.

 

“Toyota All New Rush ini eksteriornya memang khas SUV yang sporty. Ibaratnya “baby” Toyota Fortuner. Walau berkapasitas tujuh orang penumpang, jelas, mobil ini bukan sekedar MPV yang ditinggikan lalu dipasangi aksesoris agar terlihat seperti SUV,” kata Faringga Ekaputra, Fotografer Seva.id.

 

Tenaga Tidak Diragukan

Ada alasan mengapa kami menguji Toyota All New Rush melalui rute Jakarta ke Pantai Bagedur. Selain kenyamanan interior dan suspensinya, kami ingin menguji performa mesin baru yang dibenamkan dalam mobil ini.

 

Toyota All New Rush menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE. Mesin ini berkapasitas 1.496 cc empat silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaganya disalurkan ke dua roda belakang.

 

Selain meliuk, perjalanan menuju Pantai Bagedur pun turut diwarnai oleh medan yang menanjak dan menurun curam. Untuk melibas tanjakan, tidak ada kendala berarti bagi Toyota All New Rush. Tidak ada gejala kehilangan tenaga, meski mobil terisi oleh lima penumpang dan bagasi yang penuh barang bawaan. Fitur Hill-Start Assist (HSA) juga memudahkan kendali kendaraan di tanjakan.

 

Secara performa dan tenaga, mesin masih mampu untuk meladeni cobaan di rute yang kami lalui tersebut.

 

“Mesinnya responsif. Handling dan koplingnya juga enteng. Tidak hanya cocok untuk road trip dan perjalanan jauh, Toyota All New Rush tidak ada masalah jika digunakan sehari-hari di perkotaan yang cenderung macet,” kata Fikri Ramadhan, spesialis sosial media Seva.id.

 

Konsumsi bahan bakar juga terbilang efisien. Dari layar multi information display tertera angka 12 kilometer per liter rata-rata selama perjalanan.

 

Keselamatan Bintang Lima

Untuk fitur keselamatan, ada indikator sabuk pengaman tiga titik untuk tujuh penumpangnya. Jadi pengemudi dapat memperingati jika ada penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Khusus pengemudi dan penumpang depan, jika mobil berjalan dan keduanya tidak menggunakan sabuk pengaman ada peringatan berupa bunyi yang semakin lama semakin keras.

 

Sedangkan di jok baris kedua tersedia fitur ISOFIX buat mengaitkan kursi balita. Ada juga enam buah airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan.

 

Dengan semua fitur keselamatan tersebut, Toyota All New Rush mendapatkan mendapatkan rating 5 bintang atas uji tabrak dari New Car Assessment Programme for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP).

 

Selain fitur keamanan, Toyota All New Rush juga memiliki teknologi canggih lainnya seperti kamera parkir, power outlet di tiap baris, tombol start/stop engine, hingga Smart Entry yang akan mempermudah dalam membuka atau mengunci pintu mobil dengan sensor sentuhan tangan.

 

Ya, menurut kami, Toyota All New Rush tergolong SUV yang tangguh.

 

Tak hanya nyaman dan aman digunakan untuk bepergian jauh, berkat performa mesin dan efisiensi bahan bakarnya, mobil ini juga cocok jadi teman komuter sehari-hari di dalam kota.

 

Untuk harga dan spesifikasi teknis Toyota All New Rush, Anda bisa langsung kunjungi Seva.id. Segera miliki dan uji sendiri ketangguhan Toyota All New Rush!

 

 

 

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE