Perawatan Mobil di Rumah yang Simple dan Bisa Dilakukan Sendiri

By Arris Riehady - March 30, 2020

Jangan sekedar dipanaskan mesinnya, ini perawatan mobil yang bisa kamu lakukan saat #dirumahaja.

punya rumah sebelum usia 30 tahun

Untuk kamu yang #dirumahaja, selain dapat menikmati quality time bersama keluarga dan work from home (WHF), ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan agar tidak bosan lho.

 

Kamu yang punya hobi, bisa menyalurkan aktifitas tersebut di sela-sela kegiatan saat di rumah saja.

 

Sementara, untuk yang punya kendaraan, baik roda dua atau khususnya roda empat, dapat melakukan perawatan mobil di rumah dan tentunya bisa kamu lakukan sendiri.

 

Salah satunya adalah memanaskan mesin mobil. Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu bentuk perawatan dasar agar mesin tetap berfungsi dengan normal dan tidak memiliki kendala yang mungkin terjadi saat berkendara.

 

Baca juga: Posisi Transmisi Harus di N Saat Memanaskan Mobil Matik, Mitos atau Fakta?

 

Tidak perlu lama dan tiap hari, kamu bisa panaskan mesin mobil minimal seminggu dua kali dengan durasi ideal 30 detik sampai 1 menit.

 

Memanaskan mesin mobil sebenarnya memang tidak perlu dilakukan lagi saat ini, karena spesifikasi mesin mobil sekarang sudah berbeda dengan sebelumnya.

 

Namun, tidak ada salahnya bila dilakukan agar mesin tetap bekerja walau mobil jarang digunakan. Selain itu, ada juga beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan selain memanaskan mesin, di antaranya adalah sebagai berikut.

Periksa aki

Perawatan mobil di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri pertama adalah memeriksa aki mobil.

 

Aki merupakan salah satu sistem kelistrikan pada kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik dan mengalirkannya ke sistem-sistem yang membutuhkan.

 

Untuk meminimalisir gangguan pada sistem kelistrikan mobil ini, ada baiknya kamu memeriksa aki secara rutin.

 

Caranya cukup mudah, pada aki basah terdapat batas upper dan lower sebagai informasi jika aki mobil kekurangan cairan atau tidak. Jika air aki di bawah kondisi normal, segera lakukan penambahan air aki untuk menjaga performanya.

 

Baca juga: DIY, 5 Langkah Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

 

Sedangkan pada aki kering, batas upper dan lower tidak lagi dibutuhkan karena air aki berbentuk gel dan sudah diisi langsung oleh pabrikan. Lalu, rata-rata aki kering menggunakan separator berbentuk kapas untuk mengantisipasi kebocoran.

 

Jadi, tidak perlu dilakukan penambahan cairan pada aki kering, cukup dipakai sampai batas waktu yang ditentukan lalu lakukan penggantian.

 

Jika butuh diganti, kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli aki baru. Kamu bisa membeli suku cadang mobil di Seva.id.

 

Beli Suku Cadang

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!