Search Cars

Berita Utama Otomotif

Pemberlakukan Rekayasa Lalu Lintas Jaksel, Wajib Diperhatikan Agar Tak Terjebak Macet

Rekayasa Lalu lintas Jaksel tengah dilakukan oleh pihak terkait adanya pekerjaan perbaikan jembatan. Ada dimana lokasinya?

rekayasa lalu lintas jaksel

Rekayasa lalu lintas Jaksel akan mulai diterapkan tepatnya di Jalan H. Montong, RW 02, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa. Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) menjelaskan ini dilakukan karena adanya perbaikan jembatan antar kampung di sekitar lokasi. 

Penutupan Jalan H. Montong Ciganjur sendiri sudah dilakukan sejak Selasa, 9 Mei 2023. Rencananya penutupan di jalan tersebut akan dilakukan hingga tanggal 13 Juli 2023 mendatang. 

Dikarenakan adanya beberapa jalan yang ditutup, akan dialihkan ke sejumlah jalan alternatif. 

Baca juga: Merokok Dalam Mobil, Apa Saja Efek Merugikan yang Akan Ditimbulkan?

“Kecuali untuk warga setempat masih bisa melintas ke kawasan tersebut,” ucap Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Bernad Octavianus Pasaribu, dikutip dari Kompas.com. 

Alternatif rekayasa lalu lintas Jaksel

denda pelanggaran lalu lintas

Dengan adanya rekayasa lalu lintas jaksel ini, disiapkan beberapa jalan alternatif agar masyarakat terhindar dari kemacetan. Jalan alternatif pertama bagi kendaraan dari selatan menuju utara melalui Jalan Mohamad Kahfi 1 – Jalan Kemenyan, lalu belok kiri ke Jalan Anda dan Jalan H Montong serta Jalan Sadar. 

Baca juga: Ciri Bengkel Mobil Terbaik, Apa Saja yang Diperhatikan?

Alternatif kedua, kendaraan dari Jalan Mohamad Kahfi 1 menuju ke Jalan Kemenyan – Jalan Sadar Raya. Alternatif ketiga, kendaraan dari arah utara ke selatan adalah melalui Jalan Sadar Raya – Jalan Kemenyan – Jalan Mohamad Kahfi 1.

Kemudian kendaraan dari Jalan Sadar Raya menuju Jalan H. Montong belok kiri menuju ke Jalan Anda – Jalan Kemenyan dan Jalan Mohamad Kahfi 1. Diimbau agar masyarakat menghindari ruas jalan tersebut. 

Manfaat diterapkannya rekayasa lalu lintas

jalan nasional

Diberlakukannya rekayasa lalu lintas, sudah jelas mempunyai tujuan dan manfaat bagi pengguna jalan. Apa saja itu?

1. Meningkatkan keamanan pengguna jalan

Rekayasa lalu lintas selain membuat kondisi lalu lintas menjadi lancar juga dapat meningkatkan keamanan pengguna jalan. Seperti diketahui, jumlah pemilik kendaraan di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. 

Baca juga: Ciri Bengkel Mobil Terbaik, Apa Saja yang Diperhatikan?

Kondisi ini dapat membuat kondisi jalan raya menjadi penuh, terutama ketika musim mudik lebaran dan tahun baru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terkadang pihak kepolisian memberlakukan sistem one way.

2. Mengatasi kemacetan

arion jalan macet

Rekayasa lalu lintas biasanya diberlakukan untuk mengatasi kemacetan yang serius. Misalnya saja pemberlakuan sistem one way pada momen mudik lebaran, atau libur Natal dan Tahun Baru. 

3. Mengurangi polusi udara

Polusi udara pada wilayah tertentu juga dapat berkurang dengan adanya rekayasa lalu lintas. Kondisi ini merupakan dampak positif dari diberlakukannya sistem ganjil genap.

Jenis-jenis rekayasa lalu lintas

Di Indonesia sendiri, rekayasa lalu lintas dibagi menjadi beberapa jenis. Bagaimana penjelasan lengkapnya?

1. Ganjil genap

Ganjil Genap

Sistem ganjil genap mungkin sudah tidak asing di telinga karena sering diberlakukan. Sistem ini biasanya diberlakukan di Jakarta, agar kemacetan bisa berkurang. Program ini juga diberlakukan di beberapa wilayah di luar Jakarta ketika musim pandemi covid-19 kemarin.

2. Lawan arus atau contra flow

Sistem contra flow diberlakukan untuk mengurangi kemacetan pada ruas jalan tertentu. Caranya adalah dengan mengubah arus lalu lintas menjadi berlawanan, bukan menutup salah satu arus jalan. 

3. One way

One way adalah sistem yang diberlakukan dengan mengubah jalur dua arah menjadi jalur satu arah. Sistem ini dibuat agar kapasitas jalan meningkat sehingga dapat mengurangi kemacetan. 

Jadi, bagi para pengguna jalan sebaiknya perhatikan aturan mengenai rekayasa lalu lintas ya. Dengan begitu perjalanan pun akan tetap nyaman pastinya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.