Modifikasi Audio, Apa Bedanya Speaker dan Tweeter?

By Arris Riehady - September 18, 2020

Berencana upgrade audio mobil biar suaranya makin nendang? Yuk, ketahui dulu bedanya speaker dan tweeter.

Tidak hanya eksterior, dan performa, sektor hiburan menjadi bagian yang tidak luput dari sentuhan modifikasi.

Modifikasi sektor hiburan biasanya tidak lepas dari upgrade audio mobil, agar suaranya makin sendang dan perjalanan makin seru berkat pengalaman mendengarkan musik lebih maksimal.

Nah, modifikasi audio berkutat seputar mengganti audio head unit, speaker, menambahkan tweeter dan subwoofer. Tidak ketinggalan power audio mobil atau amplifier.

Untungnya, mobil masa kini sudah dibekali dengan audio head unit yang mumpuni. Bahkan, beberapa di antaranya sudah terhubung dengan sistem komputer di mobil dan menjadi “otak” utama fitur-fitur elektronik.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Power Audio Mobil yang Bagus?

Lantas apa bedanya speaker dan tweeter? Kenapa keduanya diperlukan dan apa hubungannya dengan subwoofer? Sebelum melakukan modifikasi audio, yuk simak ulasan ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

aliran modifikasi audio

Speaker

Secara umum, mobil dibekali dengan empat buah speaker, dua di depan dan dua di belakang. Sementara untuk mobil dengan tiga baris seperti SUV dan MPV dibekali enam buah speaker.

Ada beberapa jenis speaker untuk meng-upgrade keluaran suara yang dihasilkan audio head unit, seperti coaxial, dual cone, dan split.

Speaker coaxial merupakan gabungan suara dari tweeter, midrange, dan woofer. Penggunaannya dinilai lebih praktis karena mudah dipasang serta kualitas suaranya mencukupi meski tidak menggunakan audio power.

Baca juga: Aliran Modifikasi Audio Mobil yang Nendang di Kuping

Lalu, ada speaker dual cone yang biasa menjadi standar pada mobil yang baru keluar dari pabrik. Namun, sebagian modifikator menambahkannya dengan tweeter, subwoofer, dan audio power agar suara yang dihasilkan lebih maksimal.

Kemudian split, yaitu penggunaan speaker secara terpisah antara tweeter, midrange, dan woofer. Tweeter biasa diletakkan di pilar A, midrange di pintu atau belakang, dan woofer di kolong jok atau belakang.

Penggunaannya biasa digabungkan dengan audio power agar suara yang dihasilkan speaker lebih jernih dan nendang.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!