Search Cars

Tips & Rekomendasi

Merubah Transmisi Mobil Manual ke Matik, Berapa Biayanya?

Merubah transmisi mobil manual ke matik? Bisa banget. Tapi, berapa biayanya? Simak ulasannya di sini.

merubah transmisi mobil manual ke matik

Modifikasi mobil bukan cuma bisa dilakukan pada bodi, interior dan komponen-komponen lain, namun juga bisa dilakukan pada konfigurasi sistem transmisi, yaitu merubah transmisi mobil manual ke matik (otomatis).

Modifikasi jenis ini cocok banget buat kamu yang sudah terlanjur membeli mobil dengan transmisi manual, tetapi seiring berjalannya waktu kamu butuh mobil dengan transmisi matik.

Terlebih jika kamu sering berkendara melewati jalanan yang padat, tentunya mobil dengan transmisi matik akan jauh lebih praktis ketimbang mobil dengan transmisi manual.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Power Audio Mobil yang Bagus?

Merubah transmisi mobil manual ke matik tidak mudah dilakukan, maka dari itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, harus dipastikan bahwa mesin bawaan mengusung teknologi yang sesuai dengan transmisi baru.

Hal ini karena teknologi transmisi terbaru menuntut kendaraan yang lebih advance, yang bisa jadi belum ada di mobil manual.

Kemudian, bila syarat di atas sudah terpenuhi, pastikan tenaga dan torsi mesin sesuai dengan spesifikasi transmisi yang akan digunakan. Setelah itu, gearbox otomatis harus mendapatkan ruang yang pas di dalam sistem penggerak mobil.

Baca juga: Modifikasi Kijang Kapsul Nyeleneh Ala Anak Muda

Terakhir, pastikan pula penggunaan di tuas penggantian transmisi dapat digunakan dengan baik oleh pengemudi.

Lalu, berapa biaya merubah transmisi mobil manual ke matik?

Biaya merubah transmisi mobil manual ke matik

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk merubah transmisi mobil manual ke matik adalah sekitar Rp 10 juta hingga Rp 17 juta, tergantung dari kondisi mobil transmisi yang dipakai. Bahkan bisa lebih, bila ada parts khusus yang dibutuhkan.

Kemudian, lama pengerjaannya bisa memakan waktu satu sampai dua minggu, disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan load pekerjaan bengkel. 

Ada berbagai faktor yang membuat modifikasi transmisi dipatok dengan harga relatif tinggi, seperti gearbox, gear shift, pedal set, sistem elektrikal, ubahan instrument cluster, crankcase, engine mounting, body control module, biaya pengerjaan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Rekomendasi Modifikasi MPV yang Cocok untuk Dipakai Harian

Komponen-komponen di atas masih bisa dibilang sedikit dari rangkaian mekanikal rombakan sistem transmisi. Belum lagi perhitungan tingkat presisi dan potensi malfungsi akibat penggunaan partsp yang tidak sesuai.

Meski biaya yang harus dikeluarkan relatif tinggi, melakukan modifikasi transmisi dianggap relatif lebih hemat dari pada membeli mobil baru.

Baca juga: Aliran Modifikasi Mobil Sedan yang Cocok Buat Anak Muda

Meskipun begitu, melakukan modifikasi transmisi berpotensi membuat performa menjadi kurang responsif. Misalnya, sebelumnya manual 5-percepatan menjadi 4-percepatan (AT).

Biaya perawatan mobil bertransmisi otomatis

Selain itu, biaya perawatan setelah merubah transmisi mobil manual ke matik akan sedikit lebih tinggi. Pasalnya, jika mobil manual butuh sekitar 3 liter oli transmisi, maka matik butuh 8 sampai 10 liter pelumas untuk kuras oli transmisi. 

Penggantian oli transmisi merupakan hal penting yang harus dilakukan, karena kopling mobil berpotensi selip saat perpindahan gigi pada rasio mesin tertentu bila jarang mengganti oli transmisi.

Selain itu, tidak semua jenis mobil bisa melakukan ubahan ini. Sebab, ada juga mobil matik tertentu yang transmisinya bekerja sama dengan modul Anti Lock Braking System (ABS).

Apabil sistem ABS-nya tidak support, otomatis tidak direkomendasikan untuk melakukan modifikasi transmisi.

Baca juga: Aki Mobil yang Bagus, Bagaimana Cara Memilihnya?

Pada dasarnya, setiap modifikasi ada kelebihan dan kekurangannya, tidak terkecuali pada modifikasi transmisi.

Hal ini karena ubahan yang dilakukan tidak dipasang sesuai seperti mobil matik asli pabrikan, sehingga kemungkinan hasilnya juga tidak begitu maksimal.

BIla kamu punya dana yang lebih, akan lebih baik ganti keseluruhan mobil. Misalnya, jual mobil lama ke bursa mobil bekas, kemudian uang hasil penjualan dialokasikan untuk uang muka atau seluruhnya untuk membeli mobil bertransmisi matik.

Solusi lainnya, kamu bisa membeli mobil bekas bertransmisi matik, jadi tidak perlu pusing dan ribet merubah transmisi mobil manual ke matik.

Beli saja mobil bekas di Pilihan Expert dari Seva.id. Mobil bekas dijamin berkualitas layaknya mobil baru.

Beli mobil bekas, ingat Pilihan Expert Seva.id ya.

Pilihan Expert

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.