Mengenal Jenis-jenis Sistem Penggerak Mobil

By Ferdi Julias - Februari 4, 2019

Sistem penggerak mobil merupakan komponen penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

Selain itu, sistem penggerak juga akan menentukan performa serta kebutuhan tenaga sebuah mobil, mulai dari kestabilan, daya jelajah, sampai efisiensi bahan bakar.

Untuk mencapai performa di atas, tentunya perlu ada perbedaan sistem penggerak antara satu mobil dengan mobil lainnya, mengingat setiap jenis mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Ada 4 jenis sistem penggerak yang sering dipakai oleh pabrikan, yaitu FWD, RWD, 4WD, dan AWD. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak di bawah ini.

Front Wheel Drive (FWD)

mudik dengan mobil kecilMobil berpenggerak roda depan atau FWD biasanya memiliki konstruksi perangkat yang lebih rumit. Namun, ruang kabin tidak akan terganggu oleh gardan yang terbentang di bawah lantai untuk menggerakkan roda belakang.

Rata-rata, mobil compact seperti sedan atau city car menggunakan sistem penggerak ini. Salah satu tujuannya adalah untuk memperluas ruang kabin sehingga lebih nyaman.

Selain itu, FWD juga diadopsi oleh mobil-mobil ramah lingkungan dan MPV. Selain memperluas ruang kabin, mobil berpenggerak roda depan diklaim lebih irit bahan bakar karena tenaganya terpusat di bagian depan mobil.

Lalu, transmisi yang bertugas sebagai sistem penggerak, akan langsung menyalurkan tenaga dari mesin ke kedua poros roda yang berada di depan.

Berita Terkait

Author