Kuliner Malam Semarang yang Bikin Tidur Nyenyak

Tidak hanya saat pagi atau siang hari, kamu juga bisa menjelajahi kuliner malam Semarang yang legendaris. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya!

kuliner malam semarang

Kota Semarang, salah satu kota bisnis yang menjadi kota terbesar kelima di Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang khas. Tidak hanya saat pagi atau siang hari, kamu juga bisa menjelajahi kuliner malam Semarang yang legendaris.

 

Jika Semarang selama ini dikenal karena lumpia, sebenarnya ada begitu banyak kuliner khas Semarang lainnya yang bisa kamu coba. Penasaran kuliner malam Semarang apa saja yang patut dijajal? Simak dulu ulasan berikut!

 

Baca juga: Kuliner Malam yang Hangat Dijamin Enak di Cibadak Culinary Night

https://www.instagram.com/p/BKgYI9JBbPW/

Nasi Ayam Bu Sami

Kuliner malam Semarang pertama, Nasi Ayam Bu Sami yang berada di salah satu sudut pojok Matahari Mall Simpang Lima ini telah ada sejak tahun 1975. Warung nasi sederhana ini buka pada pukul 23:00 WIB dan tutup pada jam 06:00 WIB.

 

Seperti nasi ayam khas Semarang lainnya, Nasi Ayam Bu Sami menyajikan nasi putih dengan beberapa menu khas di antaranya ayam suwir, krecek, pindang telur, opor ayam, sayur labu dan beberapa bahan tambahan seperti tahu dan tempe.

 

Selain rasanya yang nikmat, pelayanan ramah juga membuat kamu akan merasa betah berlama-lama nongkrong di tempat ini.

 

Baca juga: Bakal Menyesal jika Tidak Mencoba Kuliner Khas Makassar Ini

kuliner malam semarang

Soto Bangkong 

Soto Bangkong merupakan salah satu ikon kuliner Kota Semarang yang buka saat malam hari.

 

Warung soto legendaris ini berada di Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Jalan Brigjen Katamso, tepat di samping Kantor Pos Bangkong. Kamu bisa berkunjung dan menikmati soto mulai dari pukul 07:00 WIB hingga 22:00 WIB, setiap harinya.

 

Meskipun telah lama berdiri, warung soto ini dapat bertahan di tengah banyaknya warung soto lain. Salah satu keunikan dari Soto Bangkokng adalah dari warna kuahnya yang bening dan kecoklatan. Hal itu tak lain karena kecap yang digunakan adalah kecap hasil olahan sendiri.

 

Di tempat ini kamu juga bisa menikmati soto dengan berbagai lauk seperti sate kerang, sate puyuh maupun perkedel. Ada juga hidangan lainnya, seperti garang asem dan ayam goreng rempah yang tak kalah nikmat.

 

Baca juga: Coba Deh Kuliner Solo Langganan Joko Widodo

https://www.instagram.com/p/Bi17jvWBa7b/

Angkringan Blendoek

Tak kalah dengan angkringan di Yogyakarta, Semarang juga punya angkringan yang terkenal kelezatannya, yaitu Angkringan Blendoek.

 

Angkringan ini dahulu berlokasi di kawasan Gereja Blendoek, yang akhirnya menjadi cikal bakal dari nama tempat ini. Namun, kini Angkringan ini telah berpindah lokasi ke Jalan Gajahmada.

 

Meskipun bertema angkringan tempat ini selalu ramai dikunjungi anak muda.

 

Kamu dapat menikmati berbagai sajian menu makanan dan minuman di lantai dasar ataupun di lantai dua. Menu makanan angkringan ini bervariasi, harganya pun relatif murah dan yang terpenting rasanya juga terkenal lezat.

 

Menu yang ditawarkan pun pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Angkringan lainnya. Beberapa menu yang dapat kamu jumpai disini seperti nasi teri, nasi kucing, aneka gorengan dan beberapa lauk lainnya.

 

Baca juga: Kuliner Jaminan Enak yang Ada di Medan

kuliner malam semarang

Nasi Goreng Babat Hengky

Bagi kamu pecinta nasi goreng harus coba mampir di Nasi Goreng Babat Hengky. Nasi goreng babat “gaek” legendaris ini sudah ada sejak 1998. Berlokasi di Puri Anjasmoro Blok K, nasi goreng babat ini buka setiap hari mulai pukul 17:00 WIB hingga 23:00 WIB.

 

Sedikit berbeda dari nasi goreng pada umumnya, di sini nasi goreng di masak menggunakan kayu bakar sehingga aroma harum yang dihasilkan berbeda.

 

Di sini kamu juga bisa memilih jeroan yang ingin kamu campurkan. Selain nasi goreng babat, ada menu lain yang ditawarkan disini yaitu babat gongso dan paru sapi goreng.

 

Baca juga: Lokasi dan Kuliner yang Hits di Surabaya, Wajib Coba!

https://www.instagram.com/p/BSn5yr7DJow/

Gudeg Koyor Mbak Tum

Jika dilihat sekilas kuliner Semarang yang satu ini mirip dengan kuliner khas Yogyakarta yakni gudeg. Namun, yang membedakan kedua kuliner ini adalah citarasanya.

 

Nasi Gudeg Bu Tum justru memiliki cita rasa yang gurih, berbeda dengan nasi gudeg yang cenderung memiliki citarasa manis. Tempat ini memiliki empat menu andalan, yakni sego koyor, nasi gudeg, lontong opor, dan ayam goreng petai.

 

Berlokasi di Jalan MT Haryono, warung Mbak Tum ini buka sekitar pukul 18:00 WIB hingga pukul 01:00 WIB dini hari.

 

Untuk kamu yang ingin berkunjung ada baiknya datang lebih awal karena semakin malam Warung Mbak Tum ini akan semakin ramai pengunjung.

 

Baca juga: Kuliner Enak dan Halal yang Wajib Dicoba di Pontianak

https://www.instagram.com/p/BX5YbiCg2ci/

Bakmi Jowo Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng Semarang menjadi salah satu dari sekian banyak kuliner lezat yang melegenda di Semarang. Bakmi yang semula dijajakan berkeliling menggunakan gerobak telah ada sejak tahun 1970.

 

Bakmi Jawa Pak Gareng yang berlokasi di Jalan Wot Gandul Dalam No. 173 ini buka mulai pukul 11:00 WIB hingga 24:00 WIB.

 

Isi dari Bakmi Jawa Pak Gareng sendiri kurang lebih sama dengan bakmi jawa pada umumnya. Namun, yang membedakan bakmi jawa ini adalah dari cara menyiapkan bahan serta cara mengolahnya.

 

Selain Bakmi Jawa kamu juga akan dihidangkan menu lain seperti nasi goreng dan bihun goreng atau rebus.

 

Baca juga: Jaminan Enak dan Kenyang jika Makan Ini di Yogyakarta

https://www.instagram.com/p/Bkzo8BQBcru/

Kedai Kapuran

Kuliner malam Semarang terakhir, Bagi penggemar wedang, Semarang juga memiliki wedang khas yang patut kamu coba, yaitu Wedang Kacang Kapuran Semarang. Kedai minuman hangat ini telah ada sejak tahun 1997.

 

Seperti namanya, menu yang ditawarkan disini adalah wedang kacang. Dalam satu mangkuk wedang yang dihidangkan kamu bisa menemukan kacang yang melimpah ruah. Kuah santan yang tidak terlalu kental berpadu dengan kacang membuat aromanya begitu harum.

 

Wedang Kacang Kapuran Semarang ini berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro No. 45, Gabahan, tepatnya di Gang Kapuran. Kedai ini mulai buka dari jam 15:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB.

 

Baca juga: Restoran Bernuansa Alam di Bogor untuk Berakhir Pekan

kuliner malam semarang

Pakai Movic Aja

Jika ingin berkeliling tempat kuliner malam Semarang di atas kamu tentunya butuh sarana transportasi. Sewa mobil adalah jawabannya. Selain lebih nyaman, kamu juga lebih menghemat waktu dan tenaga.

 

Pilihan sewa mobil yang tepat ya Movic! Dengan Movic, kamu bisa bebas memilih mobil sesuai kebutuhanmu.

 

Tunggu apalagi, segera download Movic untuk pengalaman kulineran lebih puas.