Search Cars

Tips & Rekomendasi

Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Menghantam Lubang

Beberapa komponen mobil berpotensi rusak setelah menghantam lubang, apa saja? Yuk, simak di sini.

Curah hujan yang tinggi juga menyisakan masalah baru bagi pengguna jalan, yaitu jalan berlubang, yang terbentuk akibat struktur kepadatan tanah di bawah aspal melemah.

Ketika struktur tanah tidak lagi kuat, ditambah guyuran hujan dengan intensitas yang tinggi hingga terendam air dalam beberapa waktu, kemudian dilintasi mobil, maka akan menyebabkan deformasi atau retakan aspal yang lama-kelamaan menjadi lubang.

Lubang yang semula berukuran kecil akan semakin membesar bahkan bisa bertambah jumlahnya karena terus dilindas oleh kendaraan yang lewat.

Kondisi ini akan memburuk jika jalan tersebut merupakan jalan sering dilalui kendaraan berat, sebab lapisan aspal lebih cepat hancur tergilas.

Tidak hanya membuat perjalanan terasa tidak nyaman, melintasi jalan berlubang berpotensi memberikan kerugian besar bagi pengendara.

Pasalnya, mobil yang kerap menghantam lubang, berpotensi mengalami kerusakaan di di beberapa komponen. Berikut beberapa komponen mobil yang berpotensi rusak setelah menghantam lubang.

Tie rod

Tie rod merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan power steering dengan roda.

Jika mobil menghantam lubang hingga menimbulkan benturan yang keras, tie rod akan menjadi bengkok bahkan patah.

Apabila sudah begini, mobil tidak akan bisa digerakkan alias membutuhkan derek.

Control arm

Komponen berikutnya ialah control arm. Ketika mobil melintasi lubang yang cukup dalam dengan kecepatan tinggi, biasanya akan timbul benturan yang cukup keras.

Hal tersebut berisiko membuat control arm menjadi bengkok.

Baca juga: Tak Boleh Asal, Pahami Aturan Parkir di Pinggir Jalan

Bila komponen ini mengalami kerusakan, maka dampaknya adalah kemudi akan menarik ke satu sisi. Efek sampingnya pun bersifat domino, di mana ban juga akan menjadi cepat aus pada satu sisi.

Stabiliser bar link

Komponen yang berfungsi menjaga kestabilan mobil saat menikung ini merupakan komponen yang paling rentan rusak saat mobil menghantam jalanan berlubang.

Ciri kerusakan yang paling mudah dikenali ialah munculnya suara seperti ketukan keras melewati jalan polisi tidur atau jalanan yang tidak rata.

jenis suspensi mobil

Suspensi

Suspensi pada mobil tercipta untuk menyerap dampak guncangan. Namun, komponen yang satu ini juga memiliki batasan untuk beberapa tekanan yang bisa diterima.

Benturan keras akibat menghantam lubang dapat membuat suspensi bermasalah. Suspensi yang rusak biasanya amblas dan membuat posisi mobil jadi miring sehingga bekerja dengan tidak maksimal.

Baca juga: Hal yang Harus Diperthatikan Saat Beli Mobil Matik Bekas

Ban dan pelek
Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban berisiko mengalami kerusakan parah saat melewati jalan berlubang dalam kecepatan tinggi.

Ban berpeluang menjadi oval atau malah pecah. Tidak hanya itu, pelek ikut berpotensi mengalami kerusakan akibat menerima gaya yang tidak dapat diakomodasi oleh ban.

Ban merupakan dua komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Maka dari itu, bila dihadapkan dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang, kedua komponen ini beresiko mengalami kerusakan.

ganti knalpot mobil

Knalpot

Saluran pembuangan sisa pembakaran ini juga termasuk ke dalam daftar komponen mobil yang berpotensi rusak setelah menghantam lubang.

Pasalnya, posisinya yang berada di kolong mobil beresiko membuat pipa knalpot terhantam pinggiran lubang apabila mobil amblas cukup dalam.

Bukan cuma itu, kondisi tersebut juga bisa membuat bagian knalpot pecah atau terlepas dari dudukannya.

Dampaknya, knalpot bisa menimbulkan suara yang bising, hingga tenaga mobil yang agak ngempos karena adanya lubang kebocoran. 

Kebocoran tersebut juga berpotensi mengganggu kesehatan sebab saluran yang bocor bisa membuat asap knalpot masuk ke kabin.

Nah, itu dia komponen mobil yang berpotensi rusak setelah menghantam lubang. Jika kamu mendapati kerusakan-kerusakan tersebut, jangan menunda untuk membawa mobil kamu ke bengkel.

Sebab bila diabaikan, bisa mengganggu fungsi safety dari mobil tersebut.

Baca juga: Kenapa Lampu Sein Berkedip Sedangkan Lampu Rem Tidak?

Jangan jadikan keterbatasan waktu untuk tidak membawa mobil kesayangan ke bengkel. Sebab, sekarang ada layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id yang siap bantu kamu.

Jadi, tak perlu lagi khawatir soal perkara waktu. Praktis banget, kan?

Booking Service

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.