Keuntungan Investasi Properti di Tengah Masa Pandemi

Seperti yang diketahui, nilai properti tidak pernah turun. Ini keuntungan memiliki investasi properti yang bisa nikmati kapan saja.

punya rumah sebelum usia 30 tahun

Pada masa pandemi seperti ini, kondisi ekonomi ikut pasang surut. Tentu, mereka yang tenang adalah yang sudah memahami situasi dan memiliki investasi untuk berjaga-jaga.

Investasi banyak macamnya, seperti investasi emas, reksadana, saham, obligasi, deposito, valuta asing, dan properti. Masing-masing memiliki keuntungannya. Dari beberapa jenis investasi tersebut, investasi properti merupakan salah satu yang paling diminati.

Pada awal masa pandemi, harga saham hampir merosot drastis, sementara belakangan harga emas mulai merangkak naik. Lantas bagaimana dengan properti?

Baca juga: Untuk Investasi, Lebih Untung Beli Rumah secara Tunai atau KPR?

Investasi properti nilainya hampir tidak pernah turun, bahkan cenderung naik tiap tahunnya. Hal ini pula yang menjadi salah satu keuntungan investasi properti.

Selain dapat mendatangkan keuntungan yang besar di kemudian hari, investasi properti juga dapat dilakukan sendiri alias tanpa campur tangan dari pihak manapun sehingga bisa dibilang lebih aman.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang ingin memiliki investasi dproperti. Apa saja? Silakan simak lebih lengkap, keuntungan investasi properti di bawah ini.

investasi bisnis properti

Nilai terus naik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, nilai investasi properti akan terus naik seiring berjalannya waktu.

Bukan tanpa alasan, peningkatan jumlah penduduk di suatu daerah membuat pemerintah daerah tersebut harus bisa menyediakan tempat tinggal bagi penduduknya. Jadi, jika di daerah tersebut jumlah penduduknya semakin meningkat, kebutuhan akan properti juga otomatis meningkat.

Tetapi, peningkatan kebutuhan properti tersebut lama-kelamaan tidak akan sesuai dengan luas wilayah yang ada. Oleh karena itu, di daerah yang ramai penduduk, nilai properti semakin lama akan semakin meningkat.

Baca juga: Uang Terbatas, Mending Beli Rumah Baru atau Bekas?

Belum jika bicara lokasi, semakin strategis lokasi tersebut atau akses yang mudah, maka harga akan cepat melambung dibanding lokasi lain.

kesalahan beli rumah

Nilai ditentukan oleh pemilik

Keuntungan investasi properti kedua adalah kontrol dari nilai properti tersebut dipegang sepenuhnya oleh pemilik.

Contohnya, jika kamu menjual emas atau valuta asing, nilai dari investasi tersebut biasanya diatur oleh pergerakan harga saham.  Sedangkan properti, pemilik bisa menentukan sendiri harga sewa ataupun harga jual.

Nilai aset dapat ditingkatkan

Investasi properti juga lebih fleksibel. Artinya, nilai aset dapat ditingkatkan sesuai dengan keinginan pemilik dengan cara merenovasinya, seperti memperbesar halaman, membuat kolam renang, menambah ruangan atau lantai, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Ciri Investasi Properti yang Tidak Menguntungkan

Harga mengikuti inflasi

Menurut Bank Indonesia di website bi.go.id, secara sederhana inflasi diartikan sebagai kenaikan harga secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

Bila inflasi meningkat, otomatis harga properti juga akan ikut meningkat atau mengalami kenaikan sesuai dengan inflasi yang terjadi.

Jadi, memiliki investasi properti merupakan salah satu langkah tepat untuk berlindung dari inflasi karena harganya akan meningkat mengikuti nilai inflasi.

Sumber pendapatan pasif

Selain bisa digunakan sebagai tempat tinggal pribadi, keuntungan investasi properti adalah bisa disewakan ke pihak lain.

Baca juga: Melirik Fasilitas Asya yang Bikin Hidup Sempurna

Jadi, kamu bisa menambah pendapatan tambahan dari investasi tersebut tanpa harus menjualnya atau bahasa lainnya adalah pendapatan pasif.

Pendapatan pasif investasi properti didapat dari biaya kontrak tahunan atau bulanan, tergantung dengan perjanjian dari rumah atau apartemen yang disewakan.

tips cara memilih KPR

Tidak memakan waktu untuk mengurusnya

Bisa dikatakan properti adalah investasi yang tidak memerlukan banyak waktu untuk menanganinya, walaupun aset tersebut berada jauh dari pemiliknya, kenapa?

Karena kamu dapat mempekerjakan orang lain untuk merawat aset tersebut. Jika ingin pendapatan tambahan, kamu bisa kembali ke poin sebelumnya, yakni menyewakan properti tersebut.

Bisa dijadikan agunan

Tiba-tiba butuh dana segera karena ada kebutuhan mendesak atau butuh modal untuk mulai usaha? Pemilik properti mungkin tidak akan panik.

Baca juga: Avania Residence, Hunian Premium di Golden Triangle Jakarta

Tidak perlu buru-buru untuk menjualnya. Kamu bisa jadikan properti sebagai agunan ke bank. Dengan agunan berupa properti, maka pengajuan pinjaman dana akan lebih cepat diproses.

Banyak ya keuntungan investasi properti. Mau?

Miliki investasi properti sekarang bersama Seva.id. Khusus untukmu, Seva.id menawarkan beragam hunian di lokasi strategis yang bisa dijadikan investasi seperti Arumaya, Asya, dan Avania.

Tertarik? Yuk booking sekarang sebagai hunian nyaman dengan lokasi yang sangat strategis.

Booking Sekarang