Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru yang diproduksi oleh Toyota, yuk ketahui keunggulan platform TNGA dan manfaatnya.

Toyota Corolla Cross

Platform TNGA atau Toyota New Global Architecture merupakan langkah penting untuk mewujudkan filosofi making ever-better cars dengan mengaplikasikan skema berbagi platform untuk berbagai model.

Konstruksi tersebut sudah memiliki standar global yang sama pada sisi space, safety, ride, dan comfort sehingga terciptalah deretan kendaraan yang sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tingkat kualitas berkendara yang unggul secara global.

Selain itu, TNGA ini menandai sebuah revolusi dalam cara Toyota merancang dan memproduksi mobil.

Sistemnya merampingkan proses produksi dengan menciptakan standarisasi ukuran dan layout komponen dalam sasis mobil baru yang berbagi basis pengembangan, serta sepenuhnya mengintegrasikan proses manufaktur dan pasokan komponen pendukung dalam konsep baru berkelanjutan sebagai kunci making ever-better cars.

Baca juga: Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Dari sisi tahapan produksi, manfaat jangka panjang dari TNGA akan menciptakan pabrik yang lebih kecil, fleksibel, dan efisien, dengan jalur produksi yang dapat disesuaikan dengan cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan manufaktur yang berbeda.

Sementara dari sisi produk, Toyota mampu menciptakan beragam model kendaraan dengan kualitas terjamin di semua sektor disertai standar mutu yang sama.

Nah, lebih dari itu, berikut keunggulan platform TNGA lainnya.

Kelebihan TNGA di mobil-mobil Toyota

 

keunggulan platform TNGA

Kelebihan TNGA di mobil-mobil Toyota

keunggulan platform TNGA

Kelebihan TNGA di mobil-mobil Toyota

keunggulan platform TNGA

Pembagian Platform TNGA

Sejak mulai diperkenalkan pada tahun 2015, platform TNGA telah memiliki beberapa turunan model.

Yang pertama tentunya TNGA-C yang masuk dalam C-Segment atau mobil kompak. Pengguna platform ini sudah banyak, mulai dari Toyota Prius, Toyota C-HR, hingga keluarga besar Toyota Corolla. Di Indonesia, baik Toyota Prius, Toyota C-HR, dan Toyota Corolla sudah menggunakan platform serupa.

Berikutnya adalah platform TNGA-K yang masuk dalam D-Segment atau mobil ukuran medium. Pengguna platform ini di antaranya adalah Toyota Camry, Toyota Harrier, dan Toyota RAV4. Dari ketiganya baru Toyota Camry yang dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: 9 Mobil Terbaru Toyota Sepanjang Tahun Ini

Selanjutnya adalah platform TNGA-N yang masuk dalam E-Segment atau mobil ukuran besar. Penggunanya seperti Toyota Crown dan Toyota Mirai sebagai mobil hidrogen kebanggaan Toyota.

Sementara yang terbaru adalah TNGA-B yang dimanfaatkan oleh kendaraan di B-Segment atau sub kompak.

Sementara untuk global, model yang memanfaatkan adalah hatchback Toyota Yaris, yang memiliki saudara kembar crossover SUV Toyota Yaris Cross dan hatchback Toyota GR Yaris.

Selain itu, Toyota juga sedang menyiapkan platform eTNGA untuk mobil listrik di masa depan.

Setelah mengetahui mengetahui keunggulan platform TNGA, apa kamu sudah tahu mobil Toyota apa saja yang sudah mengadopsinya?