Kenali Jenis dan Pentingnya Asuransi Mobil

By Arris Riehady - January 24, 2020

Bagi yang memiliki mobil, saat ini sepertinya asuransi adalah sebuah kewajiban. Ini alasan asuransi mobil sangat penting.

asuransi mobil

Mobil merupakan aset kesayangan bagi sebagian orang, apalagi mobil yang dimiliki adalah mobil impian. Pastinya, mobil tersebut akan dirawat dan dilindungi dengan sebaik-baiknya.

 

Salah satu cara untuk melindungi mobil adalah dengan mendaftarkannya ke asuransi agar mobil tersebut ter-cover dari berbagai resiko yang tidak diinginkan, baik kecelakaan, bencana, hingga kehilangan.

 

Untuk memastikan mobil Anda tetap aman, ini alasan asuransi mobil sangat penting.

asuransi mobil

Kenali jenis asuransi

Namun, sebelum mengetahui pentingnya asuransi mobil, ada baiknya Anda mengenal terlebih dulu jenis-jenis asuransi. Saat ini ada beberapa jenis asuransi mobil yang tersedia, seperti asuransi all-risk yang bisa menjamin segala resiko buruk terhadap mobil Anda, terlebih untuk mobil baru.

 

Jenis asuransi ini akan melindungi mobil Anda mulai dari kerusakan ringan, seperti lecet kecil di bodi mobil, kerusakan berat, hingga kehilangan.

 

Lalu ada juga total loss only (TLO) yang memberikan perlindungan jika mobil yang Anda miliki hilang, dalam kasus perampasan, pencurian, atau perampokan.

 

Untuk asuransi kecelakan terdapat asuransi collision coverage. Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini dikhususkan membiayai kecelakaan mobil akibat tabrak yang disebabkan oleh pengemudi.

 

Baca juga: Agar Tidak Bingung, Pahami Dulu Istilah Ini dalam Asuransi

 

Tak jauh berbeda dengan collision coverageliability insurance juga memberikan layanan klaim berdasarkan kasus yang sama. Namun bedanya, asuransi ini bisa memberikan jaminan tambahan, meliputi biaya tagihan medis atas cedera yang pengemudi alami.

 

Asuransi mobil terakhir yang bisa Anda daftarkan ialah jenis produk personal injury protection (PIP). Asuransi ini memberikan perlindungan khusus bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri saat mengendarai mobil.

 mobil bisa mengambang dan terseret banjir

Aman dari bencana

Ada beberapa perusahaan atau penyedia layanan jasa asuransi yang memasukkan mobil rusak akibat banjir ke dalam paket all-risk. Namun ada juga yang mewajibkan Anda membeli polis tambahan.

 

Oleh karena itu, sebaiknya pada saat membeli asuransi all-risk, pastikan sejauh apa polis dapat melindungi mobil yang Anda miliki.

 

Baca juga: Apakah Mobil Rusak Akibat Banjir Ditanggung Oleh Asuransi?

 

Bila mobil rusak akibat banjir tidak ditanggung oleh asuransi, lebih baik Anda beli polis yang menanggungnya secara terpisah untuk melindungi mobil dari kejadian yang tidak diinginkan, apalagi rumah Anda terletak di daerah yang mudah banjir.

penyebab mobil terbakar

Asuransi SRCC

Asuransi saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena memang sifatnya yang penting untuk menjaga mobil dari berbagai kejadian yang tidak diingikan, salah satunya rusak akibat kerusuhan.

 

Sebelum Anda mengklaim asuransi, pertama pastikan jaminan asuransi mobil telah diperluas paket tanggungan SRCC (Strike, Riot, and Civic Commotion). SRCC adalah layanan perlindungan tambahan asuransi, yang meliputi kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara.

 

Baca juga: Ternyata Mobil Rusak Akibat Demo Ditanggung Oleh Asuransi

 

Tentu ada biaya tambahan yang harus dibayarkan sesuai syarat dan ketentuan dari pihak asuransi. Dengan itu, mobil rusak akibat demo akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi bila Anda mengikuti paket tanggungan SRCC.

Klaim mudah

Selanjutnya, bila Anda ingin mengajukan klaim asuransi, siapkan dokumen asuransi, seperti fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan Surat Keterangan Kepolisian (jika kendaraan rusak berat dalam kecelakaan parah).

 

Setelah sampai di bengkel rekanan, pihak bengkel akan memberikan dokumen berupa formulir asuransi yang harus Anda lengkapi. Isilah dengan benar dan sesuai dengan data yang ada di dokumen kelengkap.

 

Bila semua telah selesai, Anda hanya perlu duduk manis di rumah dan bersabar. Mobil Anda akan diperbaiki oleh pihak bengkel paling lambat 3-4 hari maksimal 7 hari pengerjaan.

 

Baca juga: Begini Cara Urus Claim Asuransi Mobil, Ternyata Tidak Sulit

 

Tetapi, jika kerusakannya parah, bisa memakan waktu yang cukup lama atau pihak asuransi akan menggantinya dengan yang baru.

 

Selama memiliki asuransi yang tepat, Anda tidak perlu panik jika ada kejadian tidak diinginkan menimpa mobil kesayangan, termasuk banjir. Untuk itu, selalu lindungi mobil dari segala resiko yang bisa terjadi dengan asuransi yang #BikinKamuSiap #HadapiBanjir.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!