Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Salah, Ini Cara Membaca Ukuran Velg Mobil yang Benar

Velg mobil dapat memengaruhi tampilan pada kendaraan namun masih banyak yang belum tahu cara membacanya. Ini langkah-langkahnya.

velg mobil

Velg mobil merupakan akesoris mobil yang berfungsi sebagai dudukan ban pada kendaraan. Dan ini merupakan salah satu komponen penting pada sebuah mobil.

Jika kamu berniat memodifikasi mobil, velg jadi salah satu bagian yang harus diubah, namun masih banyak yang kurang mengerti masalah ini.

Tidak jarang orang yang memodifikasi mobilnya salah membaca ukuran velg yang akan digunakan atau salah dalam memilih ukuran yang pas untuk mobilnya.

Cara membaca ukuran velg mobil

ganti velg mobil listrik

Misal di mobil kamu terdapat kode produksi 13Jx20 H2 7×112 ET-30 yang digunakan sebagai tanda untuk memasang baut. 

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Kode-kode tersebut memiliki arti bahwa ada 7 jumlah baut dan angka 112 merupakan jarak antara Pitch Center Diameter dengan lubang roda pada pelek. Dengan demikian pelek mobilmu membutuhkan 7 baut dengan jarak 112.

Sementara Kode 13Jx20 diartikan sebagai diameter pelek atau kebanyakan orang menyebutnya sebagai kode ring. Angka 13 sebagai lebar pelek mobil dan angka 20 itu sebagai diameter. 

Kode J diartikan sebagai jarak flens yang dibagi menjadi dua bagian yaitu J dan JJ. Kode pelek J untuk diameter pelek sebesar 15 inci dengan tinggi sebesar 17,5 mm. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Sedangkan kode pelek JJ, memiliki ukuran diameter pelek yang besar atau ring besar dengan tinggi sebesar 18 mm. Untuk kode H2 sebagai cekungan pelek yang memiliki fungsi agar ban mobil tidak melaju saat dikendarainya. 

Terdapat berbagai macam model hump pelek mobil, seperti H2,CH, EH2, EH2+, FH, dan FH2. Sedangkan ET merupakan kepanjangan dari offset pelek.

Cara merawat velg mobil agar tetap mengilap

baut velg mobil

Agar velg mobil kesayangan tetap mengilap, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dan cukup mudah. Apa saja itu?

1. Menggunakan alumunium foil

Alumunium foil ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan dan merawat velg mobil.  Terutama dari karat-karat yang menempel. 

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Jika kamu memiliki mobil dengan velg yang sudah berkarat, bisa menggunakan alumunium foil untuk menghilangkan karatan tersebut. Alumunium foil lebih cocok digunakan untuk velg-velg chrome.

Cara pemakaiannya juga mudah, yaitu cuci terlebih dahulu velg mobil kesayanganmu. Jika kotoran karat masih membandel, tambahkan sedikit cuka dan garam. 

Supaya lebih efektif basahi alumunium foil dengan cuka dan air garam, lalu gosokkan dengan sedikit menggosok karat. Perlahan-lahan karat tersebut akan hilang dengan sendirinya. 

2. Cairan khusus pembersih velg

velg ring 15

Jika velg masih utuh, atau mobil masih baru, rawat velg dengan mengoleskan cairan khusus pembersih velg secara rutin ya. Pilihlah merk cairan khusus yang terpercaya dan tentunya cocok dengan kendaraan kamu. Lakukanlah secara rutin ya.

3. Rotasi ban mobil

Agar velg mobil tetap dalam kondisi maksimal, jangan lupa untuk rutin melakukan rotasi ban mobil. Merotasi ban artinya menukar posisi ban bagian depan dan belakang yang punya sisi sama. 

Misalnya ban depan kiri ditukar dengan ban belakang yang sebelah kiri juga, atau rotasi ban mobil lazim juga dilakukan secara menyilang kanan dan kiri untuk roda depan dan belakang. Ingat, ban yang dapat dirotasi adalah model ban full sized

Bagaimana, gampang bukan cara mengetahui ukuran velg mobil? Jangan lupa untuk melakukan tips-tips tadi ya agar komponen satu ini tidak cepat rusak. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.