Jajaran Mobil yang Kebal dari Bom hingga Serangan Teroris

The Armored Group

Takdir tidak ada yang bisa mengira, karena itulah manusia berusaha agar dirinya aman dari yang namanya nasib buruk. Tak terkecuali saat berada di dalam kendaraan.

 

Sistem keamanan di mobil yang membuat pengendara di dalamnya lebih aman saat ini sudah semakin canggih. Di sisi lain, fitur seperti airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), dan lain sebagainya dirasa masih kurang untuk melindungi penumpang di dalam mobil, terlebih jika mobil tersebut dipakai oleh para VVIP (very very important person).

 

Tentunya, mobil-mobil tersebut sudah memiliki sistem keamanan yang jauh di atas mobil yang beredar di pasaran. Mobil tersebut juga biasanya sudah tidak mempan terhadap ledakan, anti-peluru, anti-bom, bahkan anti-rudal.

 

Sistem keamanan super tersebut dibangun dengan bahan-bahan yang juga berkualitas tinggi. Seperti kaca mobil misalnya, menggunakan kaca ringan yang memiliki lapisan hard-spall untuk mencegah peluru menembusnya, serta memiliki perlindungan balistik yang sangat baik dengan distorsi yang minim.

 

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa mobil berikut ini yang memiliki sistem keamanan super tersebut.

 

Toyota Land Cruiser 200 Convoy

Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini telah melakukan uji balistik dan mendapatkan sertifikasi sebagai mobil dengan keamanan yang berkualitas. Bodi mobil ini berlapis baja yang tahan akan serangan peluru dan ledakan bom dari sudut manapun.

 

Dalam pengujiannya, Toyota Land Cruiser 200 Convoy tidak terpengaruh akan ledakan ranjau darat DM31, granat tangan jenis DM51 dan HG85, serta TNT yang memiliki bobot 17 kilogram. Bahkan, kabin mobil tidak mengalami deformasi akibat dari ledakan-ledakan tersebut.

 

Selain itu, mobil ini juga bertahan dengan baik dari serangan amunisi 7,62 x 51 mm dan 5,56 x 45 mm dalam pengujian balistik tersebut. Video simulasi mobil ini yang terdapat di YouTube mengklaim bahwa penghuni di dalam mobil tetap dapat bertahan dan selamat dari ledakan bom.

 

BMW X5 Security Plus

SUV premium keluaran pabrik asal Jerman ini juga memiliki sistem keamanan yang canggih. Terdiri dari beberapa tingkat keamanan, mulai dari ketahanan akan serangan benda tumpul, senjata kaliber 44 Magnum, senjata otomatis sekelas AK-47, sampai dengan tahan ledakan bom.

 

Mobil ini juga memiliki sasis yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki tingkat kemanan tinggi serta diklaim hemat bahan bakar dengan teknologi BMW EfficientDynamic. BMW X5 Security Plus juga sudah mendapatkan sertifikasi resmi Bullet Resistant Vehicles (BRV) 2009.

 

BMW 7 Series High Security

Mobil ini memiliki pelat baja yang terbuat dari baja khusus dan memiliki tingkat kekuatan yang sangat baik. Lapisan baja tersebut persis seperti lapisan kedua mobil yang memberikan proteksi bagi pengendara dan penumpang.

 

Pada bagian interior, kombinasi bahan berkulitas juga membantu kinerja bagian eksterior mobil untuk menangkal peluru menembus ke dalam kabin. Lalu, fitur canggih lainnya adalah run-flat tyres, yang membuat mobil akan tetap melaju walaupun ban dalam keadaan kempis.

 

Selain itu, juga terdapat attack alarm dan intercom system, yang memungkinkan penumpang dan pengendara dapat berkomunikasi dengan orang di luar mobil tanpa membuka pintu atau jendela mobil.

 

Mercedes-Benz Guard S600

Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, menggunakan mobil ini saat bertugas. Mobil seri tertinggi dari Mercedes-Benz ini memiliki sistem keamanan yang super canggih, misalnya kaca anti peluru. Kaca tersebut didesain sangat tebal karena dilapisi oleh polikarbonat agar tahan terhadap serangan peluru atau granat.

 

Setelah itu, terdapat sistem monitoring di bagian roda yang menjaga tekanan angin selalu seimbang di kondisi jalan apapun. Mobil ini juga masih dapat dikendarai meskipun ban dalam kondisi kempis karena tertembak peluru atau lainnya.

 

Bahkan, Mercedes-Benz Guard S600 memiliki sistem pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis dan juga penjernih udara di bagian kabin untuk mengantisipasi gas beracun atau asap yang berasal dari bawah kabin.

 

https://www.youtube.com/watch?v=AaPhdbalLq0

Range Rover Sentinel

Special Vehicle Operations Jaguar Land Rover menciptakan mobil ini untuk para konsumen khusus, seperti petinggi negara atau diplomat. Varian dari Range Rover yang sudah ada sejak tahun 2015 ini juga memiliki tingkat keamanan paling tinggi.

 

Range Rover Sentinel memang dirancang untuk menghadapi ancaman dan serangan balistik. Kendaraan berjenis SUV ini juga sudah diverifikasi oleh standar VR8. Selain itu, mobil ini mampu menahan ledakan yang setara dengan 15 kilogram TNT dari sudut manapun.

 

Lalu, mobil ini juga dapat menahan serangan peluru yang memiliki ukuran sampai dengan 7,64 mm serta ledakan granat DM51.

 

Cadillac Presidential Limousine

Cadilac Presidential Limousine menjadi mobil Kepresidenan Amerika Serikat yang dijuluki The Beast. Mobil ini diklaim sebagai mobil paling aman di dunia. Bagian bodi-nya saja menggunakan delapan lapis pelat baja setebal 8 inchi dan jendelanya memiliki ketebalan sebesar 5 inchi dengan lima lapisan kaca berkualitas tinggi untuk meredam ancaman senjata.

 

Mobil berbobot 8 ton ini juga dilengkapi dengan senjata otomatis, pelontar gas air mata, GPS, kamera malam beresolusi tinggi, dan peralatan komunikasi satelit. The Beast juga dilindungi oleh lapisan kevlar di seluruh bagian mobil, sampai di seluruh bannya, sehingga kebal dari peluru atau bahan peledak.

 

Bahkan, kerangka The Beast tetap dapat menopang mobil ini sehingga tetap stabil untuk dikemudikan walaupun salah satu bannya meledak.

 

Bagaimana? Canggih kan? Mobil-mobil khusus tersebut sangat berguna bagi para petinggi negara untuk menjalani pekerjaannya. Apalagi ketika mereka sedang bertugas di kawasan yang berbahaya, seperti kawasan yang sedang diserang teroris dan sebagainya, mobil berproteksi tinggi tersebut sangat dibutuhkan.

 

Soal harga? Mobil-mobil tersebut sebagian besar adalah pesanan khusus. Dengan sistem keamanan yang super canggih yang membuat siapa pun di dalamnya aman tentu memiliki harga yang sepadan. Terlebih nyawa tidak bisa dibeli..