Ingin Nonton Video atau TV di Dalam Mobil? Ini Aturan dan Tipsnya

By Arris Riehady - Maret 8, 2018

Sarana hiburan di dalam kendaraan saat ini memiliki peran penting. Khususnya bagi Anda yang kerap terjebak kemacetan jalanan kota Jakarta atau yang gemar melakukan perjalanan jauh atau road trip.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 Ayat 1 berisi, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Dan pada bagian penjelasan disebutkan, “Yang dimaksud dengan “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.

Dari pasal dan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa saat Anda mengemudi tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi atau video. Namun, Anda tetap dapat menikmati sarana hiburan di dalam mobil.

Berikut tips nonton dalam mobil yang perlu diketahui.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!