Ingin Mobil Lebih Mengkilap dan Kinclong? Cobain Cara Ini

Jangan tanggung-tanggung, yuk bikin mobil lebih mengkilap dan kinclong dengan cara berikut ini.

Merawat mobil bukan hanya tetang mesin dan komponen-komponen yang mendukung performa mobil. Penampilan luar atau eksterior mobil juga butuh perhatian agar tetap terlihat bersih dan kinclong.

Penampilan eksterior tersebut yang paling mencolok adalah warna cat mobil. Seiring berjalannya waktu, kondisi cat mobil tentunya akan mengalami perubahan yang disebabkan oleh polusi udara, panas, air hujan, dan lain-lain.

Hal itu dapat membuat cat mobil Anda terlihat kusam dan pada akhirnya akan memudar.

Untuk itu, diperlukan perawatan khusus agar cat mobil Anda tetap terjaga dan mobil lebih mengkilap dengan tips berikut ini.

Cuci mobil terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat mobil lebih mengkilap adalah dengan mencuci mobil Anda.

Untuk mengerjakannya, gunakan shampo khusus agar kotoran yang menempel pada body mobil dapat terangkat.

Baca juga: Mudahnya Menghilangkan Baret di Bodi Mobil

Jangan lupa juga untuk memilih shampo yan memiliki tingkat pH balance, yaitu pH yang mendekati 7 untuk meminimalisir terjadinya goresan dan warna kusam akibat busa shampo.

Lalu perhatikan juga waktu yang tepat ketika mencuci mobil. Untuk menghindari kerusakan pada cat mobil.

Ada baiknya, mencuci mobil dilakukan sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore untuk menghindari sinar matahari langsung.

Sinar matahari dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa sabun cepat mengering sehingga menimbulkan kerak pada cat mobil.

Gunakan clay bar agar dapat menyerap kotoran dengan cepat

Clay bar adalah benda fleksibel layaknya karet yang berbentuk kotak dan berfungsi untuk mengangkat residu-residu yang menempel pada body mobil.

Tetapi, clay bar tidak boleh jatuh ke tanah karena dikhawatirkan ada pasir atau kerikil yang menempel sehingga akan menimbulkan goresan pada cat mobil ketika dipakai.

Cara menggunakannya cukup mudah, keluarkan clay bar dari plastiknya, lalu Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian agar ukurannya tidak terlalu besar.

Baca juga: Apa Saja yang Menjadi Penyebab Mobil Tidak Lulus Uji Emisi?

Setelah itu, bentuk clay menjadi pipih. Gunakan clay yang sudah berbentuk pipih tersebut pada body mobil yang sudah dibasahi.

Usapkan secara merata dan lebih baik secara vertikal. Setelah diusapkan, clay akan berubah warna menjadi hitam, cokelat, atau abu-abu sesuai dengan kotoran yang diserapnya.

Poles dan waxing

Tahap selanjutnya untuk membuat mobil lebih mengkilap adalah poles mobil Anda menggunakan untuk menghilangkan warna kusam yang melekat pada body.

Namun, memoles mobil dapat membuat cat menjadi tipis karena terkikis oleh polesan tersebut.  Jadi, jangan terlalu sering memoles mobil jika memang tidak dibutuhkan.

Lebih baik gunakan wax untuk merawat dan memberikan perlindungan pada cat mobil.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan spon khusus untuk membalurkan wax ke bagian-bagian yang diinginkan.

Lalu, gosokkan wax tersebut dengan cara memutar, vertikal, atau horizontal sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, pada salon mobil profesional, mereka akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokkan wax.

Baca juga: Simple! Cara Mengenali Mobil Bekas yang Jarang Ganti Oli

Tetapi hal tersebut tidak mutlak, Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan bahan yang lembut.

Gunakan juga lap berbahan microfiber untuk membersihkan wax tersebut pada tahap akhir.

Anda juga dapat menambahkan nano ceramic coating pada permukaan cat yang sudah diberi wax untuk memberikan proteksi pada cat mobil dari sinar ultra violet agar warna kinclong mobil dapat bertahan lebih lama.

Jika memiliki waktu luang, Anda dapat melakukan langkah-langkah tersebut sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon mobil.

Selamat mencoba dan jadikan mobil lebih mengkilap ya!