Ingin Bawa Sepeda di Mobil, Simak Tips Ini Dulu

Bersepeda di luar kota dengan sepeda kesayangan bersama rekan atau keluarga, liburan sambil olahraga di akhir pekan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Dengan jarak yang bisa ditempuh dengan mobil, jika sepeda Anda adalah jenis folding mungkin tidak akan butuh banyak ruang, tinggal lipat bisa diletakkan di bagasi, tapi jika sepeda Anda jenis full bike tentunya butuh aksesoris ekstra di mobil untuk membawa sepeda.

Aksesoris khusus untuk mengangkut sepeda di mobil atau bike rack/ bike carrier ada banyak tipenya, Anda bisa langsung ke toko/ bengkel sepeda untuk membelinya. Tapi ada baiknya sebelum membeli mari kita mengenal tipe tipe rak sepeda.

1. Rak sepeda terpasang di atap mobil/ roof mounted bike racks

Pada tipe ini sepeda Anda disimpan di atas atap mobil. Tipe rak sepeda yang terpasang di atap juga ada variasinya.

Fork mounted racks, Anda harus melepaskan roda depan agar fork bisa di jepitkan pada rak sepeda dan roda belakang di ikat pada penampang rak.

Frame mounted racks, rak ini memiliki lengan penjepit frame sehingga tidak perlu menanggalkan roda depan.

Dikarenakan rak sepeda terpasang di atas atap mobil, sedangkan beberapa mobil punya garis atap yang spesial, menjadikan pilihan pada tipe rak sepeda ini terbatas.

Kelebihan tipe rak sepeda terpasang di atap mobil:

+ mudah dalam memarkirkan mobil dilahan yang sempit karna tidak terhalang sepeda

+ tidak memblokir pintu bagasi belakang mobil sehingga memudahkan akses masuk untuk perlengkapan ataupun penumpang tambahan.

Kekurangan tipe rak sepeda terpasang di atap mobil:

– tinggi mobil akan bertambah dengan adanya sepeda di atap dan hal ini akan menjadi penghalang jika melewati jembatan yang beratap rendah, fasilitas drive thru ataupun pintu masuk hotel.

– dibutuhkan waktu lebih untuk menurunkan sepeda dari atap mobil.

2. Rak sepeda terpasang di belakang mobil/rear mount bike racks

Untuk tipe rak ini sepeda Anda disimpan di belakang mobil. Ada beberapa tipe juga untuk rak sepeda yang terpasang di belakang mobil.

Hitch racks, rak sepeda ditambatkan di belakang mobil. Umumnya mobil jenis SUV cocok dengan rak sepeda tipe ini. Pada rak sepeda model tambat juga ada pilihan model apakah fold atau swing.

Trunk racks, rak sepeda diikat ke bagasi mobil, di Indonesia juga dikenal dengan model holded. Model rak bagasi ini cocok untuk mobil yang tidak punya pilihan untuk memasang rak sepeda tambat.

Truck bed racks, rak ini khusus untuk membawa sepeda dengan mengunakan mobil pick up atau double cabin.

Kelebihan tipe rak terpasang di belakang mobil:

+ mudah dalam akses menaikan dan menurunkan sepeda karna letaknya yang rendah

+ mudah dalam memasang dan membongkar rak

+ aman melewati atap jembatan rendah

+ kendaraan aman dari lecet dan juga stabil dalam perjalanan

+ Ada rak model lipat/ fold atau ayunan/ swing, memudahkan akses masuk penumpang atau peralatan tambahan.

Kekurangan tipe rak terpasang di belakang mobil:

– susah parkir pada area sempit

Tips dalam memilih rak untuk mengangkut sepeda:

* Sesuaikan pemilihan rak sepeda dengan jenis mobil yang goweser gunakan. Seperti mobil pick up baiknya pakai model truck bed rack, atau sedan pakailah trunk rack dan jangan lupa ekstra tali biar di jalanan berlubang tidak goyah.

* Pilihlah rak sepeda yang memiliki standar mutu baik, dan ikuti buku panduan dalam pemasangan rak sepeda agar aman, jika merasa khawatir bisa minta tolong bengkel sepeda untuk memasangkannya.

* Pilihlah rak sepeda yang ada jarak antara sepeda dengan kaca mobil agar terhindar dari pecah.

* Jika lebar sepeda tidak sepadan dengan lebar mobil ada baiknya lepaskan roda depan sepeda. Demi keamanan berkendaraan di jalan raya pastikan pandangan ke belakang tidak terhalang.

* Pastikan aksesoris sepeda seperti spidometer, lampu, botol minuman dan lainnya sudah disimpan dalam mobil.

* Hindari jalan bebas hambatan, tapi kalaupun tetap harus melewati jagalah kecepatan, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu kencang, jaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Demikianlah cara aman mengangkut sepeda di mobil beserta tipsnya, semoga bermanfaat. Dan semoga perjalanan Anda ke luar kota bersama rekan atau keluarga beserta sepeda kesayangan aman dan selamat sampai tujuan. Selamat bersepeda..