Impresi Pertama BMW Seri 7: Dirancang untuk Individu yang Progresif dan Berambisi

BMW Indonesia luncurkan model dan varian terbaru. Dirancang untuk individu progresif dan berambisi, ini impresi pertama BMW Seri 7 dari Seva.id!

BMW Seri 7

Hari ini, tepatnya 10 Oktober 2019, BMW Group Indonesia meluncurkan sedan flagship dari model dan varian terbaru BMW Seri 7 di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta.

 

Tercatat selama lebih dari 40 tahun penjualan BMW Seri 7 di generasi pertama, atau mulai tahun 1977, mobil ini sudah terjual lebih dari 1,8 juta unit di seluruh Indonesia.

 

Kini, untuk lebih mendekatkan diri dan lekat dengan masyarakat Indonesia, tak heran bila BMW Seri 7 kini dirakit lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor Sunter.

 

Dalam peluncurannya, ada dua varian yang dikenalkan, yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport.

 

Baca juga: The Boss is Back! Ini Impresi All New BMW X5 Ketika Diluncurkan

BMW Seri 7

“BMW Seri 7 melengkapi 6 model BMW di segmen mobil mewah, dengan desain elegan dan kenyamanan berkendara yang telah mencapai sebuah level baru yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

 

Ditambahkannya, BMW Seri 7 mewakili inti brand BMW dan kendaraan yang lambangkan kepemimpinan, inovasi, kemewahan, dan teknologi canggih. BMW Seri 7 juga telah membangun kisah sukses sejak awal diluncurkan.

 

Bagaimana wujudnya? impresi pertama BMW Seri 7 dari Seva.id!

BMW Seri 7

Eksterior sporty dan elegan

Dimulai dari sisi eksterior, desainnya mirip dengan mobil konsep BMW Vision Luxury Concept.

 

Penyegaran desain sangat terlihat di bagian depan kendaraan – kini lebih tinggi 50 milimeter pada titik tengahnya – berperan dalam memberikan visual tegas dari desain BMW Seri 7.

 

Kap mesin baru miliki garis kontur tajam dan logo BMW yang lebih besar.

 

Desain yang paling dominan di bagian depan adalah kidney grille BMW dengan single-piece surround, yang luas permukaannya membesar sekitar 40 persen. Bentuk ini mengingatkan Seva.id pada BMW X7.

 

Baca juga: Impresi Pertama Mobil SAV BMW Termegah, BMW X7

BMW Seri 7

Sementara di bagian lampu utama yang kini desainnya menyipit disematkan BMW Laserlight dengan jangkauan sinar hingga 560 meter yang menjadi standar untuk semua varian.

 

Air intake di bagian bawah apron depan kini dilapisi dengan air deflectors besar. Hal ini memandu udara bergerak secara efisien ke saluran udara rem dan Air Curtains, berguna meminimalkan turbulensi di sekitar lengkungan roda.

 

Air Breathers, kini hadir dalam bentuk lebih presisi dan kokoh. Terintegrasi ke dalam panel samping BMW Seri 7, kisi udara kini lebih tinggi dan strip trimnya membentuk sudut 90 derajat menyatu dengan fender, serta memanjang hingga apron belakang.

 

Sumber cahaya LED lampu belakang diposisikan di belakang permukaan merah dan hitam yang disusun untuk tekankan kontur L shape.

 

Knalpot terintegrasi dan dikelilingi desain chrome yang lebih besar, sedangkan lampu belakang tiga dimensi BMW Seri 7 berukuran sekitar 35 milimeter lebih ramping semakin tonjolkan desain inovatif dan presisi.

 

Baca juga: Lahir Kembali, Ini Impresi Pertama All New BMW Seri 8

BMW Seri 7

Fitur baru lainnya termasuk light strip yang didefinisikan dengan tajam dan sangat ramping (berukuran hanya 6 milimeter) yang terletak di bawah chrome bar, yang memanjang melintasi lebar tailgate dan menghubungkan kedua lampu belakang.

 

Desain eksterior The New BMW 740Li Opulence menggunakan desain Pure Excellence yang juga telah memodifikasi apron belakang mengadopsi bahasa desain trim air intake di depan kendaraan.

 

Secara keseluruhan tampilan samping kendaraan semakin sempurna dengan lingkar roda yang menggunakan finishing high-gloss velg alloy 20-inci W-spoke style 646 di The new BMW 740Li Opulence.

 

Sementara pada The New BMW 730Li M Sport, kini tampil dinamis dengan M Sport package dan velg light-alloy 20 inci star-spoke 817 M dengan finishing bi-colour.

 

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

BMW Seri 7

Package ini membuat keseluruhan tampilan The New BMW 730Li M Sport dengan desain depan baru yang maskulin dan mengarahkan fokus pada kedinamisan berkendara.

 

Air inlets yang besar semakin ditekankan brackets yang berbentuk huruf C, mengarahkan pandangan pada apron depan yang lebar dan kuat. Rocker panels yang menonjol garisbawahi penampilan sporty sisi dengan chrome high-gloss.

BMW Seri 7

Suasana mewah, nyaman dan inovatif

Impresi pertama BMW Seri 7 berlanjut ke dalam kabin.

 

Kabin BMW Seri 7 hadir lebih luas, pemilihan material premium, dan proses pengerjaan yang detil bergabung untuk ciptakan suasana mewah dan nyaman pada setiap aspek.

 

Suasana mewah pun ditingkatkan dengan sentuhan eksklusif dalam Design Pure Excellence.

 

Hadir dengan headliner Alcantara, door sill Fine Brushed Aluminium, jahitan dekoratif yang presisi di bagian bawah panel instrument berbahan Nappa leather, dan desain kontemporer Fine-wood trim Poplar Grain Grey untuk penutup outlet sabuk pengaman, armrest dan handle di bagian belakang.

 

BMW Operating System 7.0, yang juga digunakan untuk tampilan all-digital dari Live Cockpit dan Control Display di BMW Seri 7.

 

Baca juga: Pilihan Mobil Mewah SUV di Atas Rp 1 Miliar

BMW Seri 7

Hal tersebut hadir untuk ciptakan desain dengan tampilan kontemporer dan fokus pada kebutuhan penumpang.

 

Sistem Rear-seat entertainment terdiri dari dua layar sentuh full-HD 10-inci lengkap dengan drive Blu-ray.

 

Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi hiburan dan navigasi dari bangku belakang dengan fungsi layar sentuh yang dapat disesuaikan sesuai dengan posisi bangku penumpang.

 

Teknologi yang lebih canggih adalah dengan hadirnya BMW Touch Command terbaru. Tablet yang dapat dilepas ini miliki layar diagonal 7-inci dan dapat digunakan dari kursi mana pun dan bahkan dari luar kendaraan.

 

Fitur ini memungkinkan pemilik mengoperasikan fungsi kenyamanan seperti penyesuaian bangku, pencahayaan interior dan pengaturan AC, serta sistem hiburan, navigasi, dan komunikasi.

 

Baca juga: Review BMW Seri 3: Sang Legenda yang Makin Canggih, Mewah, dan Sporty

BMW Seri 7

Selain itu, juga dapat digunakan untuk memutar file audio dan video eksternal. Sistem grafis dan menu dari tablet BMW Touch Command dan tampilan Rear-seat entertainment Experience kini diselaraskan dengan antar muka dan fungsionalitas.

 

Tray pengisian nirkabel untuk ponsel kini berada tepat di depan cupholders di semua varian, untuk memudahkan pengemudi.

 

Tampilan kaca berkelas dan efek smoked-glass, Ambient highlight di pilar-B menyatu dengan lebih harmonis dengan suasana interior BMW Seri 7.

 

Interior Design Pure Excellence untuk BMW Seri 7 juga mencakup floor mats pada kompartemen belakang.

 

The New BMW 740Li Opulence juga hadir dengan jok baru ‘Nappa’ leather eksklusif dengan jahitan warna Cognac atau Mocha yang dipadukan dengan sentuhan warna Hitam, desain ini tekankan sisi craftmanship tingkat tinggi.

 

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

BMW Seri 7

Struktur permukaan tiga dimensi – meliputi cushion depan dan belakang serta sandaran belakang, dan sandaran tangan yang terintegrasi pada trim pintu dan konsol tengah.

 

The New BMW 740Li Opulence hadir dengan kursi belakang Executive Lounge yang dirancang untuk memaksimalkan faktor keamanan dan kenyamanan penumpang.

 

Di samping four-zone automatic climate control, bangku dapat disetel secara elektrik, dan fungsi pijat di bagian belakang, paket interior ini juga mencakup ventilasi aktif untuk semua bangku, dan Rear-seat entertainment Experience termasuk BMW Touch Command.

 

Untuk fitur hiburan, The New BMW 740Li Opulence juga hadir dengan Bowers & Wilkins Diamond surround sound system dengan 10-channel amplifier 1400 W dan 16 speaker termasuk diamond tweeter dengan teknologi spiral Nautilus™, teknologi Kevlar® dan teknologi Rohacell®.

 

Sedangkan desain interior BMW M Sport Package sangat ideal untuk pengalaman berkendara yang sporty.

 

Baca juga: Ini Impresi Pertama All New BMW Z4, Bintangnya Jalanan

BMW Seri 7

Paket interior ini meliputi BMW Individual headliner dalam Anthracite, BMW M leather steering wheel, door sill plates BMW M yang menyala dan strip trim interior Fineline Black fine wood dengan efek high-gloss metal.

 

Fitur menonjol dari desain baru leather steering wheel yang menjadi standar adalah pengaturan modifikasi dari tombol multifungsi serta BMW M Sport steering wheel baru yang hadir pada varian The New BMW 730Li M Sport.

BMW Seri 7

Pengalaman berkendara mewah

Di bawah kap mesin, impresi pertama BMW Seri 7 adalah baru dan bertenaga!

 

The New BMW 740Li Opulence menggunakan mesin bensin mesin 6-silinder 3.0-liter dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

 

Mesin ini hasilkan 14 daya kuda lebih bertenaga daripada model sebelumnya, dengan total 340 daya kuda pada putaran mesin 5.500 – 6.500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm dari 1.500 rpm.

 

Tidak heran bila The New BMW 740Li Opulence capai 0-100 kilometer per jam dalam waktu 5,6 detik dengan kecepatan maksimum 250 kilometer per jam.

 

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

BMW Seri 7

The New BMW 740Li Opulence penuhi persyaratan standar emisi Euro 6d-TEMP dengan emisi gabungan CO2 hanya 180 g/km.

 

Pada The New BMW 730Li M Sport, unit bensin 4-silinder 2.0 liter dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

 

Mesin ini hasilkan peningkatan tenaga 7 daya kuda dengan total 265 hp pada 5.500 – 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm dari 1.500 rpm, memungkinkan The New BMW 730Li M Sport untuk capai 0-100 kliometer per jam dalam 6,3 detik dengan kecepatan maksimum 250 kilometer per jam.

 

The New BMW 730Li M Sport memenuhi persyaratan standar emisi Euro 6d-TEMP dengan emisi gabungan CO2 hanya 163 g/km.

BMW Seri 7

Fitur canggih terkini

BMW Seri 7 menggunakan transmisi Steptronic Sport 8-percepatan dengan gearshift paddles hadir sebagai standar pada semua varian.

 

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

 

Selain itu, keduanya memiliki ragam fitur standar seperti, adaptive suspension termasuk peredam yang dikontrol secara elektronik dan suspensi udara 2-axle dengan automatic self-levelling.

 

Suplai udara di air-suspension dikendalikan dengan modul terpisah untuk setiap roda, sehingga bobot kendaraan tetap seimbang.

 

Ditambah lagi, tinggi kendaraan dapat diatur secara manual. Misalnya, dapat dinaikkan hingga 20 milimeter dengan satu sentuhan tombol pada permukaan jalan yang bergelombang atau curam.

BMW Seri 7

Ada juga tombol Driving Experience Control dapat digunakan untuk mengaktifkan berbagai pengaturan untuk hadirkan pengalaman berkendara sporty namun tetap nyaman.

 

Fitur canggih lain, kedua varian pun hadir dengan Parking Assistant 2.0 yang dapat memilih dan bermanuver secara otomatis ke slot parkir yang tersedia.

 

Baca juga: Impresi Pertama BMW X4 Terbaru yang Makin Bertenaga dan Mewah

 

Ada juga Reversing Assistant untuk keluar dari ruang parkir atau bermanuver di area sempit.

 

Sistem ini dapat memundurkan kendaraan hingga 50 meter dengan mengarahkannya di sepanjang garis yang sama persis yang dilalui saat bergerak maju.

BMW Seri 7

Khusus untuk The New BMW 740Li Opulence terdapat tambahan fitur Remote Control Parking memungkinkan pengemudi untuk memulai proses masuk dan keluar ruang parkir dari luar kendaraan menggunakan BMW Display Key.

 

Hal ini memungkinkan kendaraan dapat bermanuver maju ke tempat parkir tertutup atau garasi dan membalikkannya lagi dengan sangat mudah. Selama proses manuver ini, akselerasi dan pengereman dimonitor oleh sensor driver assistance dan diawasi oleh pengemudi.

BMW Seri 7

Harga

The New BMW 740Li Opulence akan tersedia di semua diler resmi BMW Indonesia dengan harga Rp 2.299.000.000 off-the-road mulai sejak diluncurkan.

 

Baca juga: Mengintip Key Auto, Bengkel Spesialis Restorasi BMW

 

Sedangkan The New BMW 730Li M Sport hadir dengan harga Rp 1.829.000.000 off-the-road mulai Desember 2019.

 

Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

 

Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis.

 

Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

BMW Seri 7

Sesuai slogan, THE NEW 7: For Those Who Drive the World, mobil ini dirancang untuk individu dengan pemikiran progresif dan berambisi.

 

Apakah Anda salah satunya?