Search Cars

Berita Utama Otomotif

Gaspol Terus? Ini Batas Waktu Ideal Nyetir Mobil Jarak Jauh

Gaspol Terus?

Gaspol Terus? Pernah nggak sih kamu pergi liburan atau mudik ke luar kota dengan mobil pribadi? Serunya perjalanan jauh dengan mobil nggak perlu di ragukan lagi. Kamu bisa lebih fleksibel menentukan jadwal dan tempat istirahat. Tapi, perlu di ingat juga kalau mengemudi mobil dalam waktu yang lama bisa membuat kamu capek dan nggak fokus.

Nah, supaya perjalanan jauh kamu tetap aman dan menyenangkan, penting banget buat tahu batas waktu ideal nyetir mobil. Yuk, simak penjelasannya!

Berapa Lama Ideal Nyetir Mobil Jarak Jauh?

Menurut para ahli dan lembaga keselamatan lalu lintas, batas waktu ideal mengemudi mobil jarak jauh adalah sekitar 4 jam. Selama 4 jam itu, konsentrasi dan stamina pengemudi masih dalam keadaan baik. Setelah 4 jam berkendara, kemampuan fokus dan reaksi kamu bisa menurun secara perlahan.

Kenapa Ada Batas Waktu Ideal?

Mengemudi dalam waktu yang lama bisa memberikan efek negatif pada kesehatan dan keselamatan kamu. Ini alasannya:

  • Kelelahan – Duduk terus di balik kemudi dalam waktu lama bisa membuat otot punggung dan kaki kamu tegang. Selain itu, kamu juga bisa mengalami kelelahan mata akibat terus memperhatikan jalan. Kondisi ini bisa membuat kamu nggak fokus dan waktu reaksi menjadi lambat.
  • Ngantuk – apalagi kalau kamu kurang tidur sebelum berangkat. Mengemudi dalam kondisi ngantuk sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.
  • Stres – Macet di jalan dan kondisi lalu lintas yang padat bisa menimbulkan stres saat mengemudi. Stres ini bisa membuat kamu tegang dan sulit berkonsentrasi.

Tips Nyetir Mobil Jarak Jauh yang Aman dan Nyaman

Supaya perjalanan jauh kamu tetap aman dan menyenangkan, ikuti tips berikut ini:

  • Pastikan Kondisi Tubuh Fit – Sebelum berangkat pergi jauh, pastikan kamu sudah istirahat cukup dan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Hindari mengemudi dalam kondisi kurang tidur atau sedang sakit.
  • Rencanakan Rute Perjalanan – Rencanakan rute perjalanan kamu dengan baik. Cari tahu rest area di sepanjang jalan yang bisa kamu gunakan untuk istirahat. Dengan perencanaan yang matang, kamu bisa membagi waktu berkendara dan istirahat dengan lebih baik.
  • Gantian Nyetir (Kalau Pergi Berombongan) – Kalau kamu pergi berombongan, sebaiknya gantian menyetir dengan penumpang lain yang memiliki SIM dan pengalaman mengemudi. Dengan begitu, kamu bisa lebih lama beristirahat dan nggak capek sendirian.
  • Gunakan Sabuk Pengaman dan Perhatikan Batas Kecepatan. Selalu gunakan sabuk pengaman saat mengemudi dan patuhi batas kecepatan yang berlaku. Mengemudi dengan kecepatan tinggi bisa membuat kamu lebih mudah lelah dan berbahaya jika terjadi kecelakaan.
  • Hindari Mengonsumsi Alkohol atau Obat-obatan yang Mengganggu Konsentrasi. Hindari mengonsumsi alkohol atau obat-obatan yang bisa mengganggu konsentrasi kamu sebelum dan saat mengemudi. Hal ini bisa membahayakan di ri sendiri dan orang lain.
  • Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat. Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan baik sebelum berangkat. Periksa oli mesin, ban, rem, lampu, dan air radiator. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kendaraan mogok di tengah perjalanan.

Kesimpulan

Mengemudi mobil jarak jauh memang menyenangkan, tapi perlu di perhatikan juga keamanan dan kenyamanan kamu dan penumpang lain. Dengan mengetahui batas waktu ideal nyetir mobil dan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menikmati perjalanan jauh yang aman dan menyenangkan.

Selamat berkendara! Gaspol Terus?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.