Fitur Cek Tarif Tol Kini Sudah Tersedia di Google Maps

Fitur cek tarif tol kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Google Maps. Lalu, bagaimana sih cara menggunakannya di perjalanan?

fitur cek tarif tol

Fitur cek tarif tol kini sudah bisa dirasakan oleh para penggunanya, hanya butuh smartphone serta aplikasi peta digital Google Maps. Permasalahan mengenai tarif tol ini terkadang bisa sangat menyulitkan, terutama jika tidak mengetahui saldo yang ada di dalam kartu tol. 

Dengan adanya fitur baru ini, sekarang pengendara mobil tidak perlu khawatir lagi akan masalah saldo kurang ketika sedang membayar tol. Namun memang, tarif yang tersedia dalam aplikasi Google Maps ini hanyalah estimasi dan bukan jumlah pasti yang harus dibayarkan. 

Sebelum menggunakan fitur ini, jangan lupa untuk mengaktifkan fiturnya terlebih dulu. Begini caranya!

cara mengaktifkan

Cara mengaktifkan fitur cek tarif tol

  • Klik Setelan/Setting
  • Klik Navigasi/Navigation
  • Scroll ke bawah sampai menemukan “Tarif Tol/Toll Price”, kemudian aktifkan pengaturan “See toll pass prices” atau “Lihat tarif kartu tol”
  • Jika sudah aktif, fitur sudah bisa langsung digunakan dengan menentukan perjalanan awal dan tujuan
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa mode yang dipilih adalah perjalanan menggunakan mobil dan rute yang dipilih melewati tol

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Setelah melewati rute perjalanan, Google Maps akan menampilkan estimasi waktu tempuh dan jarak yang harus dilalui. Kemudian pada bagian bawah estimasi waktu tempuh, barulah akan ditampilkan informasi tarif tol dari titik awal keberangkatan sampai lokasi tujuan.

Pihak Google mengklaim bahwa pengguna bisa melihat estimasi tarif pada sekitar 2.000 jalan tol yang ada di Amerika Serikat, Jepang, dan Indonesia.  

Tidak hanya untuk cek tarif tol saja, fitur Google Maps juga menyediakan informasi apabila terjadi kemacetan di jalan, kecelakaan, penutupan lajur jalan tol, hingga informasi apabila ada pembatasan kendaraan ganjil dan genap.

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Dengan bermodalkan informasi dari Google Maps ini, pengendara memiliki opsi perjalanan yang beragam untuk mempersiapkan perjalanan mereka, apakah perlu menggunakan tol atau sebaliknya yakni memilih menggunakan jalan arteri. 

fitur cek tarif tol

Cara menggunakan fitur cek tarif tol

Buat yang ingin mencoba, salah satu destinasi yang bisa dituju adalah jika ingin melakukan perjalanan dari Semarang menuju ke Surakarta. 

Pastikan untuk menggunakan mobil dan tidak memberikan centang pada bagian “Hindari Tol/Avoid Tolls” karena estimasi tarif tol tidak akan keluar pada aplikasi Google Maps. 

Perjalanan Semarang-Surakarta tersebut memiliki jarak 107 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 42 menit. Estimasi tarif tol yang harus dikeluarkan adalah Rp 91.500 sehingga pastikan untuk memiliki saldo tol lebih dari itu. 

Baca juga: Mobil Daihatsu Terbaru yang Cocok Buat Road Trip Liburan Sekolah

Sebagai catatan, tidak semua ruas tol bisa muncul di fitur Google Maps yang terbaru ini. Jika itu yang terjadi, maka tetap menggunakan cara konvensional yaitu dengan melihat daftar harga yang biasa tersedia di setiap gerbang tol yang ada. 

Jangan lupa untuk tetap waspada ketika sedang berkendara, usahakan untuk tidak terlalu sering sambil bermain ponsel sambil berkendara karena bisa sangat berbahaya. 

Sekarang, fitur cek tarif tol sudah tersedia di aplikasi Google Maps yang tentunya memudahkan bagi para pengguna. Jadi, sekarang tidak ada lagi alasan untuk membuat orang mengantre di pintu tol karena kurang saldo ya!