Efek Sering Ganti Merek Oli Mesin Mobil

Kira-kira, apa yang akan terjadi kalau sering ganti merek oli mesin? Supaya lebih jelas, mending baca dulu penjelasannya di sini.

Sering ganti merek oli mesin ternyata memiliki efek buruk buat mobil loh. Jangan mudah tertarik dengan promosi atau tawaran keunggulan spesifikasi produk oli yang belum tentu cocok dengan mobil. 

Oli sendiri punya peran yang penting terhadap performa mobil, seperti membantu pendinginan di dalam mesin, mencegah terjadinya karat pada logam mesin, bahkan oli juga berperan terhadap efisiensi bahan bakar mobil.

Baca juga: Terjebak Macet di Tanjakan saat Mudik, Sebaiknya Pakai Rem Apa?

Jadi apabila kamu mudah tergiur untuk mencoba berbagai merek oli yang belum tentu sesuai dengan jenis oli yang sedang kamu pakai saat ini, berbagai efek buruk hingga kerusakan bisa terjadi pada mesin. Apa saja?

Terdapat kerak pada mesin

Efek buruk yang akan terjadi apabila kamu sering ganti merek oli mesin mobil yaitu bisa membuat oli menjadi sludge atau lumpur. 

Oli baru dan oli lama memiliki kekentalan yang berbeda. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyumbatan pada sistem pelumasan. Dari penyumbatan tersebut bisa membuat endapan kerak lumpur oli di dalam ruang mesin.

Mesin mengalami overheat

Mesin yang terlalu cepat panas bisa saja terjadi akibat kamu sering ganti merek oli yang berbeda. Setiap merk oli memiliki kandungan zat aditif dan formula yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Apabila kamu mencampur oli lama dengan oli baru yang berbeda merek ke dalam mesin, akan menimbulkan gesekan yang membuat mesin menjadi cepat panas.

Seal menjadi rembes

Sering ganti oli mesin mobil dengan merek yang berbeda juga akan berdampak pada seal atau yang sering disebut dengan karet pelindung kebocoran oli pada mesin. 

Baca juga: Biaya Modifikasi Sedan dengan Konsep Mewah dan Elegan

Setiap merek oli memiliki senyawa kimia seperti deterjen untuk membersihkan ruang mesin. Nah kandungan deterjen yang lebih kuat ini bisa saja membuat seal mesin cepat getas.

Tarikan jadi loyo

Efek buruk terakhir yang akan terjadi jika kamu sering ganti merek oli mesin mobil yaitu bisa membuat tarikan mesin jadi loyo. 

Lakukan hal ini jika ingin ganti merek oli

Jika kamu ada keinginan untuk mengganti merek oli dengan yang lebih bagus, kamu perlu menggantinya ke bengkel resmi langganan untuk melakukan teknik flushing. Teknik ini sangat efektif agar mesin terhindar dari berbagai efek buruk.

Teknik tersebut dilakukan untuk menguras oli lama sekaligus membuang sisa oli yang berkerak di dalam mesin. Jika seluruh oli lama sudah terkuras maka bisa mengganti oli baru kedalam mesin tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Mudik Bareng Keluarga

Nah, sudah tau kan efek yang akan terjadi kalau kamu sering gonta ganti oli mesin pada kendaraan?

Untuk itu, jangan sembarang ganti oli dan pastikan standar oli yang digunakan sesuai dengan yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.