Dibuka Lagi, Lima Spot Wisata Bromo yang Wajib Dikunjungi

Hore, wisata Bromo dibuka lagi. Jika ada rencana liburan ke sana, kamu wajib kunjungi spot berikut.

wisata bromoRasa rindu menjelajah pegunungan sudah lama terpendam. Pasalnya, saat pandemi mewabah negeri ini, kita tidak bisa ke mana-mana dan semua tempat wisata ditutup total. 

Namun sekarang, kamu bisa bergembira. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengeluarkan Surat Edaran terkait pembukaan kembali taman wisata bromo pada Jumat (28/8/2020). 

Pembukaan tersebut dilakukan secara bertahap dan menggunakan ketentuan khusus. Para pengunjung harus membeli tiket masuk di laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan wajib menerapkan protokol kesehatan selama berwisata. 

Protokol itu antara lain membawa surat keterangan sehat, mengecek suhu badan sebelum masuk tempat wisata, menggunakan masker, dan mengikuti ketentuan kuota pengunjung di setiap tempat wisata Gunung Bromo tersebut.

Lalu, for your information, kunjungan ke Gunung Bromo juga dibatasi hanya untuk wisata satu hari atau one day trip.  Jadi, sebelum kamu liburan ke sana selama masa new normal ini, yuk, simak dulu tempat-tempat mana saja yang wajib kamu kunjungi.

Site Pananjakan

Bagi yang tinggal di sekitar Jawa Timur dan berniat untuk sampai di Gunung Bromo sebelum matahari terbit, kamu wajib banget berkunjung ke Site Pananjakan. Tempat favorit dan utama yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati indahnya matahari pagi. 

Baca juga; 5 Pantai Hits di Gunungkidul yang Jadi Favorit Wisatawan

Lokasi Situ ini berada di puncak dan sangat dingin. Wisatawan yang datang wajib menggenakan pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan, dan topi. Jika lupa membawa, jangan khawatir, perlengkapan itu bisa kamu beli di lokasi. 

Kuota pengunjung Site Pananjak selama masa pembukaan kembali hanya sekitar 187 orang per hari. 

Site Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong

Usai puas menikmati sunrise di Site Pananjakan, kamu bisa melipir ke Site Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong. Bukit ini berada satu bukit di bawah Puncak Pananjakan dengan jarak sekitar 800 meter sampai satu kilometer.

Baca juga: 3 Penyakit Berbahaya yang Mengintai Para Pendaki Gunung

Untuk sampai di sana, kamu harus menanjak 100-200 meter agar bisa menikmati panorama alam, seperti melihat keindahan alam dari atas bukit sampai menikmati sunrise. Makanya, jika Site Panajakan ramai, wisatawan sering ke tempat ini sebagai alternatif melihat matahari terbit. 

Selama masa new normal ini, kuota pengunjung Bukit Kingkong Bromo dibatasi hanya 86 orang saja.

Site Bukit Cinta

Spot lain yang bisa kamu nikmati selanjutnya adalah Bukit Cinta. Nama Bukit Cinta dipakai lantaran di tempat ini ada tembok besar bertuliskan “Love Hill Bromo Tengger”, ikon Bukit Cinta, yang sering menjadi spot foto para wisatawan. 

Di sini kamu juga bisa melihat puncak tertinggi pulau jawa, yaitu Puncak Mahameru yang terlihat dari atas bukit. Bahkan, juga kamu dapat menyaksikan upacara adat masyarakat Suku Tengger di Bukit Cinta tersebut. 

Untuk masalah kuota pengunjung, setiap harinya Bukit Cinta hanya menerima 28 orang saja. Sebisa mungkin kalau kamu sudah selesai di satu spot, langsung mampir ke sini dulu, ya. 

Bukit Teletubbies

Di antara tempat wisata di atas, Bukit Teletubbies menjadi wisata Bromo yang paling hits. Bagi yang berkunjung ke Gunung Bromo, rasanya kurang afdal bila tidak mampir ke Bukit Teletubbies. 

Entah duduk di atas mobil Jeep atau berfoto dengan gaya terbang, Bukit Teletubbies adalah tempat wajib bagi para photo hunter yang ingin mengabadikan liburannya di Bromo. 

Baca juga: Apa Saja Syarat Berpergian Naik Pesawat di Era New Normal?

Atau, sekadar ingin menikmati suasana tenang dengan menyaksikan hamparan bukit berpadu savana cantik, Bukit Teletubbies Bromo adalah tempatnya. Untuk masa pembukaan kembali, pihak BBTNBTS menyediakan slot pengunjung sekitar 347 orang per hari. 

Site Mentigen 

Bila kamu belum puas dengan pemandangan di bukit Teletubbies, kamu bisa berkunjung ke Site Mentigen. Site Mentigen menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. 

Dari spot tersebut kamu menikmati pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok secara langsung dan jelas. Kamu bisa menyaksikan pemandangan lautan alam khas Bromo dan guratan pegunungan yang cantik. 

Site Mentigen adalah lokasi favorit fotografer yang ingin berburu foto-foto ciamik nan Instagramable dengan view awan. 

Sewa Mobil di Movic

Ingin wisata Bromo, tetapi masih khawatir naik transportasi umum? Jangan khawatir, kamu bisa sewa mobil di Movic. Movic menawarkan pengalaman bepergian yang nyaman dan aman di era new normal. 

Movic juga berkomitmen menerapkan SOP kesehatan yang berlaku sehingga tidak perlu khawatir selama berkendara. Mobil yang kamu sewa di Movic sudah diinspeksi dan dibersihkan sehingga bebas dari kuman dan bakteri penyakit. 

Ada berbagai paket pilihan sewa mobil di Movic, mulai dari per jam, harian, mingguan, maupun bulanan. Langsung cek ketersediaan mobil di tanggal liburan kamu di aplikasi Movic, ya. Yuk, pesan sekarang.