Deretan Mobil LCGC Paling Laris Sepanjang Tahun 2019

Sejak awal kemunculannya, LCGC lumayan diminati oleh masyarakat Indonesia. Nah, ini mobil LCGC paling laris sepanjang tahun 2019.

LCGC paling larisMobil terjangkau ramah lingkungan atau biasa disebut Low Cost Green Car (LCGC) kini menjadi pilihan bagi beberapa orang yang menginginkan mobil compact, baru memiliki mobil, beralih dari motor ke mobil, atau keluarga kecil.

 

Hal tersebut disebabkan karena harganya yang relatif miring dan fitur memadai. Bahkan, ada yang memiliki kapasitas hingga tujuh orang penumpang. Oleh karena itu, LCGC menjadi salah satu kendaraan incaran masyarakat Indonesia.

 

Berdasarkan data wholesales (pabrikan ke dealer) Januari – Oktober Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ini mobil LCGC paling laris sepanjang tahun 2019.

 

 

Baca juga: Jauh Lebih Hemat Jadi Alasan LCGC Wajib Pakai BBM RON 92

 

New Astra Daihatsu Sigra

Setelah tiga tahun eksis di jalanan tanah air, akhirnya pada September 2019 Daihatsu melakukan penyegaran kepada mobil LCGC 7 seater ini.

 

LCGC racikan Daihatsu ini terjual sebanyak 43.474 unit, menempati urutan kedua sebagai mobil LCGC paling laris sepanjang tahun 2019 setelah Honda Brio.

 

New Astra Daihatsu Sigra menawarkan dua tipe mesin, yakni 1KR-VE berkapasitas 998 cc tiga silinder segaris dan 3NR-VE DOHC dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc.

 

Baca juga: New Astra Daihatsu Sigra Resmi Mengaspal di Indonesia

 

Total, New Astra Daihatsu Sigra memiliki 4 varian dengan 10 tipe.

 

Sejak facelift ada banyak penambahan fitur baru yang dibenamkan pada salah satu mobil yang menjadi andalan Daihatsu ini, seperti lampu utama LED dan velg alloy 14 inci desain baru.

 

Selain itu ada juga dashboard twotone colors, head unit 2-DIN layar sentuh, hingga electric retractable mirror dan kamera parkir belakang pada beberapa tipe.

 

Lihat Produk

Toyota New Calya

Toyota New Calya

Di posisi ketiga mobil LCGC paling laris sepanjang tahun 2019 ada Toyota New Calya dengan penjualan sebanyak 42.626 unit.

 

Toyota New Calya facelift diluncurkan bersamaan dengan New Astra Daihatsu Sigra.

 

LCGC 7 seater terbaru ini menggunakan teknologi LED yang desainnya mirip dengan kepunyaan Toyota All New Avanza. Sementara, bagian grille dihiasi dengan warna dark chrome.

 

Kaki-kakinya ditopang velg alloy dual tone ring berdiameter 14 inci yang dibalut ban dengan profil 175/65.

 

Baca juga: Review Toyota New Calya: Makin Enak Dikendarai dan Banyak Fitur Baru

 

Selain itu, Toyota New Calya pun hadir dengan audio head unit baru dengan fitur touch screen yang menghadirkan kesan lebih modern di dalam kabin.

 

Dari sisi keamanan, penumpang akan dilindungi oleh sabuk keselamatan tiga titik di seluruh jok, dual dua airbag pada bagian, serta rem dengan teknologi  ABS+EBD.

 

Terdapat dua varian pada Toyota New Calya, E dan G. Varian G adalah yang tertinggi Toyota New Calya. Selain yang transmisi manual lima percepatan, tersedia juga transimi otomatis empat percepatan.

 

Di bawah tipe G, ada varian E, perbedaannya, selain eksterior, interior, tentunya fitur-fitur kelengkapannya saja.

 

Lihat Produk

Toyota New Agya

Mobil ini adalah LCGC atau mobil terjangkau ramah lingkungan pertama di Indonesia.  Pada tahun 2019, Toyota New Agya terjual sebanyak 20.002 unit.

 

Nama Agya diambil dari bahasa Sanskerta, yang berarti cepat. Toyota New Agya kini dibekali dengan mesin baru baru berkapasitas 1.197 cc berteknologi Dual VVT-i.

 

Toyota New Agya bisa dibilang merupakan LCGC dengan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya.

 

Ada seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, fitur pengait kursi bayi (ISOFIX), dua airbag di bagian depan, side impact beam sebagai perlindungan dari benturan samping, hingga ABS yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak.

 

Baca juga: Review Toyota New Agya 2018: Kecil-Kecil Cabe Rawit

 

Pada sektor hiburan dalam kabin, tersedia head unit audio yang dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui koneksi USB, AUX, dan bluetooth.

 

Mengusung tagline Have Fun Go Max, Toyota New Agya hadir sebagai pilihan LCGC perkotaan dengan desain yang segar.

 

Terlihat di depan, lampu utama berproyektor dengan LED light guide berdesain modern siap menerangi perjalanan saat malam atau kurang cahaya. Fog lamp pun turut terpasang pada bumper dengan desain sporty.

 

Sedangkan di sisi samping, Toyota New Agya ditopang dengan two tone machining alloy wheel berukuran 14 inci.

 

Lihat Produk

Daihatsu New Ayla

Daihatsu New Ayla merupakan primadona di kalangan LCGC dengan tampilannya yang sporty dan elegan.

 

Penjualan wholesales Daihatsu New Ayla sepanjang 2019 tercatat sebanyak 19.966 unit.

 

Untuk mesinnya sendiri, Daihatsu New Ayla memiliki dua jenis varian, yaitu 998 cc dan 1.198 cc. Mobil ini pun ditawarkan ke dalam dua kategori transmisi, yakni manual dan otomatis.

 

Pada bagian eksterior, terdapat grill yang dibalut dengan ornamen chrome dan terdapat fog lamp di bumper depan.

 

Baca juga: Pilihan Mobil untuk Keluarga dengan Harga di Bawah Rp 200 Juta

 

Masuk ke bagian dalamnya, kesan sporty ternyata masih terasa. Pengendara akan disambut dengan ornamen dashboard bernuansa hitam-silver yang dipadukan dengan 2DIN touchscreen audio.

 

Pada bagian setir, terdapat tombol untuk mengontrol audio sehingga lebih aman dan mudah.

 

Meski termasuk city car, bagian bagasinya cukup luas untuk membawa barang-barang seperti koper berukuran besar, belanjaan, dan sebagainya.

 

Lihat Produk

 

Itu dia mobil LCGC paling laris sepanjang 2019. Bagi Anda yang berminat untuk memboyong salah satu mobil LCGC terlaris di atas, Anda bisa mengunjungi Seva.id, yang menyediakan berbagai pilihan mobil baru dan bekas. Seva.id bisa membantu Anda mendapatkan LCGC terbaik di 2020 ini.

 

Jadi, mana LCGC yang menjadi pilihan Anda?