Deretan Kuliner Legendaris Jakarta yang Wajib Dicicipi

By Arris Riehady - Februari 17, 2020

Sudah merasa bosan dengan kuliner kekinian yang ada di pusat perbelanjaan? Yuk cicipi kuliner legendaris Jakarta berikut ini.

Apa kuliner yang ingin kamu cicipi ketika berkunjung ke Jakarta? Atau jika kamu tinggal di Jakarta, apakah kamu tahu kuliner yang enak, kekinian, dan hits?

 

Yaps, Jakarta pun tidak ketinggalan inovasi untuk menelurkan kuliner kekinian. Untuk menemukannya cukup mudah, biasanya kuliner kekinian ini ada di pusat-pusat perbelanjaan.

 

Tapi, apakah kamu pernah bosan dengan kuliner kekinian dan ingin mencicipi kuliner legendaris Jakarta? Sama seperti kota di Indonesia, Jakarta juga punya kuliner yang melegenda.

 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kekinian di Jakarta yang Wajib Dicoba

 

Nah, berikut adalah kuliner legendaris Jakarta yang wajib kamu cicipi.

kuliner legendaris Jakarta

Kerak Telor

Kuliner legendaris Jakarta yang pertama merupakan makanan khas Betawi yang mirip martabak telur.

 

Hanya saja isi kerak telor adalah beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang disangrai kering. Lalu, ditambah bawang goreng dan diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, serta gula pasir.

 

Kemudian, kerak telor dipanaskan di atas tungku arang selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, aromanya akan membuat perutmu jadi lapar.

 

Baca juga: Tempat Makan Soto Terenak di Jakarta Saat Musim Hujan

kuliner legendaris Jakarta

Soto Betawi

Istilah Soto Betawi dipopulerkan oleh penjual soto bernama Lie Boen Po di THR Lokasari. Kuah pada soto ini dicampur dengan santan, minyak sayur, dan kaldu daging sapi.

 

Isinya berupa irisan daging sapi, paru, jeroan yang sudah direbus bersama lengkuas, sereh, daun salam, dan garam. Soto Betawi biasanya disajikan dengan emping melinjo, sambal, serta disiram air lemon agar rasanya lebih segar.

Nasi Uduk Kebon Kacang

Di kawasan Kebon Kacang terdapat beberapa warung nasi uduk, termasuk Kedai Nasi Uduk dan Ayam Goreng Zainal Fanani. Nasi uduk disajikan dalam bungkusan daun pisang yang terbuka di bagian atasnya untuk ditaburi bawang goreng.

 

Nasi uduk ini bisa disantap dengan berbagai pilihan lauk, seperti daging ayam, ati ampela, sate udang, sate usus, empal, tahu, tempe, dan petai.

 

Baca juga: Tempat Kuliner di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Setelah Pulang Kerja

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Mulai berjualan sejak 1958, Nasi Goreng Kebon Sirih terkenal karena rasanya yang gurih yang berasal dari olahan rempah-rempah serta tambahan minyak samin. Tampilannya mirip nasi kebuli dengan potongan daging kambing berbentuk dadu.

 

Nasi goreng seharga Rp 50.000 ini bisa dinikmati mulai pukul 17:00 hingga 02:00. Selain di Kebon Sirih, bisa juga ke cabangnya di Bulungan, Bintaro 9 Walk, dan Karang Tengah.

Ragusa Es Italia

Toko es krim di Jalan Veteran I ini hanya menjual es krim cokelat, vanila, moka, stroberi, nougat, durian, dan rum raisin, yang juga diolah menjadi banana split, spaghetti ice cream, cassata siciliana, tutti frutti, serta chocolate sundae dengan harga mulai Rp 15.000.

 

Baca juga: 5 Kafe di Jakarta yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Kpopers

 

Es yang dijual di sini terbuat dari susu sapi segar sehingga tekstur es krimnya pun lembut, selain juga tidak menggunakan bahan pengawet.

kuliner legendaris Jakarta

Bir Pletok

Bir pletok tidak mengandung alkohol, melainkan terbuat dari ramuan jahe dan rempah lainnya yang dicampur dengan gula, sari bunga, selasih, dan akar-akaran.

 

Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, selain juga dikonsumsi pada malam hari untuk menghangatkan badan. Biasanya bir pletok dijual di pusat oleh-oleh Betawi yang ada di Jakarta.

kuliner legendaris Jakarta

Roti Buaya

Selain hadir dalam acara kenduri, roti manis ini biasanya digunakan dalam upacara pernikahan.

 

Bentuk buaya dipilih karena hewan ini sangat setia dengan pasangannya, sementara roti ini sendiri melambangkan kemakmuran ekonomi, sehingga dipercaya roti ini tak hanya membawa keberuntungan dan masa depan yang lebih baik, namun juga agar pasangan ini bisa setia satu sama lain sepanjang hidupnya.

 

Baca juga: Tempat Makan Bernuansa Alam di Jakarta yang Bikin Adem

 

Roti ini biasanya dibuat berdasarkan pesanan dalam pilihan ukuransetengah dan satu meter, dan sering dihias agar-agar atau diisi dengan cokelat dan keju.

kuliner legendaris Jakarta

Kue Ape

Mirip pancake, kue ape atau kue serabi Jakarta ini berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, santan, selain juga daun suji untuk memberi warna hijau. Tekstur luarnya renyah, sementara bagian tengahnya tebal dan lembut.

 

Kue ini mudah ditemui di Jakarta, terutama di pasar tradisional dan di depan sekolah dengan variasi warna dan taburan di atasnya (keju dan meises).

kuliner legendaris Jakarta

Dodol Betawi

Dibuat sebagai penganan khusus untuk pesta atau saat hari raya Islam, dodol Betawi biasanya berwarna hitam kecokelatan dengan pilihan rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian.

 

Proses pembuatannya sangat rumit, yaitu bahan baku yang terdiri dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan harus dimasak di atas tungku selama delapan jam, sehingga hanya sedikit yang ahli membuatnya.

 

Baca juga: Cerita Mistis Museum di Jakarta yang Bikin Merinding

 

Terdapat beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya yang masih memproduksi dodol Betawi, seperti di Condet, Jakarta Timur, Bogor, dan Bekasi.

 

Bingung mau cari kuliner legendaris Jakarta ada di mana saja?

 

Soal transportasi tidak perlu khawatir, untuk menemani wisata kuliner di Jakarta, kamu bisa sewa mobil melalui Movic. Jadi, jangan lupa download Movic, ya!

 

   

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!