Coba Deh Kuliner Solo Langganan Joko Widodo

Di sela-sela menikmati kota Solo dengan masyarakatnya yang ramah, coba deh kuliner Solo langganan Joko Widodo.

kuliner Solo langganan Joko Widodo

Surakarta atau juga disebut Solo ini merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduk. Lahir dan besar di kota ini tentu banyak kuliner yang menjadi langganan dari Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo.

 

Penasaran apa saja? Coba deh kuliner Solo langganan Joko Widodo.

kuliner Solo langganan Joko Widodo

Sate Kambing Solo

Sekilas tidak ada bedanya dengan sate kambing pada umumnya. Namun sate kambing di sini sebelum dibakar dibalut dulu dengan lemak kambing. Entah apa yang spesial, namun benar-benar menggugah selera makan. Bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun sudah berlangganan di warung satu ini jauh sebelum menjabat Walikota Solo.

Lokasi: Sate Kambing Bu Hj. Bejo (https://goo.gl/maps/9JWyBi5gqky)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Selat Solo

Mengadopsi salad ala Belanda, para koki keraton kemudian meracik ulang menu ini yang disesuaikan dengan bahan-bahan maupun selera lokal. Selat Solo berisi potongan buncis, wortel, kentang, dan daging sapi yang disiram kuah semur dan dihidangkan dengan mayones. Ini juga salah satu kuliner langganan Joko Widodo.

Lokasi: Warung Selat Mba Lies (https://goo.gl/maps/uSH6AFvLpdx)

https://www.instagram.com/p/BS-SWAvFF2e/

Soto Gading

Soto yang memiliki kuah bening segar. Kuliner ini terdiri dari terdiri dari kaldu ayam, bihun, suwiran daging ayam, irisan daun bawang dan tomat, nasi, dan jeruk nipis sebagai pelengkap. Soto gading ini juga menjadi langganan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mau coba?

Lokasi: Soto Gading (https://goo.gl/maps/UzSEFBPM7am)

kuliner Solo langganan Joko Widodo

Tengkleng

Karena dulu sulit untuk menikmati daging kambing, akhirnya warga Solo memasak tulang kambing dengan harapan untuk menikmati kaldunya. Dari sinilah kemudian sop ini menjadi makanan yang wajib dicoba di Solo.

Lokasi: Tengkleng Klewer Bu Edi (https://goo.gl/maps/PyCqBnPsMS12)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Sosis Solo

Kebiasaan orang Belanda minum teh di sore hari sambil mengudap sosis ternyata ditiru warga Solo. Dengan caranya sendiri, warga berusaha membuat sosis, yaitu dengan memasukkan daging ayam atau sapi cincang pada selembar kue dadar yang lalu digulung.

Lokasi: RM Warung Kita (https://goo.gl/maps/YpQFUy5tHP42)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Timlo

Menu segar berkuah ini berisi ayam suwir, hati ayam, ampela, sosis solo, dan telur kecap. Coba saja menyantap menu ini untuk sarapan atau ketika sedang turun hujan, dijamin ketagihan!

Lokasi: Timlo Sastro (https://goo.gl/maps/qj2guuYNNkk)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Serabi Notosuman

Terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan daun pandan yang dimasak di atas arang menggunakan tungku tanah liat, serabi Solo mirip surabi yang dimakan tanpa menggunakan kuah.

Lokasi: Serabi Notosuman Ny. Lidya (https://goo.gl/maps/PetkgtdaDCF2)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Gudeg Ceker

Bila kelaparan di tengah malam dan masih memiliki sisa kesabaran, cobalah mengantre nasi gudeg dengan potongan kaki ayam (ceker) yang dimasak dalam kuah santan hingga terasa gurih dan lembut.

Lokasi: Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno (https://goo.gl/maps/oVSMoKV4caB2)

kuliner solo langganan Joko Widodo

Nasi Liwet

Terbuat dari beras yang dimasak dengan kaldu ayam sehingga nasi terasa gurih dan beraroma lezat, nasi yang tersaji dalam pincuk daun pisang ini diberi lauk berupa sayur labu siam yang dimasak pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, dan kumut (santan yang dikentalkan).

Lokasi: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu (https://goo.gl/maps/KCfGLWHVkyD2)

 

 

Pulang dari Solo, jangan lupa beli oleh-oleh untuk kerabat. Berikut rekomendasinya.

Toko Roti Orion

https://www.instagram.com/p/BtqOBYRh1Ah/

Beroperasi sejak 1930, toko roti yang terkenal dengan Lapis Surabayanya ini menjualnya dalam tiga jenis, yaitu Biasa (hanya dengan olesan selai nanas), Kismis, serta Spesial dengan roombotter (mentega Belanda) dan taburan kenari.

Lokasi: (https://goo.gl/maps/BEyoeqiPJVG2)

 

Abon

https://www.instagram.com/p/BkMY5J0FlSu/

Toko Abon Mesran yang menjual abon sapi ini berawal dari usaha pembuatan serundeng (parutan kelapa yang digoreng) yang kemudian menjelma menjadi primadona oleh-oleh Solo. Selain menjagokan produk abon sapinya yang lembut dengan serat daging sapi asli, aneka camilan lain juga dijual di sini. (https://goo.gl/maps/Ddsx57pECFA2)

 

Roti Ganep

https://www.instagram.com/p/Bqt56Oahqoa/

Bakery yang telah beroperasi sejak 1881 ini tak jauh dari Toko Roti Orion. Ganep adalah nama pemberian Sultan Pakubuwono X yang dalam bahasa Jawa berarti sempurna. Toko roti milik Auw Like Nio ini merupakan perusahaan keluarga turun-temurun selama lima generasi dengan item andalan roti kecik yang mirip ladyfinger Perancis. Dibuat dari resep ratusan tahun, roti kecik yang bebas kolesterol ini merupakan pendamping yang nikmat untuk minum teh.

Lokasi: (https://goo.gl/maps/La9acUSyAa52)

Masih banyak kuliner Solo yang belum diceritakan, jadi Anda bisa mengeksplor dan menceritakan sendiri kenikmatannya.

 

Daripada bingung, mending sewa mobil pakai Movic saja saat saat liburan ke Solo.

 

Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver. Driver juga pengalaman dan bisa jadi pemandu, sehingga tahu tempat-tempat wisata dan kuliner yang hits! Praktis bukan?

movic

Penasaran coba kuliner solo langganan Joko Widodo? Tunggu apalagi, segera download Movic!