Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan Natal dan Tahun Baru

By Ferdi Julias - Desember 16, 2019

Jangan lupa, buat itinerary liburan telebih dahulu sebelum berangkat menikmati pemandangan di destinasi wisata tujuanmu.

Sebentar lagi libur natal dan tahun baru akan datang. Pastinya, sebagian dari kamu sudah punya rencana untuk menikmati liburan di luar kota atau mungkin luar negeri. Tetapi, liburan bukan berarti hanya bersenang-senang saja tanpa rencana.

 

Sebelum berangkat, ada baiknya kamu untuk membuat itinerary liburan untuk membantu kamu mengatur jadwal ketika berada di destinasi wisata yang menjadi tujuanmu.

 

Membuat itinerary liburan tidaklah sulit, kamu cukup menentukan beberapa hal yang kamu anggap penting untuk direncanakan. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini.

 

Tentukan destinasi wisata yang akan kamu tuju

Pertama kali yang harus kamu lakukan saat membuat itinerary liburan adalah menentukan destinasi wisata yang akan kamu tuju. Cantumkan semua tempat wisata tersebut lengkap dengan letak spesifiknya agar kamu mudah menemukannya.

 

Cari tempat penginapan yang strategis

Setelah itu, cari penginapan yang letaknya dekat dengan destinasi wisata pilihanmu. Usahakan jarak penginapanmu tidak terlalu jauh dengan destinasi wisata yang sudah kamu masukkan ke itinerary liburan, agar bisa dijangkau dengan mudah dan mengurangi budget transportasi.

 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Keren Dikunjungi Saat Musim Hujan

 

Lalu, supaya lebih hemat, kamu bisa memilih penginapan yang menyediakan paket sekaligus dengan sarapan. Namun, sebelum itu, bandingkan harga penginapan yang satu dengan lainnya di aplikasi pemesanan online agar kamu mendapatkan penawaran terbaik.

 

Pilih tempat makan yang ingin dikunjungi

Kemudian, tentukan tempat makan yang ingin kamu kunjungi. Sekarang ini, tempat makan rata-rata sudah memiliki Instagram atau website. Jadi, kamu bisa mencari tahu lebih dulu lokasi, desain tempat, harga makanan, dan lain-lain sebelum mengunjungi tempat makan tersebut.

 

Dengan begitu, otomatis kamu akan mengetahui bentuk bangunan dan suasana tempat makan itu, serta budget liburan kamu juga bisa dihitung lebih rinci.

 

Pertimbangkan alat transportasi yang akan digunakan

beban muatan mobilBerikutnya adalah menentukan transportasi yang ingin digunakan saat liburan. Bukan hanya transportasi untuk berangkat ke destinasi wisata tujuan, namun juga untuk mobilisasi kamu selama menikmati liburan di sana.

 

Baca juga: Tanggal Merah yang Pas Untuk Cuti dan Liburan di 2020

 

Bila kamu ingin menggunakan transportasi publik yang tersedia di lokasi wisata, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jadwal keberangkatan, ongkos, dan segala sesuatu lainnya tentang transportasi publik di sana.

 

Atau, kamu bisa menyewa mobil. Namun, kamu juga perlu mencari informasi tentang penyewaan mobil di tempat wisata tersebut. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Movic untuk mendapatkan mobil sewaan yang diinginkan.

 

Buat anggaran biaya

Terakhir, buat anggaran biaya perjalanan kamu. Hitung total biaya yang dibutuhkan dari pertama berangkat sampai dengan kembali ke tempat asalmu. Jangan sampai ada yang terlewat karena bisa mengganggu rencana awal kamu.

 

Baca juga: 7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Akhir Tahun

 

Selain biaya perjalanan, buat juga anggaran biaya untuk membeli oleh-oleh. Mungkin ada beberapa titipan dari teman atau keluarga yang harus kamu bawa ke tempat asal.

 

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kamu membuat itinerary liburan. Jadi, kamu tidak perlu lagi membuat catatan di buku.

 

Nah, buat kamu yang berencana pergi di akhir tahun, tips membuat itinerary liburan di atas mungkin bisa kamu coba untuk membantu perjalananmu. Selamat menikmati liburan!

Berita Terkait

Author