Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman dan Benar

By Arris Riehady - April 20, 2020

Aki mobil lemah atau soak bisa saja terjadi. Untuk menanggulanginya, begini cara jumper aki mobil yang soak dengan aman dan benar.

cara jumper aki mobil Aki memiliki fungsi yang krusial bagi sistem kelistrikan sebuah kendaraan, baik mobil atau motor. Oleh karena itu, kondisi aki harus selalu prima.

Pada mobil, fungsi utama aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Selain itu, ada juga fungsi aki yang lain, seperti sebagai penyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan.

Umumnya, aki akan bermasalah bila mobil jarang dipakai dan lama-kelamaan menjadi soak. Kalau sudah begitu, ada cara untuk mengakalinya sebelum kamu ke bengkel dan mengganti aki tersebut dengan yang baru.

Baca juga: Aki Sudah Soak Di-charge, Akan Bermasalahkah?

Kamu bisa menggunakan teknik jumper. Teknik ini sering menjadi alternatif sementara para pemilik mobil untuk mengaktifkan kembali aki yang soak. Namun, bagaimana cara jumper aki mobil? Tidak terlalu ribet, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini.

cara jumper aki mobil

Pastikan penyebabnya adalah aki soak

Cara jumper aki mobil yang pertama adalah memastikan penyebab utamanya adalah aki yang soak. Tanda-tanda aki mobil soak adalah tidak adanya koneksi remote ke sistem alarm, lampu indikator dashboard lemah atau tidak menyala sama sekali, dan pada akhirnya mesin tidak dapat dinyalakan.

cara jumper aki mobil

Siapkan peralatan

Lalu, siapkan peralatan untuk melakukan jumper aki mobil. Peralatan utama yang kamu butuhkan adalah kabel jumper dan tentunya mobil lain yang kondisi akinya sehat sebagai pendonor arus listrik.

Setelah itu, hubungkan kabel jumper dari aki mobil yang soak dengan aki mobil lain yang sehat. Panjang kabel jumper biasanya dua hingga empat meter, terdiri dari kutub positif (biasanya kabel warna merah) dan negatif (kabel warna hitam).

cara jumper aki mobil

Dekatkan kedua mobil dengan posisi berhadapan

Selanjutnya, parkirkan mobil yang akinya soak di permukaan yang datar dan aktifkan rem tangan. Kemudian, dekatkan mobil pendonor arus dengan mobil yang akinya soak dengan posisi berhadap-hadapan. Kira-kira jarak antar bumper depan 30 sentimeter, sehingga kamu masih bisa bergerak. Lalu buka kap mesinnya.

Pastikan lagi rem tangan mobil sudah aktif dan transmisi keduanya ada di posisi netral untuk mobil manual atau P untuk mobil otomatis. Selanjutnya hubungkan kabel jumper aki. Ingat, posisi kutub positif harus bertemu dengan positif, dan negatif bertemu dengan negatif.

Sebagai informasi, hati-hati dengan ujung kabel negatif, karena kabel ini sudah terisi listrik.

Bila sudah, jepit kabel negatif ke bagian logam di sekitar mobil yang akinya soak, biasanya bagian bodi atau rangka, yang penting berjauhan dengan komponen bergerak seperti fan belt.

Baca juga: Banyak Digunakan Pada Kendaraan, Ini Kelebihan Aki Kering

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!